Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Nasional Baluran, Afrika Kecil di Banyuwangi Yang Penuh Dengan Kehidupan Satwa Liarnya
Tags : ##tamannasional #wowtripid #berlibur #afrika #wonderfulindonesia #pesonaindonesia

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang letaknya berada di paling timur dari Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Selat Bali yang menhubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Walaupun letaknya berada di ujung timur Jawa, Banyuwangi justru menyimpan sejuta keindahan alam yang tak akan kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Padang rumput yang luas, hutan hijau yang rindang, hingga pantai eksotis dapat kalian temukan di Banyuwangi. Salah satu tempat wisata yang menjadi andalan Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran. 

Hasil gambar untuk taman nasional baluran ekspektasia

(gambar: https://ekspektasia.com/)

Hasil gambar untuk taman nasional baluran native indonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Taman Nasional Baluran merupakan sebuah taman yang berfungsi sebagai tempat untuk melindungi flora dan fauna yang masuk dalam daftar yang harus dilindungi. Taman nasional ini begitu luas sekali. Luas dari taman ini bisa mencapai 25.000 hektar. Dengan luas tersebut, Taman Nasional Baluran memiliki flora dan fauna yang sangat beraneka ragam jenisnya. Taman ini tidak hanya terkenal dengan banyaknya flora dan fauna yang dilindungi, namun taman ini juga sangat populer karena pesona alamnya yang indah. Karena keindahan alamnya ini lah, Taman Nasional Baluran ini dijuluki sebagai Africa Van Java. Pemandangan dan suasana yang berada di Taman Nasional Baluran mirip sekali dengan hutan-hutan yang ada di Afrika. Jadi julukan Africa Van Java ini tak salah jika disematkan pada Taman Nasional Baluran. 

Hasil gambar untuk taman nasional baluran kumparan

(gambar: https://kumparan.com/)

Taman Nasional Baluran ini terletak di Desa Wonorejo, Kebalenan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi Taman Nasional Baluran ini berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo. Jadi sebagian lahan dari Taman Nasional Baluran ada di Banyuwangi dan sisanya ada di Situbondo. Namun, Banyuwangi lah yang lebih dikenal oleh banyak para pengunjung jika Taman Nasional Baluran berada di Banyuwangi. 

Hasil gambar untuk taman nasional baluran tour de java net

(gambar: https://www.tourdejava.net/)

Untuk mencapai ke Taman Nasional Baluran, kalian dapat menempuhnya dari pusat kota Banyuwangi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jarak yang akan kalian tempuh yaitu sekitar 47km dengan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit. Kalian akan melewati jalan protokol Banyuwangi seperti Jalan I Gusti Ngurah Rai, R.A. Kartini, Letjen Di. Panjaitan hingga ke Jalan Savana Bekol dimana Taman Nasional Baluran ini berada. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga dapat mengakses Taman Nasional Baluran menggunakan transportasi umum seperti bus. Berangkat lah dari Terminal Banyuwangi dan pilih lah bus dengan tujuan Situbondo. Bus ini akan mengantarkan kalian ke depan pas gerbang masuk Taman Nasional Baluran. 

Hasil gambar untuk taman nasional baluran jatim adventure

(gambar: https://jatimadventure.wordpress.com/)

Sesampainya di Taman Nasional Baluran, hati kalian akan berdecak kagum karena keindahan alam yang masih asri tanpa adanya sentuhan manusia. Di sini, kalian benar-benar sangat bisa merasakan suasana hutan di Afrika dengan hewan-hewan liarnya yang berkeliaran di dalam hutan. Di kawasan ini, kalian dapat menjumpai aneka ragam jenis flora dan fauna. Tercatat terdapat sekitar 40% spesies dari floranya berupa vegetasi savana. Selain savananya yang beraneka ragam. Tama nasional ini juga terkenal dengan bermacam-macamnya jenis hutan yang tumbuh di taman ini. Hutan mangrove, hutan musim, hutan pegunungan bawah, hutan pantai, hingga hutan yang selalu hijau sepanjang tahun menjadi pemandangan yang akan kalian temui di Taman Nasional baluran.

Hasil gambar untuk taman nasional baluran blog airyrooms

(gambar: https://blog.airyrooms.com/)

Setelah melewati pintu gerbang Taman Nasional Baluran, para wisatawan akan disuguhkan dengan pohon-pohon hijau yang berjejer berdekatan sehingga menimbulkan suasana yang teduh di sini. Nama tempat ini adalah hutan evergreen. Kata evergreen mengacu pada sifat hutan di sini yang selalu hijau sepanjang tahun. Ketika sampai di hutan ini, beristirahat lah sebentar sembari menikmati angin sepoi-sepoi yang kerap menghampirimu. 

