Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Keindahan Karimun Jawa Hingga Dijulukki
Tags : #karimunjawa #alamlaut #penyu

Terletak di sekitar 90 km dari barat laut lepas pantai utara Jepara, Kepulauaan Karimun Jawa dikelilingi oleh karang-karang yang semakin mempercantik ekosistem bawah laut Karimun Jawa. Hamparan pantai pasir putih yang bersih, berenang di air laut yang cukup tenang, menyelami indahnya bawah laut, dan bersantai dengan damainya alam Karimun Jawa semakin yakin dengan tempat ini yang pantas menyandang julukan The Carribiens of Java.

Hasil gambar untuk kapal ke karimun jawa

(gambar: https://radarkudus.jawapos.com/)

Karimun Jawa secara administratif berlokasi di Kabupaten Jepara. Karimun Jawa dapat ditempuh menggunakan kapal dari Semarang dan Jepara. Kalian pun bisa memilih antara kapal cepat atau kapal biasa. Tentu tarif kedua kapal ini berbeda. Kapal biasa hanya mematok tarif sebesar Rp. 60.000 sedangkan kapal ceepat mematok harga Rp. 150.000 Apabila kalian ingin menggunakan kapal cepat, kalian harus perhatikan jadwal berangkatnya. Kapal cepat ini berangkat hanya sekali dalam seminggu. Biasanya kapal cepat berangkat hari Sabtu dan siap menjemput kalian pada hari Minggu esoknya. Kapal biasa berlayar selama 6 jam sedangkan kapal cepat hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai ke Karimun Jawa. Perjalanan kapal-kapal ini bergantung dengan situasi cuaca yang ada. Apabila cuaca tidak memungkinkan, maka perjalanan kapal-kapal ke Karimun Jawa akan ditunda sementara.

Hasil gambar untuk pesawat ke karimun jawa

(gambar: https://www.nasirullahsitam.com/)

Selain menggunakan kapal, kalian juga bisa menggunakan pesawat terbang untuk menuju ke Karimun Jawa. Pesawat terbang ini berangkat dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewa Daru di Pulau Kemujan. Waktu yang dibutuhkan untuk terbang ke Karimun Jawa hanya 30 menit saja. Walaupun dapat ditempuh dalam waktu yang cepat, pesawat masih kalah favorit dengan kapal sebagai alat transportasi ke Karimun Jawa.

Hasil gambar untuk travelling and lifestlyes karimun jawa

(gambar: http://travellingandlifestylee.blogspot.com/)

Kepulauan Karimun Jawa ini terdiri dari 17 pulau dan hanya 5 pulau saja yang berpenghuni. Pertama ada Pulau Karimun Jawa dimana pulau ini merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Lalu ada Pulau Kemujan. Di pulau ini lah Bandara Dewa Daru dibangun. Pulau-pulau selanjutnya yaitu Pulau Nyamuk, Pulau Parang, dan Pulau Genting.

Hasil gambar untuk tribun wisata karimun jawa

(gambar: https://www.tribunwisata.com/)

Pesona alam Karimun Jawa memang sangat sayang apabila kalian lewatkan. Para pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan wisata bahari. Kalian dapat berlabuh ke Pulau Menjangan dimana pulau ini terdapat penangkaran hiu sirip putih dan hiu sirip hitam. Letak Pulau Menjangan ini pun sangat dekat dengan Pelabuhan Karimun Jawa yaitu hanya sekitar 1 km. Apabila kalian berani, kalian bisa berenang bersama hiu hiu di sini atau pun memasukkan sebagian kaki kalian ke dalam kolam. Tidak perlu khawatir, hiu di dalam penangkaran ini sudah jinak.  

Hasil gambar untuk travel tribun news karimun jawa snorkeling

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Selanjutnya, kalian bisa menyelami lautan Karimun Jawa yang eksotis untuk sekedar melihat dan menyawa penghuni bawah laut Karimun Jawa yaitu ikan-ikan dan terumbu karang. Kalian akan menemui banyak sekali jenis dari biota laut di sini seperti 11 spesies lamun (sejenis rumput laut yang hidup di dasar laut), 9 spesies rumput laut, dan 444 spesies ikan. Dan terumbu karang yang ada di laut Karimun Jawa terdapat 176 spesies.

Hasil gambar untuk travel tribun news karimun jawa bakau

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Karimun Jawa juga menjanjikan kalian pesona bakau yang begitu indah. Di pulau utamanya yaitu Pulau Karimun Jawa, kalian bisa menelusuri hutan bakau seluas 10,5 kilometer persegi. Jaraknya yang dekat dengan pelabuhan, membuat hutan bakau ini dapat kalian kunjungi dengan hanya berjalan kaki atau mengayuh sepeda. Ketika memasuki kawasan hutan bakau, kalian akan disambut dengan pepohonan bakau yang rimbun dan ikan-ikan kecil yang berenang di bawah pohon. Jalan setapak yang terbuat dari kayu bakau yang mati dan rute yang berkelok-kelok akan membawa kita jauh ke dalam hutan bakau ini. Di hutan bakau ini lah, hidup sekitar 25 spesies mangrove dari total 45 spesies mangrove yang ada di dunia. Ketika berada di dalam hutan bakau, kalian juga dapat menjumpai kera atau pun burung-burung yang berkiacauan.

Hasil gambar untuk mytrip123 karimun jawa souvenir

(gambar: https://mytrip123.com/)

Tak hanya menyuguhkan keindahan alamnya, wisata industri kreatif juga dapat kalian temui di Karimun Jawa. Banyak dari masyarakat Karimun Jawa yang membuat berbagai macam produk kerajinan tangan yang dapat kalian bawa sebagai buah tangan dari Karimun Jawa. Prdouk kerajinan tangan ini berupa kapal otok-otok, miniatur mobil, tasbih yang terbuat dari kayu dewadaru, tongkat dan keris. Kalian juga bisa membeli berbagai cemilan khas Karimun Jawa seperti kerupuk kepiting, kerupuk rumput laut, dodol, dan sirup.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.