Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pantai Plengkung, Spot Surfing Terbaik Incaran Para Peselancar Kelas Dunia
Tags : ##pantai #surfing #banyuwangi #wowtripid #liburan

Nama Banyuwangi memang dikenal memiliki pantai yang eksotis dengan ombak besar yang menantang bagi para peselancar. Walaupun eksistensi pantai di Banyuwangi masih kalah terkenal dengan pantai yang ada di Bali, pesona keindahan pantai di Banyuwangi tak akan membuat kalian menyesal ketika berkunjung. Salah satu pantai yang terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Plengkung. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung travel tempo

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Hasil gambar untuk pantai plengkung trip web

(gambar: https://trip.web.id/)

Pantai Plengkung terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Perjalanan ke pantai ini tentunya akan semakin menantang karena jalanan menuju pantai masih berupa bebatuan yang membuat kita harus berhati-hati jika melewatinya. Karena letaknya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, kalian akan melewati hutan hujan tropis yang begitu lebat. Untuk mencapai Pantai Plengkung, wisatawan bisa memilih dua jalur yang ada yaitu darat dan laut. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung padmagz

https://padmagz.com/

Jalur darat bisa kalian tempuh dengan menggunakan mobil pribadi dari Banyuwangi menuju Taman Nasional Alas Purwo. Mobil anda akan diparkir di Pos Pancur. Jarak dari pusat Kota Banyuwangi ke Pos Pancur yaitu sekitar 60 kilometer. Setelah itu, karena medan menuju pantai cukup sulit maka kalian akan menyewa kendaraan untuk pergi ke Pantai Plengkung. Dan jarak yang ditempuh adalah 7 kilometer. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung piknik dong

(gambar: https://www.piknikdong.com/)

Alternatif lain jika berkunjung ke Pantai Plengkung yaitu menggunakan jalur laut. Jalur laut bisa ditempuh dari Banyuwangi atau pun Bali. Para wisatawan dari Banyuwangi harus menuju Pantai Grajagan terlebih dahulu. Lalu, kalian bisa menyewa speed boat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam atau kapal nelayan dengan waktu tempuh 2 jam. Selain itu, wisatawan yang ada di Bali juga bisa langsung menuju Pantai Plengkung menggunakan speed boat. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Harga tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Alas Purwo adalah Rp. 5.000. Lalu kalian juga akan membayar tiket masuk ke Pantai Plengkung sebesar Rp. 5.000. Terdapat juga biaya tambahan berupa biaya transport dari Pos Pancur menuju Pantai Plengkung. Di sini kalian akan menaiki mobil pick up yang sudah dimodifikasi untuk penumpang dengan muatan hingga 12 orang. Biaya trapsort yang dipatok yaitu sebesar Rp. 250.000 untuk pulang pergi. Berangkat dengan jumlah orang berapa pun, kalian tetap menadapatkan harga yang sama. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung travel tribunnews

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Setibanya di Pantai Plengkung, kalian akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai yang begitu eksotis. Pantai Plengkung terkenal karena ombak besar yang membuatnya menjadi salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Ombak besar di pantai ini bisa dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama yaitu Kong Waves dengan tinggi ombak 6-8 meter. Lalu ada Speedis Waves yang tinggi ombaknya mencapai 5-6 meter. Dan yang terakhir adalah Many Track Waves dengan tinggi ombak 3-4 meter. Pada ombak terakhir ini lah, para pemula bisa merasakan berselancar dengan menantang ombak kelas dunia. Jadi tak salah memang jika pantai ini sangat dicari oleh peselancar profesional. 

Hasil gambar untuk turis asing di pantai plengkung

(gambar: http://www.banyuwangibagus.com/)

Dengan jenis ombak yang dimiliki oleh Pantai Plengkung, pantai ini sangat sering menggelar kegiatan surfing berskala internasional seperti Banyuwangi G-Land International Team Challenge. Event tersebut diikuti oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Perancis, Inggris, dan Indonesia. 

Hasil gambar untuk pantai plengkung topi jelajah

(gambar: https://www.topijelajah.com/)

Bagi kalian yang tidak suka dengan aktivitas berselancar tak perlu bingung dalam memilih aktivitas di pantai ini. Selain terkenal dengan ombaknya, pantai ini juga dihiasi dengan pasir putih yang bersih. Pasir-pasir tersebut bisa kalian buat untuk bermain istana pasir. Kalian juga bisa jalan-jalan mengitari pulau atau pantai dengan bersepeda. Karena air lautnya yang jernih, kalian bisa memilih aktivitas menyelam seperti snorkeling atau diving. Jika kalian tidak membawa peralatan menyelam, tenang saja. Di pantai ini, telah disediakan tempat-tempat untuk menyewa peralatan menyelam. Pesona bawah laut dari pantai ini juga tak kalah menarik dengan pantai lainnya. Ikan-ikan laut yang indah dapat kalian jumpai dengan mudah sembari menyelam. 

Hasil gambar untuk g land bobby's surf camp

(gambar: https://www.tripadvisor.com/)

Ingin menikmati suasana pantai pada malam hari dan menantikan sunset pada pagi hari pun tak perlu repot dan bingung. Kalian tinggal memesan kamar penginapan yang tersedia di sini. Terdapat 2 resort dengan fasilitas yang tak kalah lengkapnya jika dibandingkan hotel berbintang. Kedua resort tersebut adalah G-Land Joyo’s Surf  Camp & Resort dan G-Land Bobby’s Surf Camp. Harga yang ditawarkan oleh kedua resort tersebut juga terbilang tidak mahal yaitu berkisar di angka Rp. 500.000 hingga Rp. 1.200.000. Dengan harga segitu, kalian sudah bisa menikmati fasilitas kamar termasuk wifi kencang dan sarapan. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.