Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ketika Alam Dan Budaya Berbaur Menjadi Sebuah Harmoni di Saung Angklung Udjo
Tags : ##angklung #saungudjo #wowtripid #liburan #wonderfulindonesia

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata yang menawarkan wisata budaya, edukasi, dan juga alam sebagai daya tariknya. Saung Angklung Udjo ini didirkan oleh seniman kenamaan Sunda yang bernama Udjo Ngalagena, atau orang-orang mengenalnya dengan Mang Udjo. Menurut Mang Udjo, seni angklung sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bahkan, beliau sudah memainkan alat musik ini sejak berusia 4 tahun. Dari dulu, beliau sudah memiliki keinginan untuk membangun sebuah tempat wisata yang bernilai edukasi tinggi. Dan, hasrat itu akhirnya terwujud pada tahun 1996. Walaupun Mang Udjo sudah wafat pada tahun 2001, namun Saung Angklung Udjo ini masih tetap berjalan demi mengedukasi para wisatawan tentang budaya Indonesia, khususnya budaya Sunda. Saat ini, Saung Mang Udjo dikelola oleh anak-anaknya. 

Hasil gambar untuk saung angklung udjo pengrajin angklung

(gambar: https://holamigo.id/)

Hasil gambar untuk saung angklung udjo tempat wisata

(gambar: https://anekatempatwisata.com/)

Dibangun di daerah Bandung Timur, Saung Angklung Udjo hadir dengan nuansa pedesaan yang asri dengan udara yang segar. Tempat ini juga dihiasi ornamen interior dari bambu yang mampu membuat mata kita terpana. Keindahan alam pedesaan yang ditawarkan serta suara merdu dari angklung yang saling bersautan membuat tempat ini memiliki keselarasan harmoni yang tercipta dari kedua hal tersebut. 

Hasil gambar untuk saung angklung udjo mongabay

(gambar: https://www.mongabay.co.id/)

Harga tiket Saung Angklung Udjo ini berkisar diantara harga Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000. Adapun rinciannya yaitu, khusus untuk anak-anak pada hari Senin-Jum’at dikenai biaya Rp. 50.000 dan pada akhir pekan  dan hari libur dikenai tarif Rp. 55.000. Sedangkan bagi orang dewasa, pada hari biasa akan membayar Rp. 70.000 dan Rp. 75.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Saung Angklung Udjo buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00.

Hasil gambar untuk saung angklung udjo pengrajin angklung

(gambar: https://holamigo.id/)

Di Saung Angklung Udjo, kalian bisa mengabadikan banyak foto tentang alam desa yang asri dan juga keindahan desain bangunan Saung Angklung Udjo. Selain itu, kalian akan disugukan dengan bermacam-macam pertunjukkan yang tak pernah terlupakan. Pertunjukkan yang terkenal adalah angklung orkestra. Di sini, kalian akan dihibur dengan alunan nada yang merdu dan juga tarian yang mengiringi suara angklung ini. Setelah menonton pertunjukkan angklung orkestra, para pengunjung bisa bermain angklung secara bersama dengan penonton lainnya. Sebelum bermain angklung secara bersama, para penonton akan diberi tahu terlebih dahulu pengetahuan tentang cara bermain angklung yang benar. Kemudian, penonton baru bisa bermain angklung bersama-sama dengan mengikuti aba-aba dari dirigen. 

Hasil gambar untuk saung angklung udjo wayang keluarga petualang

(gambar: http://keluargapetualang.com/)

Parade pertunjukkan yang ada di Saung Angklung Udjo ini dibuka dengan pertunjukkan Wayang Golek. Wayang Golek merupakan sebuah pertunjukkan sandiwara boneka khas sunda yang lengkap dengan kostumnya. Pertunjukkan ini berlangsung selama 10 – 20 menit dan di akhir pertunjukkan biasanya akan ada pesan moral yang disampaikan. 

Hasil gambar untuk saung angklung udjo riyanjono wordpress

(gambar: https://riyanjono.wordpress.com/)

Berbagai budaya Sunda juga akan ikut meramaikan pertunjukkan yang ada di Saung Angklung Udjo ini seperti Heleran dan Tari Topeng. Heleran merupakan sebuah upacara khitanan dan panen padi dengan tujuan untuk mengucapkan rasa syukur. Dalam upacara ini, terdapat tarian dan musik khas Sunda yang semakin membuat menarik. Selanjutnya ada Tari Topeng. Tari Topeng di sini berceritakan tentang seseorang yang membawa berita dengan menyamar menggunakan topeng. Sesi yang terakhir dari pertunjukkan ini yaitu menari bersama. Para pengunjung akan diajak untuk menari bersama dengan iringan musik yang riang. Hal itu lah yang membuat pengalaman tak terlupakan ketika berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

Hasil gambar untuk saung angklung udjo degtra github

(gambar: https://degtra.github.io/)

Letak Saung Angklung Udjo tidak jauh dari pusat kota Bandung, sehingga menemukan lokasi wisata ini terbilang mudah. Bila kalian berkendara dari Jakarta, maka kalian hanya perlu keluar pintu tol Pasteur kemudian lurus terus dan naik fly over melintasi Jalan Surapati dan Jalan Ph. Hasan Mustapa. Kemudian kalian akan melihat papan penunjuk jalan Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Kalian hanya perlu berbelok mengikuti papan petunjuk tersebut dan dalam jarak kurang lebih 200 meter kalian akan tiba di Saung Angklung Udjo. 

Hasil gambar untuk angkot bandung blog mamikos

(gambar: https://blog.mamikos.com/)

Jika kalian ingin pergi dengan transportasi umum, kalian bisa menggunakan angkot umum 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom. Lalu, turun di Jalan Padasuka. Setelah itu, lanjutkan perjalanan kalian dengan berjalan atau menaiki ojek karena jarak antara Jalan Padasuka dengan Saung Angklung Udjo hanya 500 meter.

Hasil gambar untuk saung angklung udjo info bdg

(via: http://www.infobdg.com/)
Pengunjung yang datang di Saung Angklung Udjo dipastikan tidak akan kelaparan. Di Saung Angklung Udjo, terdapat tempat bernama Dapoer Angklung. Kalian bisa menyantap makanan khas Sunda seperti batagor atau siomay Bandung. Tak hanya itu, kalian juga akan menemui masakan khas negara Barat yang tak kalah lezatnya juga.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.