Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Monumen Nasional (Monas), Ikon Kota Jakarta Yang Terkenal Hingga Mancanegara
Tags : ##monas #dkijakarta #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #wowtripid

Monumen Nasional atau yang sering kita sebut dengan Monas adalah sebuah monumen peringatan perlawanan rakyat Indonesia dalam melawan pemerintah Kolonial yang menjulang tinggi hingga 132 meter. Letak Monas yaitu berada di tengah-tengah Kota Jakarta, tepatnya di Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Hasil gambar untuk monas malam hari

(gambar: https://malangtoday.net/)

Hasil gambar untuk monas wikipedia tempo dulu

(gambar: https://id.wikipedia.org/)

Pembangunan Tugu Monas ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 dan resmi dibuka pada tanggal 12 Juli 1975. Pembangunan Monas ini tidak dibangun tanpa ada maksud tujuan. Presiden Soekarno menginginkan sebuah ikon negara yang menginterpretaskan bangsa Indonesia dan dapat tahan lama hingga ratusan tahun. Tugu Monas ini merupakan sebuah karya dari seorang arsitek bernama Frederich Silaban. Lalu pembangunan Monas diestafetkan kepada RM. Soedarsono. 

Hasil gambar untuk monas pinterest

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Tugu Monas ini terdiri dari tiang obelisk, pelataran tugu, cawan tugu, dan puncak tugu. Bagian-bagian Tugu Monas memiliki makna yang universal. Tiang obelisk melambangkan kegagahan kaki dari seorang laki-laki yang maskulin dan aktif serta pelataran tugu biasa disebut dengan yoni yang melambangkan elemen wanita yang pasif. Bagian atas tugu dipercantik dengan api yang menyala. Bagian ini dilapisi dengan emas seberat 35 kg, lalu pada tahun 1995 api ini dilapisi ulang sehingga beratnya mencapa 50 kg. Api ini memberikan makna bahawa semangat bangsa Indonesia akan tetap menyala dan tak akan pernah padam. 

Hasil gambar untuk monumen nasional tribun asia

(gambar: https://tribunasia.com/)

Tentunya Monas ini bukan hanya sebuah monumen saja. Tempat wisata ini memiliki beberapa atraksi daya tarik wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Hal itu membuat kita bisa melakukan banyak aktivitas di Monas seperti berolahraga, mengunjungi Museum Sejarah Nasional, naik ke puncak monas, melihat relief sejarah nasional, dan menyaksikan keindahan warna-warni sorot lampu dari air mancur menari. 

Hasil gambar untuk jogging di monas

(gambar: https://mancode.id/)

Kawasan Monas ini menempati lahan yang begitu luas dengan luas mencapai 80 hektare. Jadi tak aneh jika banyak para pengunjung yang memaksimalkan luas lahan Monas ini dengan berolahraga. Para pengujung bisa bersepeda atau lari kecil mengitari Monas. Kawasan ini juga dilengkapi dengan lapangan basket dan voli sehingga para pengunjung bisa bermain basket dan voli dengan timnya masing-masing. 

Hasil gambar untuk museum sejarah nasional mommiesdaily

(gambar: https://mommiesdaily.com/)

Setelah memasuki ke dalam Monas, kalian akan disambut dengan Monumen Sejarah Nasional. Monumen ini berada tepat dibawah Monas, yaitu 3 meter di bawah permukaan tanah. Museum yang luasnya sekitar 1600 meter persegi ini memiliki interior berupa dinding dan lantai yang terbuat dari marmer. Ruangan ini bisa menampung hingga 500 pengunjung. Museum ini berceritakan tentang sejarah perjalanan negara Indonesia dari zaman prasejarah hingga masa order baru. 

