Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Berburu Foto Dengan Nuansa Hijau di Bukit Jamur Ciwidey
Tags : ##bukitjamur #ciwidey #infowisatabandung #liburanbandug

Bandung memang surganya bagi para wisatawan untuk mencari spot foto yang berkualitas dan instagramable. Tempat wisata di Bandung kebanyakan memiliki karakteristik instagramable seperti bangunan tua, suasana alam yang asri, bangunan modern yang tinggi, hingga taman-taman yang unik. Dan salah satu tempat yang memenuhi karakteristik dari beberapa ciri di atas adalah Bukit Jamur Ciwidey.  

 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung native indonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Bukit Jamur Ciwidey adalah sebuah taman yang berisikan pohon-pohon cemara yang bentuknya seperti bentuk jamur. Bukit Jamur ini terletak kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha atau lebih tepatnya di Desa Rancabolang, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Perlu kalian ketahui juga bahwa Bukit Jamur Ciwidey ini masih berada dala satu kawasan dengan Geodipa Energi dan Kebun Teh Rancabolang PTPN VIII. Karena berada di bawah kaki gunung, udara yang ada di bukit ini sungguh menyegarkan. Jadi cocok buat kalian yang ingin berlibur sejenak sembari melepaskan beban pikiran. 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung spotpedia

(gambar: https://www.spotpedia.id/)

Untuk sampai di bukit ini, para pengunjung perlu mengendari mobil atau motor dari Kota Bandung. Jarak yang akan kalian tempu dari Kota Bandung menuju bukit ini adalah sekitar 53 km dengan estimasi perjalanan kurang lebih 2 jam lebih 15 menit. Agar sampai ke tujuan, kalian perlu melewati Jalan Leuwi Panjang. Setelah itu, arahkan kendaraan kalian menuju Dusun Keneng. Dan tidak lama setelah itu, kalian sampai di Bukit Jamur Ciwidey. 

HTM Wisata Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey - Wisata Mantap

(gambar: http://www.wisatamantap.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, taman ini unik karena bentuk pohon cemaranya yang menyerupai bentuk jamur namun dalam ukuran yang lebih besar. Bentuknya pun sama dengan jenis jamur payung. Dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi dan jarak antara pohon satu dengan yang lainnya berdekatan, pohon-pohon cemara ini berhasil memikat hari para wisatawan yang berkunjung. Kebanyakan dari mereka pasti tidak akan mau ketinggalan untuk berswafoto di area ini. Berswafoto dengan latar belakang pohon cemara yang hijau dan suasana pegunungan yang asri sungguh membuat tempat ini sayang apabila tidak dikunjungi. Tak hanya berswafoto saja, tempat ini juga kerap kali digunakan untuk foto prewedding. 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung backpacker jakarta

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Selain berfoto dengan keindahan pohon-pohon cemara ini, kalian juga dapat mengabadikan momen kalian di kebun teh yang luas dan hijau. Tempat kebun teh ini masih berada pada satu lokasi dengan Bukit Jamur Ciwidey. Agar hasil foto kalain menjadi lebih indah, ambil lah spot foto yang berada di sela-sela pohon teh ini. Kebun teh ini tidak kalah indahnya dengan bukit jamur. Jadi tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin mengunjungi kebun teh. Kalian pun juga dapat menikmati teh hasil petikan sendiri. Menyeduh teh hangat dengan udara sejuk yang jauh dari polusi semakin melengkapkan liburan kalian di Bukit Jamur Ciwidey. 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung destinasi bandung

(gambar: http://www.destinasibandung.co.id/)

Tidak hanya keindahan alam yang kalian dapatkan ketika berkujung ke tempat ini, keindahan arsitektur zaman Belanda pun juga masih bisa kalian nikmati. Keindahan arsitektur ini dapat kalian temukan pada rumah-rumah yang berdiri di dekan pabrik teh. Rumah-rumah ini dilengkapi dengan cerobong asap dimana rumah-rumah di Indonesia jarang sekali yang memiliki cerobong asap. Cerobong asap ini dahulu digunakan untuk menghangatkan tubuh penghuni yang merasakan dinginnya udara pegunungan. Namun, cerobong asap itu menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Rumah dengan gaya arsitektur seperti ini juga memiliki dinding tebal. Dinding tebal ini berfungsi untuk membuat kalian tetap merasa dingin jika berada di dalam rumah meskipun cuaca di luar sana sangat panas. 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung daka tour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Bukit Jamur Ciwidey perlu perhatikan jam buka tempat wisata ini. Bukit jamur ini buka pada setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Dan untuk memasukki area ini, kalian tidak perlu mengeluarkan uang. Kalian akan mengeluarkan uang untuk tarif parkir yaitu sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil. 

Hasil gambar untuk bukit jamur bandung ngulon

(via: https://ngulon.com/)

Jika kalian lapar atau haus, sangat disarankan untuk membawa bekal berupa makanan atau minuman dari rumah karena di tempat ini belum ada warung-warung penjual makanan. Jika kalian membawa bekal sendiri, kalian dapat menikmati bekal kalain dengan berduduk santai di gazebo yang sudah disediakan. Pengalaman makan di dataran tinggi dengan sejuknya udara pegunungan tentunya akan memberikan sensasi yang berbeda. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.