Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menambah Wawasan Antariksamu, Ayo ke Planetarium Jakarta!
Tags : #planetarium #jakarta #antariksa

Planetarium merupakan sebuah tempat yang cocok bagi kalian yang ingin belajar tentang jagat raya alam semesta. Planetarium hadir dengan sajian peragaan simulasi dan pertunjukkan benda-benda langit. Selain mengedepankan sisi edukasi terutama di bidang astronomi, Planetarium juga mengemas wisata astronomi ini dengan hiburan yang menarik. Sehingga para pengunjung akan tertarik belajar astronomi dan tidak merasa bosan. Dengan adanya planetarium, diharapkan generasi muda bangsa mampu berpartisipasi dalam meningkatkan ilmu pengetahuan astronomi. 

(gambar: https://travelspromo.com/)

(gambar: http://lisbeth-simanjuntak.blogspot.com/)

Lokasi Planetarium Jakarta berada di Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Karena lokasinya yang berada di pusat Kota Jakarta, Planetarium ini sangat mudah untuk kalian kunjungi. Kalian yang berangkat dari Bekasi atau Bogor, gunakanlah KRL dengan tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota. Turun lah di Stasiun Cikini. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan Metronmini no. 17 atau ojek online yang sudah kalian pesan di dekat stasiun. Jarak dari Stasiun Cikini dengan Planetarium hanya 1 km.

Pengunjung beraktivitas di ruang pameran di Planetarium, kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

(gambar: https://www.republika.co.id/)

Planetarium ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu. Pada hari biasa, museum ini akan dibuka mulai dari jam 15.30 – 18.00 dan pada akhir pekan pada pukul 08.00 – 15.00. Jam buka di atas merupakan jam operasional museum untuk perorangan. Apabila kalian datang rombongan, maka jam bukanya dimulai dari jam 09.00 – 14.30. 

(gambar: https://myeatandtravelstory.wordpress.com/)

Harga tiket masuk ke dalam Planetarium yaitu Rp. 7.000 untuk anak-anak usia 2 tahun hingga sekolah dasar dan Rp. 12.000 bagi anak usia SMP hingga dewasa. Selain itu, terdapat juga tiket rombongan dengan harga Rp. 500.000 per 100 orang untuk pelajar. Sedangkan Rp. 1.000.000 adalah biaya yang dikenakan kepada pengunjung rombongan dengan kategori umum.

Planetarium ini merupakan planetarium pertama di Asia Tenggara.

(gambar: https://bobo.grid.id/)

Planetarium jakarta ini dibangun oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Beliau mengharapkan dengan hadirnya planetarium ini, maka para generasi bangsa mampu mengenali benda-benda langit dan peristiawa apa yang terjadi di luar sana. Dibangun mulai dari tahun 1964, museum ini akhirnya diresmikan pada tanggal 10 November 1964 oleh gubernur Jakarta pada waktu itu yaitu Ali Sadikin. Namun, pertunjukkan planetarium baru dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 1969. Dan sejak saat itu, tanggal 1 Maret dijadikan sebagai hari ulang tahun dari Planetarium Jakarta.

Planetarium

(gambar: https://intisari.grid.id/)

Para pengunjung yang datang ke Planetarium dapat dipastikan tidak merasakan bosan. Koleksi barang yang dikemas secara atraktif dan adanya suguhan pertunjukkan yang menarik membuat berkunjung ke Planetarium sungguh menjanjikan. Salah satu yang menarik dari Planetarium adalah menyaksikan pertunjukkan teater bintang. Teater bintang merupakan ruangan yang paling tinggi peminatnya di Planetarium. Di sini, kalian akan diajak melihat indahnya panorama malam hari, pembentukkan tata surya, hingga terjadinya gerhana bulan. Kalian akan duduk di sebuah ruangan. Langit teater ini merupakan bagian kubah dari gedung Planetarium. Dari dalam, cekungan kubah ini berfungsi sebagai layar penampil objek-objek langit. Jadi kalian akan menyaksikkan benda-benda langit tepat di atas kalian. Dengan kursi yang disusun seperti bangku yang ada di ruangan bioskop, kalian akan sangat nyaman dan menikmati pertunjukkan di teater bintang selama 60 menit. 

teater bintang 2

(gambar: busbluestar.co.id)

Sayangnya jadwal penayangan di teater bintang ini tidak selalu ada setiap saat.  Bagi kalian yang datang perorangan, kalian hanya dapat menonton pertunjukkan ini pada akhir pekan atau hari libur nasional pada pukul 09.00, 12.00, dan 15.00. Sedangkan yang datang secara rombongan, para pengunjung dapat menikmati pertunjukan teater bintang setiap hari Selasa-Minggu jam 09.00 dan 13.30. Selain itu, penayangan video di teater ini akan dimulai jika pengunjung sudah melebihi batas minimal yaitu 50 orang satu sesinya. 

planetarium-jakarta-teleskop-observatorium

(gambar: https://wisatabagus.com/)

Planetarium juga dilengkapi dengan teleskop observatorium yang berfungsi untuk mengobservasi atau mengamati benda-benda langit. Teleskop ini diletakkan di atas atap dari Planetarium. Selain itu, masih ada kurang lebih 10 teleskop yang dipajang di museum. Terdapat teleskop Teleskop ASKO yang biasanya digunakan unutk menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri. Teleskop ini menggunakan cermin dengan diameter 31 cm. Ada juga teleskop jenis reflektor Newtonian yang memiliki diameter 16 cm atau biasa disebut dengan Teleskop Takahashi.

Image result for teropong planetarium kumparan

Jika kalian datang pada saat yang tepat, kalian bisa melihat langsung fenomena alam melalu teropong yang ada. Teropong-teropong yang ada di Planetarium memang masih sering digunakan untuk melakukan pengamatan aktivitas benda-benda langit. Biasanya akan ada banyak para peneliti yang mengamati di Planetarium. Kalain pun tidak dipungut biaya lagi jika ingin menyaksikan fenomena alam di langit.

Image result for planetarium travelspromo

(gambar: https://travelspromo.com/)

Kalian pun bisa mendapatkan informasi tentang astronomi mulai dari alat-alat, bintang, meteor dan lain-lain di ruang pameran Planetarium. Ruang pameran ini terletak di lantai 1 Planetarium. Tak hanya barang koleksi, di sini juga ditampilkan mini teater atau diorama tentang film astronomi dengan tujuan akan menambah wawasan ilmu pengetahuan sains para pengunjung, khususnya di bidang astronomi. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.