Hasil gambar untuk teropong puncak monas

(gambar: https://republika.co.id/)

Hati kalian akan dibuat berdecak kagum dengan melihat keindahan Kota Jakarta dari puncak Monas. Kalian akan menaiki lift dari lantai dasar menuju ke puncak Monas. Karena puncak Monas ini hanya dapat menampung 50 wisatawan, jadi diharapkan harus siap mengantre jika ingin naik ke puncak Monas. Di sini, kalian akan meliahat Kota Jakarta dari segala penjuru. Gedung-gedung tinggi, Masjid Istiqlal, Stasiun Gambir, dan lain-lainnya dapat disaksikan dengan mata secara langsung. Di sini juga tersedia teropong yang berfungsi untuk melihat lebih dekat lagi pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. Jam operasional lift tugu Monas ini memiliki 2 sesi yaitu sesi pertama beroperasi pada pukul 08.00-16.00 dan sesi kedua dimulai pada pukul 19.00-22.00.  Pada jam 16.00 hingga 19.00 lift tugu Monas akan diistirahatkan sementara supaya penggunaan lift di tugu Monas ini lebih lama umurnya. 

Hasil gambar untuk relief monas indravedia

(gambar: http://www.indravedia.com/)

Kalian juga dapat mendapati hasil karya seni terletak di setiap sudut area teras tugu Monas. Kehadiran patung-patung tokoh bangsa seperti R.A Kartini, M.H. Thamrin, Pangeran Diponegoro, dan Chairil Anwar semakin mempercantik area tugu Monas. Selain itu, terdapat juga relief timbul yang bercerita tentang bangsa Indonesia mulai dari Majapahit hingga meraih kemerdekaan. 

Hasil gambar untuk air mancur monas merdeka

(gambar: https://ozip.com.au/)

Ada satu lagi yang semakin membuat Monas wajib untuk dikunjungi yaitu atraksi air mancur Monas. Atraksi air mancur Monas diselenggarakan setiap hari Sabtu dan Minggu malam dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertamanya berlangsung pada pukul 19.30 dan sesi keduanya dimulai pada pukul 20.30. Atraksi air mancur ini kembali beroperasi lagi setelah sebelumnya mengalami kerusakan pada tahun 2009. Kalian akan menyaksikan semprotan-semprotan air yang menari seolah-olah mengikuti irama musik yang ada. Tarian air mancur ini diperindah juga dengan sorotan warna-warni sinar laser. Lagu yang diputar adalah lagu-lagu nasional dan daerah yang diaransemen oleh komposer kenamaan Indonesia, yaitu Addie MS. 

Hasil gambar untuk lenggang jakarta monas

(gambar: https://travel.detik.com/)

Di area Monas, juga tersedia area kuliner yang bernama Lenggang. Kalian akan menemukan makanan khas dari daerah-daerah di Indonesia seperti dari Betawi, Sunda, Jawa Tengah, dan yang lain-lain. Jadi untuk kalian yang kelaparan tak perlu khawatir lagi karena menu yang disajikan di sini begitu lengkap. 

Hasil gambar untuk loket monas wego

(gambar: https://www.wego.co.id/)

Alat tiket masuk yang digunakan untuk mengunjungi Monas yaitu berupa kartu elektronik yang bernama Jack Card. Kartu ini bisa kalian beli di loket tiket Monas. Nantinya kartu ini juga bisa digunakan untuk naik Trans Jakarta. Harga tiket masuk ke cawan Monas yaitu Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 20.000 untuk dewasa. Bagi kalian yang ingin mencapai puncak Monas, maka akan ada biaya tambahan sebesar Rp. 7.500 untuk dewasa dan Rp. 3.500 untuk anak-anak. Jam buka monas yaitu setiap hari Selasa hingga Minggu dan hari libur pada pukul 08.00-22.00. Pada hari Senin Monas akan libur, dan jika hari Senin tepat dengan hari libur nasional, maka Monas akan tetap buka.

Hasil gambar untuk busway monas

(gambar: https://bisniswisata.co.id/)

Karena letaknya yang berada di pusat Kota Jakarta, Monas sangat mudah untuk diakses dengan berbagai macam moda transportasi. Para pengunjung bisa menggunakan KRL dan turun di Stasiun Gondangdia. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek online. Atau kalian juga bisa memanfaatkan Trans Jakarta sebagai alat transportasi pilihan kalian ke Monas. Kalian akan bisa langsung turun di depan pintu gerbang Monas jika menggunakan Trans Jakarta jurusan Pulo Gadung atau Blok M.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.