Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kepulan Asap Putih Serta Birunya Air Belerang Menjadi Ciri Khas Kawah Putih Ciwidey
Tags : ##kawahputih #gunung #kabut #dingin #wisatakeluarga #pagihari #wowtripid

Objek wisata Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata andalan warga Bandung. Di kawah putih ini lah tersimpan pemandangan alam kawah eksotis yang dibalut dengan kepulan asap putih dan juga tebalnya kabut yang menyelimuti. Kabut tebal memang kerap kali menghiasi langit di kawah ini karena lokasi dari Kawah Putih Ciwidey yang berada di ketinggian 2340 mdpl. Karena ketinggiannya, suhu di lokasi wisata ini bisa mencapai 8 derajat celcius. Uniknya lagi, air danau di kawah ini bisa bergonta-ganti warna mulai dari hijau tosca, kebiru-biruan, coklat suus, hingga putih. Warna putih lah yang paling sering menghiasi alam Ciwidey ini sehingga masyarakat memberikan nama lokasi wisata ini dengan nama Kawah Putih Ciwidey.

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey amazing adventure

(gambar: https://amazingventures.wordpress.com/)

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey trivindo

(gambar: https://www.trivindo.com/)

Kawah Putih Ciwidey terletak di Desa Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jarak antara pusat kota Bandung dengan Kawah Putih Ciwidey pun relatif tidak jauh, yaitu sekitar 56 km. Kalian bisa menempuh lokasi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika kalian berangkat dari Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi, lewatlah jalur menuju Jalan Tol Perbeleunyi. Setelah itu ambillah jalur ke Jalan Tol Soreang-Pasir Koja. Kemudian turun dari jalan tol, dan berjalan lah ke arah Terminal Ciwidey. Selepas itu, kalian tinggal mengikuti jalan hingga menuji Kawah Putih Ciwidey. 

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey angkot

(gambar: https://wisatamy.blogspot.com/)

Jika ingin menggunakan kendaraan umum, kalian bisa naik bis dari Terminal Leuwi Panjang, Bandung. Pilihlah bis dengan jurusan Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey, lanjutkan perjalanan kalian dengan angkot menuju Situ Patenggang. Angkot ini lah yang akan mengantarkan kalian langsung di depan gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey. 

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey ayobandung

(gambar: https://www.ayobandung.com/)

Tiket masuk ke kawasan Ciwidey untuk wisatawan lokal adalah Rp. 17.000 dan mancanegara adalah Rp. 50.000. Lokasi kawah ini juga sering digunakan oleh para pengunjung yang ingin melakukan foto pre wedding. Biaya yang harus dikeluarkan jika kalian ingin melakukan foto pre weeding di area ini berkisar di harga Rp. 500.000. Bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau bus tak perlu khawatir akan lahan parkir yang tersedia.

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey kepogaul

(gambar: https://www.kepogaul.com/)

Lahan parkir di sini cukup luas. Terdapat dua jenis tempat parkir. Yang pertama  yaitu parkir bawah dan yang kedua adalah parkir atas. Parkir bawah ini lokasinya dekat dengan gerbang masuk kawah. Biaya parkir bawah untuk bus adalah Rp. 25.000, untuk mobil Rp. 6.000, dan Rp. 5.000 untuk speda motor. Setelah itu kalian akan naik menggunakan ontang anting atau shuttle dengan membayar Rp. 13.000 per orangnya. Sedangkan biaya parkir di atas yaitu Rp. 150.000. Lokasinya yang dekat sekali dengan kawah membuat biaya parkir di atas lebih mahal daripada di bawah. 

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey bisnis bandungcom

(gambar: http://bisnisbandung.com/)

Kawah Putih Ciwidey ini merupakan hasil letusan dari Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12. Dahulunya, penduduk sekitar menganggap kawasan kawah putih ini sebagai tempat yang mistis. Hal itu dikarenakan ketika setiap burung melintasi kawah ini maka burung tersebut akan mati. Namun akhirnya teori tersebut dapat dipatahkan oleh ahli botani asal Jerman yaitu Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Beliau tak percaya dengan anggapan warga jika kawah putih ini angker. Lalu beliau mencari tahu kebenaran dengan menyusuri hutan yang lebat. Dan pada akhirnya, beliau menemukan sebuah kawah putih yang memiliki bau belerang menyengat. Setelah mengetahui kebenaran ini, beliau mengungkapkan bahwa burung-burung yang terbang melintasi kawah ini lalu mati itu karena tingginya suhu yang ada di kawah.

Hasil gambar untuk kawah putih ciwidey idn times wedding

(gambar: https://www.indoindians.com/)

Kalian bisa mengambil banyak foto dengan gaya sebebas kalian di Kawah Putih Ciwidey. Kawah ini memang terkenal dengan tempat yang memiliki spot foto yang instagramable. Para pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang air kawah kehijau-hijauan yang dibalut dengan kabut tebal dan ditemani peopohonan yang hijau bahkan pohon yang tinggal rantingnya saja. Kelengkapan unsur-unsur tersebut membuat banyak pengunjung mengabadikan momen mereka di Kawah Putih Ciwidey. Kawah ini juga dikenal dengan tempat yang romantis karena pada tahun 2006, kawah ini pernah dipakai menjadi lokasi syuting “My Heart” yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah. Oleh karena itu, tak jarang juga pengunjung yang ingin melakukan pre-wedding di kawah ini.

Hasil gambar untuk woza cafe

(gambar: https://www.trivindo.com/)

Jika berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, jangan lupa juga untuk mampir dan menikmati kuliner khas Sunda yang ada di Ciwidey. Kalian bisa memilih tempat makan seperti warung atau restauran. Restauran di dekat kawasan Ciwidey ini memiliki pemandangan yang unik. Jadi selain makan masakan khas Sunda yang lezat, kalian juga akan ditawarkan pemandangan khas pegunungan dengan udara yang sejuk. Restauran seperti Pinisi Resto, Woza Cafe, dan Saung Gawir adalah tempat yang cocok bagi kalian yang ingin mengisi perut.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.