Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Sea World Ancol, Wisata Bahari Yang Dikemas Dengan Edukasi
Tags : ##seaworld #wisatabahari #laut #ikanlaut #wowtripid

Berlibur memang sebuah aktivitas yang mengasyikkan dan dapat melepaskan penat dari kegiatan sehari-hari. Namun, liburan masa kini juga harus diimbangi dengan sisi edukasi yang interaktif. Jadi destinasi dengan konsep edutainment atau gabungan antara pendidikan dan hiburan sudah harus menjadi salah satu tujuan wisata kalian apalagi jika kalian berlibur dengan keluarga. Salah satu representasi tempat wisata yang memiliki unsur edutainment seperti ini adalah Sea World Ancol.

Hasil gambar untuk sea world tirto

(gambar: https://tirto.id/)

Sea World merupakan salah satu objek wisata favorit di kawasan Ancol, Jakarta. Sea World ini bukan hanya sekedar tempat wisata. Dibukanya Sea World, diharapkan tujuan dari Sea World yaitu hiburan, edukasi biota laut, dan juga konservasi dapat tercapai. Sea World hadir dengan 3 zona perairan yang berbeda yaitu zona air tawar, zona pesisir, dan zona perairan laut. 

Hasil gambar untuk sea world dessydonat

(gambar: https://dessydonat.com/)

Koleksi hewan air tawar maupun air laut di Sea World ini terbilang lengkap. Terdapat sekitar 7300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan air tawar dan 1 jenis reptil. Untuk jumlah koleksi hewan lautnya pun lebih fantastis lagi yaitu terdapat kurang lebih 11.500 biota laut dengan rincian 138 jenis ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil. Semua hewan-hewan tersebut dipajang di 28 akuarium. Ikan air tawar disebar di 9 akuarium dan 19 akuarium untuk ikan air laut. Tak hanya itu, di Sea World juga terdapat 4 kolam terbuka. 

Hasil gambar untuk regional kontan trans jakarta

(gambar: https://regional.kontan.co.id/)

Lokasi Sea World Ancol secara tepat berada di Jalan Lodan Timur No. 7, Pandemangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Perlu kalian ketahui juga bahwa Sea World ini masuk dalam satu kawasan dengan Taman Impian Jaya Ancol atau Dufan. Untuk mencapai ke Sea World, kalian bisa menempuhnya dengan berbagai macam moda transportasi. Jika menggunakan KRL, kalian bisa turun di Stasin Kampung Badan atau Stasiun Jakarta Kota. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau mikrolet. Selain KRL, para wisatawan juga bisa menggunakan Bus Trans Jakarta. Apabila kalian memilih Bus Trans Jakarta sebagai alat transportasi ke Sea World, maka kalian perlu memilih koridor 1 dan koridor 5 yang akan langsung mengantarkan kalian ke depan gerbang Sea World. 

Hasil gambar untuk seaworld portal wisata

(gambar: http://www.portalwisata.com/)

Sea World buka setiap hari dengan rincian waktu yaitu setiap Senin-Jum’at buka pada pukul 09.00-17.00 dan Sabtu-Minggu buka pada pukul 09.00-18.00. Tiket untuk masuk ke Sea World terdiri dari 3 macam. Pertama, tiket reguler pada hari biasa yaitu Rp. 85.000 dan pada akhir pekan yaitu Rp. 105.000. Kemudian ada tiket reguler premium. Untuk tiket reguler premium pada hari biasa maupun akhir pekan akan dikenai tarif yang sama yaitu Rp. 150.000. Kalian juga bisa memesan tiket terusan ke Dufan dengan membayar sebesar Rp. 250.000 pada hari biasa dan Rp. 350.000 di akhir pekan. Ada juga pilihan lain yaitu tiket terusan ke Ocean Dream Samudra dengan membayar Rp. 160.000 di hari biasa dan Rp. 200.00 di akhir pekan. 

Hasil gambar untuk dolan yok kolam sentuh seaworld

(gambar: https://dolanyok.com/)

Apabila kalian berkunjung ke Sea Wolrd, dapat dipastikan kalian tidak akan mati gaya karena di Sea World ini banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan. Diantaranya yaitu memberi makan ke hewan laut. Para pengunjung dapat menyaksikkan aksi para petugas yang sedang memberikan makanan ke hewan laut. Bahkan jika beruntung, kalian pun juga bisa memberi makanan ke hewan-hewan laut ini. Kemudian terdapat satu tempat dimana para pengunjung dapat menyentuh hewan-hewan laut ini. Di sini, para pengunjung dapat menyentuh kura-kura, hiu, dan ikan pari. Harap berhati-hati jika ingin memegang satwa tersebut karena mereka bisa stres atau terluka.

Hasil gambar untuk seaworld liputan6 lifestyle

(gambar: https://www.liputan6.com/lifestyle/)

Selanjutnya, kalian dapat beranjak menuju ke akuarium utama. Akuarium yang menyandang predikat sebagai akuarium terbesar di Indonesia ini menampung berbagai jenis ikan seperti ikan laut yang menggemaskan hingga ikan-ikan yang ganas. Salah satu ikan ganas yang ada di dalam akuarium ini adalah ikan Hiu Perawat Raksasa. Ikan ini bukan hanya ganas, postur tubuh dari ikan ini juga sangat besar dimana panjangnya bisa mencapai 3.5 meter. Hal menarik lainnya di akuarium utama ini adalah aksi dari para penyelam yang memberi makan ke ikan-ikan dimana kita dapat menyaksikan secara lansung dengan jelas dari layar akuairum. 

Wisata Aquarium Terbaik di Dunia yang Indah Tiada Tara

(gambar: https://papamuda.net/)

Menyusuri terowongan bawah laut juga menjadi pilihan dari banyak wisatawan yang berkunjung ke Sea World. Karena bentuknya yang sungguh luar biasa, terowongan ini sering dijadikan oleh para pengunjung untuk berfoto. Ketika memasukki terowongan ini, kalian seolah-olah seperti berjalan di dalam laut namun tidak merasakan basah sama sekali. Kalian akan dengan mudah menemukan biota-biota laut yang sungguh indah dengan balutan terumbu karang yang rapi. Terowongan ini juga dilengkapi dengan informasi tentang bioata laut yang ada di dalam akuarium. 

Hasil gambar untuk glow teater native seaworld

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Berikutnya, kalian bisa menikmati pertunjukkan film edukasi laut di Glow Theater. Tempat ini sangat pas dikunjungi ketika kalian sudah menyusuri seluruh bagian di Sea World. Setelah merasa lelah berjalan, saatnya kalian beristirahat sejenak sambil menonton film edukasi laut yang tak kalah menairknya. Film animasi laut yang mengedukasi seperti Sea Turtle kerap kali mengisi layar teater ini. Pada saat lampu dimatikan dan film dimulai, muncul lah sinar-sinar lampu dengan warna cantik di dalam teater ini.

Hasil gambar untuk sea world food court megapolitan

(gambar: https://megapolitan.kompas.com/)

Kalian pun juga tidak perlu bingung untuk mencari makanan karena di dalam sea World terdapat banyak sekali warung-warung makanan yang menjual makanan khas nusantara. Harganya yang tidak terlalu mahal dan rasanya yang lezat membuat kita untuk mampir ke salah satu warung penjual makanan. Tak hanya itu, kalian juga bisa membawakan kenang-kenangan berupa souvenir khas Sea World. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.