Hasil gambar untuk taman nasional baluran blog kulo

(gambar: https://blog.airyrooms.com/)

Tak hanya kaya dengan floranya, jumlah fauna di Taman Nasional Baluran ini juga tak kalah banyak. Di sini, kalian akan menjumpai 26 jenis mamalia yang berkeliaran secara bebas di dalam hutan. Mamalia tersebut diantaranya adalah banteng, kerbau, kijang, macan tutul, rusa dan masih banyak lagi lainnya. Hewan jenis unggas atau lebih spesifiknya yaitu burung juga akan mewarnai langit Baluran dengan indah. Ada sekitar 155 burung yang hidup di Baluran. Menyaksikan fauna secara langsung di taman ini akan memberikan sensasi yang berbeda jika dibandingkan menonton hewan di kebun binatang. Di sini, kalian dengan binatang seperti tidak ada batasannya. Kalian bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada. Namun juga perlu diperhatikan keselamatan kalian jika ingin melakukan interaksi dengan hewan di sini karena hewan yang ada di sini adalah hewan-hewan liar.

Hasil gambar untuk savana bekol travel detik

(gambar: https://travel.detik.com/)

Habis istirahat, lanjutkan perjalanan kalian menuju ke Savana Bekol. Sesuai namanya Savana Bekol ini berisi padang savana yang sangat luas. Karena saking luasnya, Savana Bekol ini menjadi padang savana terluas di Pulau Jawa. Hamparan rumput hijau akan menghiasi panorama sepanjang di Savana Bekol. Abadikanlah momen kalian di sini karena dengan berfoto di sini, pemandangan yang menakjubkan ini dapat kalian jadikan kenangan yang manis. Savana Bekol ini akan terlihat hijau ketika musim penghujan. Namun jika musim kemarau datang, suasana di savana ini berubah seketika dari hijau menjadi rumput kering dengan warna kecoklatan. Dari sini lah mengapa Taman Nasional Baluran disebut juga sebagai Africa Van Java.

Hasil gambar untuk hutan musim ksm tour

(gambar: https://ksmtour.com/)

Selain kedua hutan di atas, masih ada satu lagi hutan yang akan membuat kalian semakin takjub dengan berkunjung di Taman Nasional Baluran. Hutan ini bernama hutan musim. Dinamakan hutan musim karena hutan ini akan tumbuh menyesuaikan kondosi cuaca yang sedang terjadi. Misal pada musim hujan, hutan ini akan dipenuhi dengan warna hijau dimana-mana. Namun jika kemarau tiba, hutan ini akan berubah menjadi warna coklat denga daun-daun kering yang berguguran di tanah.

Hasil gambar untuk pantai bama travelling bisnis

(gambar: https://traveling.bisnis.com/)

Jika kalian berfikir bahwa Taman Nasional Baluran ini hanya mencakup ekosistem hutan saja berarti kalian salah. Ekosistem Baluran ternyata lebih dari sekadar hutan. Taman Nasional Baluran ini juga memiliki pesona pantai yang begitu eksotis dimana masih alami dan sepi akan pengunjung yang datang. Nama pantai ini adalah Pantai Bama. Pantai Bama ini sangat cocok buat dijadikan persinggahan terakhir di Taman Nasional Baluran. Setelah lama berkeliling hutan, petualangan kalian akan ditutup secara manis dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Bama. Ombak Pantai Bama cukup bersahabat. Jadi kalian bisa bermain air di tepian pantai atau membuat istana dari pasir putih yang halus. 

Hasil gambar untuk gerbang masuk taman nasional baluran trip advisor

(gambar: https://www.tripadvisor.com/)

Harga tiket masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Baluran adalah sebesar Rp. 15.000 pada hari biasa dan Rp. 17.500 pada akhir pekan dan hari libur. Tiket tersebut hanya untuk wisatawan lokal. Jam buka Taman Nasional Baluran adalah setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00. Dengan jam buka yang sudah ditentukan, maka kalian tidak bisa merasakan malam di Taman Nasional Baluran.

Hasil gambar untuk taman nasional baluran banyuwangi merdeka

(gambar: https://www.gotravelly.com/)

Setelah capek menelusuri kawasan hutan, kalian bisa istirahat dan memesan beberapa makanan di warung makan yang tersedia di kawasan taman nasional ini. Masakan yang disediakan warung-warung makan ini biasanya berupa mie goreng atau rebus, nasi goreng, bakso, rawon, dan lain-lainnya. Apabila kalian ingin mencari makanan khas Banyuwangi, maka kalian bisa menikmatinya sebelum atau sesudah dari Taman Nasional Banyuwangi.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.