Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Dimana Asal Muasal Cerita Rakyat Sangkuriang Dikisahkan
Tags : ##gunungtangkubanperahu #wisatabandung #pesonaindonesia #wowtripid

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung berapi yang ada di Jawa Barat. Terhitung, terdapat 9 kawah yang masih aktif di gunung ini. Gunung yang mempunyai banyak pesona alamnya ini berada di ketinggian 2048 meter di atas permukaan laut. Gunung Tangkuban Perahu akan terlihat seperti bentuk perahu yang terbalik jika dilihat dari kejauhan. Gunung ini juga selalu disangkut pautkan dengan cerita rakyat yang melegenda yaitu Sangkuriang. Secara singkatnya, kisah ini bercerita tentang Sangkuriang yang tidak bisa menyelesaikan persyaratan untuk menikahi Dayang Sumbi yang tak lain tak bukan adalah ibu kandungnya. Lalu, Sangkuriang menendang perahu yang ia buat sendiri dan membuat perahu tersebut terbalik. Kemudian terbentuklah Gunung Tangkuban Perahu ini. 

Gambar terkait

(gambar: https://galerigambarkeren.blogspot.com/)

Hasil gambar untuk tangkuban perahu tempat wisata seru

(gambar: https://tempatwisataseru.com/)

Gunung Tangkuban Perahu berlokasi di daerah Cikole, Lembang, Jawa Barat. Akses jalan menuju ke tempat ini sudah mudah untuk ditempuh. Kita juga bisa menggunakan beberapa moda transportasi untuk mengjangkau lokasi seperti kendaraan pribadi, bus, dan elf. Jika kalian ingin menggunakan kendaraan umum, kalian bisa menggunakan damri/ angkot dari Bandung menuju Terminal Ledeng. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menggunakan elf jurusan Subang. Turun di tepi jalan masuk menuju Tangkuban Perahu. Kemudian, kalian bisa mencari kendaraan umum untuk ke kawah Tangkuban Perahu. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dan memulai perjalanan dari Bandung, kalian bisa memilih rute jalan Setiabudi ke Jl. Raya Lembang lalu menuju ke Jl. Tangkuban Parahu terus sampai di gerbang atas dan membayar tiket masuk lalu sampailah di kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Hasil gambar untuk tangkuban perahu anekawisata

(gambar: https://www.anekawisata.com/)

Tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu buka setiap hari dari jam 07.00 hingga jam 17.00. Tiket masuk ke kawasan Tangkuban Perahu adalah Rp. 20.000 pada hari biasa dan Rp. 30.000 pada hari libur. 

Hasil gambar untuk kawah gunung tangkuban perahu

(gambar: https://natarentalmobil.com/)

Sesampainya di atas, kalian akan disuguhi pemandangan yang begitu memukau dari Gunung Tangkuban Perahu. Pemandangan ini berasal dari kawah-kawah Tangkuban Perahu yang sangat eksotis, hijaunya pepohonan, serta lanskap gunung yang menjulang tinggi. Karena letaknya yang berada di ketinggian, ini membuat udara di Gunung Tankuban Perahu sangat dingin. Bahkan pada saat tertentu, suhunya bisa mencapai 1 hingga 2 derajat celcius. Jika kalian datang ke sini, kalian harus mengunjungi tiga kawah favorit Tangkuban Perahu, yaitu kawah Ratu, Domas, dan Upas. 

Hasil gambar untuk kawah ratu daka tour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Kawah Ratu, kawah yang paling luas diantara semua kawah di Tangkuban Perahu. Karena luasnya, kawah ini dijadikan obyek utama dari Gunung Tangkuban Perahu. Ketika cerah, kalian bisa menyaksikan dinding dan dasar cekungan kawah secara jelas. Tanah yang ada di kawasan Kawah Ratu ini berwarna putih. Serta ada juga batu belerang yang berwarna kuning. Kepulan asap, pepohonan yang kering, dan batuan besar semakin membuat cantik sang “Ratu”.

Hasil gambar untuk kawah upas gunung tangkuban perahu

(gambar: https://ridwanderful.com/)

Berikutnya ada Kawah Upas. Letak Kawah Upas ini berdampingan dengan Kawah Ratu. Bagi kalian yang suka dengan kegiatan mendaki, tentu sangat suka dengan medan menantang menuju Kawah Upas ini yang berupa lautan pasir yang terjal. Hal ini lah yang membuat sedikit wisatawan mengunjungi Kawah Upas. 

Hasil gambar untuk kawah domas wego

(gambar: https://www.wego.co.id/)

Yang selanjutnya adalah Kawah Domas. Kawah Domas ini menyuguhkan sensasi merendam kaki di belerang, menghangatkan tubuh, dan juga merebus telur di Kawah. Yang pasti aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para wisatawan, bukan? Kawah Domas ini terletak di bawah Kawah Ratu dan Kawah Upas. Kalian akan menuruni tangga-tangga alami sepanjang satu kilometer. Jalan yang dilalui pun masih jalan setapak dan kalian akan ditemani dengan pepohonan hijau di sebelah kanan dan kiri yang menyejukkan. 

Hasil gambar untuk gunung tangkuban perahu cnn indonesia

(gambar: https://www.cnnindonesia.com/)

Bagi kalian yang kurang suka dengan jalan naik turun gunung, ada sebuah tempat yang cocok untuk melihat semua kawah dari ketinggian. Para pengunjung bisa menuju ke gardu pandang. Dari gardu pandang ini lah, kalian bisa menyaksikan pemandangan kawah-kawah yang memukau dengan mengeluarkan kepulan asapnya tanpa harus bersusah payah. Tempat ini menjadi spot yang paling diincar oleh para wisatawan untuk mengambil gambar. 

Hasil gambar untuk toko souvenir gunung tangkuban perahu airpaz

(gambar: https://blog.airpaz.com/)

Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan warung-warung penjual makanan dan minuman. Jadi gak usah khawatir kalau kalian lapar atau haus. Kalian bisa menikmati udara dingin khas pegunungan sembari menyeruput kopi atau teh yang menghangatkan tubuh kita. Sebelum meninggalkan kawasan ini, anda bisa mampir ke toko cinderamata sebagai pertanda jika kalian habis berkunjung dari Gunung Tangkuban Perahu. Adapun souvenir yang dijual yaitu berupa replika gitar, bass, dan drum, dan macam-macam bentuk gantungan kunci. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.