Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pesona Pantai Pulau Merah Yang Tak Kalah Dengan Kuta Bali
Tags : ##pantai #pesonaalam #surfing #banyuwangi #wowtripid #pasirputih

Saat ini kalian tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali demi mengunjungi tempat wisata yang menarik karena di Pulau Jawa pun sudah banyak sekali objek wisata yang menawarkan keindahan yang tak kalah dari Pulau Bali. Salah satu kawasan di Pulau Jawa yang memiliki pantai eksotis mirip dengan pantai-pantai yang di Bali adalah di bagian timur Pulau Jawa atau lebih tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi memang terkenal dengan berbagai wisata alamnya yang sungguh mempesona. Objek wisata alam berupa gunung, hutan belantara, hingga eksotisnya pantai dapat kalian temukan dengan mudah di Banyuwangi. Dan tempat wisata yang kini sedang naik daun di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Hasil gambar untuk pantai pulau merah catatan hendra singgih

(gambar: https://catatansinggihhendra11.blogspot.com/)

Pantai ini diberi nama Pulau Merah karena di pantai ini terdapat sebuah pulau dimana pasir pantai yanga ada di pulau tersebut berwarna merah. Sayangnya, warna merah pasir tersebut tidak dapat kalian saksikan dari kejauhan karena tertutup oleh tingginya pohon yang tumbuh. Namun, warna pasirmerah itu akan kelihatan apabila kalian datang ke pulau tersebut. Atas dasar itu lah, pantai ini bernama Pantai Pulau Merah. Selain warna merah di pulau tersebut, pantai ini ternyata juga memiliki fenomena menarik yaitu warna pasir di pantai ini akan berubah menjadi kemerah-merahan pada sore hari. Berubahnya warna pasir ini disebabkan oleh jernihnya air laut dan paparan sinar matahari tenggelam. 

Hasil gambar untuk pantai pulau merah travel kompas

(gambar: https://travel.kompas.com/)

Lokasi Pantai Pulau Merah ini berada di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai Pantai Pulau Merah, kalian dapat berangkat dari pusat kota Banyuwangi. Jarak dari pusat kota Banyuwangi menuju ke Pantai Pulau Merah adalah sekitar 60 km. Kalian bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum. Dari pusat kota kalian harus berkendara ke arah Srono kemudian menuju Kesilir dan diteruskan hingga ke Pulau Merah. Perjalanan kalian menuju ke Pantai Pulau Merah ini akan melewati banyak desa-desa dimana kalian juga bisa menyaksikan aktivitas sehari-hari warga setempat. Walaupun jalan yang akan kalian lalui banyak kelokannya, kalian tidak akan merasa bosan selama perjalanan. 

Hasil gambar untuk pantai pulau merah medan tribunnews

(gambar: https://medan.tribunnews.com/)

Jika kalian tidak dapat membawa kendaraan pribadi, kalian juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus dari Terminal Banyuwangi. Dari Terminal Banyuwangi, pilih lah bus dengan jurusan Pesanggaran. Jika sudah sampai Pesanggaran kalian dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Pulau Merah menggunakan ojek. Sedangkan kalian yang berangkat dari Jember, maka kalian perlu terlebih dahulu untuk naik bus dengan jurusam Terminal Jajag. Di terminal ini, kalian harus ganti bus dengan memilih bus jurusan Pesanggaran. 

Hasil gambar untuk pantai pulau merah dowes29

(gambar: https://www.dowes29.com/)

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah adalah ketika pagi hari dan sore hari. Suasana matahari tenggelam atau pun terbenam semakin cantik apabila kalian berkunjung ke pantai ini pada bulan November hingga Desember. Pada saat bulan-bulan ini lah matahari berada di arah selatan sehingga sinar matahari terbit dan terbenam ini akan membuat kalian semakin terpukau dengan keindahan Banyuwangi khsusunya Pantai Pulau Merah. Maka tak heran apabila Banyuwangi ini menyandang julukan “Sunrise of Java”. 

Hasil gambar untuk surfing pantai pulau merah destinasi pariwisata

(gambar: https://www.liputan6.com/lifestyle/)

Selain karena keindahannya tersebut, letak Banyuwangi yang berada di ujung timur Pulau Jawa membuat julukan “Sunrise of Java” memang layak disandang oleh Banyuwangi. Kalau sudah datang di waktu dan tempat yang tepat untuk menyaksikan sunrise atau sunset, maka jangan lupa untuk mengabadikan momen indah kalian di Pantai Pulau Merah ini, ya! Berfoto dengan latar belakang lautan biru yang luas, hamparan pasir putih lembut, dan warna langit yang berubah menjadi oranye merupakan pemandangan idaman para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pulau Merah.

Hasil gambar untuk pantai pulau merah pariwisata banyuwangi com

(gambar: https://www.brilio.net/)

Pantai Pulau Merah buka setiap hari selama 24 jam. Meskipun dapat kalian kunjungi selama seharian penuh, tapi sangat disarankan untuk tidak datang pada malam hari karena penerangan di sekitar pantai ini masih minim. Untuk memasuki kawasan pantai ini, kalian perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000. Menikmati eksotisnya pantai dan pasir putihnya yang halus dengan duduk bersantai memang tak pernah salah. Kalian bisa menyewa kursi pantai yang dilengkapi dengan payung seharga Rp. 25.000 per jamnya.

Hasil gambar untuk pantai pulau merah travel detik

(gambar: https://travel.detik.com/)

Pantai Pulau Merah ini juga terkenal dengan ombak besarnya yang menjadi surga bagi para peselancar. Kualitas ombak yang ditawarkan oleh Pantai Pulau Merah ini juga tak kalah menantangnya dengan ombak Pantai Plengkung. Meskipun ketinggian ombak di Pantai Pulau Merah ini hanya mencapai 2 hingga 4 meter, pantai ini sering menggelar turnamen selancar dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Dengan tinggi ombak yang tidak terlalu tinggi, ombak pantai ini cocok untuk para pemula yang ingin mencoba menaklukkan ombak Pantai Pulau Merah. Kalian pun juga tidak perlu repot-repot membawa papan selancar dari rumah karena di daerah pantai sudah ada banyak tempat penyewaan papan selancar. Harga sewa papan selancar pun cukup terjangkau yakni Rp. 50.000 per jamnya.

Hasil gambar untuk pantai pulau merah super adventure snorkeling

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Selain berselancar, aktivitas menarik yang dapat kalian lakukan di Pantai Pulau Merah adalah snorkeling. Meskipun keindahan bawah laut pantai ini masih tidak bisa disandingkan dengan Karimun Jawa atau Bunaken, pemandangan bawah laut Pantai Pulau Merah ini masih mampu membuat hati kalian berdecak kagum. Keaslian terumbu karangnya dan ikan-ikan kecil berenang di samping kalian menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang ingin bersnorkeling di pantai ini. 

Hasil gambar untuk pantai pulau merah mantai id

(gambar: https://www.mantai.id/)

Ketika air pantai surut, berjalanlah menuju ke bukit pasir merah yang letaknya berada di seberang tepi pantai. Surutnya air laut ini lah yang membukakan jalan kepada para wisatawan yang ingin eksplor di bukit pasir merah. Surutnya air laut ini biasa terjadi pada jam 15.00 sore. Setelah sampai di bukit pasir merah ini, menujulah ke puncak bukit dimana kalian dapat memandangi hamparan biru laut yang luas dan menikmati pergerakan sang surya yang perlahan mulai menutup hari kalian dengan indah. Satu hal yang penting jika ingin ke bukit seberang tepi pantai ini adalah gunakan alas kaki yang aman dan nyaman karena kalian akan menemui biota laut yang tersisa di tepi pantai dimana diantara biota laut tersebut terdapat karang-karang kecil yang bisa melukai kaki kalian. 

Rujak Soto, Kuliner Unik Banyuwangi Perpaduan Rujak dan Soto

(gambar: https://phinemo.com/)

Selepas seharian beraktivitas di Pantai Pulau Merah, sekarang waktunya buat kalian untuk memuaskan isi perut kalian. Di sekitaran pantai ini sudah terdapat banyak sekali warung-warung makan yang menjual makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, hingga rawon. Tentu, rasa yang ditawarkan oleh kuliner khas Banyuwangi ini tidak dapat kalian temukan di daerah lainnya. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.