Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Derawan, Pulau Kecil Menawan Andalan Pariwisata Kalimantan Timur
Tags : #pulau #pantai #kalimantan #borneo

Siapa sangka jika di Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan ibukota Indonesia di masa depan memiliki keindahan alam yang tak kalah jauh dengan daerah lainnya. Salah satu wisata alam yang menjadi kebanggan warga Kalimantan Timur adalah Pulau Derawan. Pulau Derawan merupakan pulau kecil yang sungguh menawan dan kaya akan biota lautnya. Pulau Derawan ini juga dijuluki sebagai The Pristine Island karena ekosistem alam laut maupun daratan di pulau ini masih sangat terjaga. Bahkan pemerintah Indonesia telah mendaftarkan Pulau Derawan sebagai salah satu warisan dunia kepada UNESCO. 

Hasil gambar untuk pulau derawan pemerintahprovinsi

(gambar: https://kaltimprov.go.id/)

Hasil gambar untuk pulau derawan hipwee boat

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Secara administratif, Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan dapat diakses dengan menggunakan jalur udara, darat hingga laut. Jika kalian datang dari luar pulau, maka kalian bisa terbang menggunakan pesawat menuju ke Bandara Internasional Sepinggan. Setelah itu, kalian lanjutkan perjalanan menggunaakan jalur udara lagi. Kalian akan dibawa dengan menggunakan pesawat menuju Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau. Setelah itu, perjalanan akan dilanjutkan melalui jalur darat menggunakan mobil sewaan untuk menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Kemudian, kalian akan menyewa speed boat untuk pergi ke Pulau Derawan. Harga sewa speed boat akan lebih murah jika kalian berangkat secara rombongan.

Hasil gambar untuk pulau derawan hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Ketika kalian sampai di Pulau Derawan, kalian akan disambut dengan pantai pasir putih lembut yang begitu luas. Pulau Derawan yang luasnya hanya 1,3 hektar saja ini memiliki air laut yang sangat jernih. Bahkan pada saat cuaca cerah, kalian bisa melihat kedalaman air laut Derawan hingga 25 meter dalamnya.

Hasil gambar untuk pulau derawan hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Karena kejernihan airnya, Pulau Derawan memiliki beberapa spot diving dan snorkeling yang pemandangan bawah lautnya dapat memukau perasaan kita. Bukan rahasia lagi memang jika Pulau Derawan ini menjadi incaran para penyelam kelas dunia. Ketika menyelam di perairan ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan terumbu karang yang masih alami dan juga ikan-ikan laut yang jarang kita jumpai sering berlalu lalang di sekeliling kita. Hal ini disebabkan Pulau Derawan adalah pulau yang memiliki kekayaan bawah laut nomor dua setelah Raja Ampat. Tercatat, ada sekitar 870 jenis biota laut yang ada di Pulau Derawan seperti ikan pari, lumba-lumba, barakuda, hingga hiu. Apresiasi juga harus kita berikan kepada warga lokal yang selalu menjaga keindahan dan eksistensi terumbu karang maupun ikan-ikan laut yang ada.

Hasil gambar untuk pulau derawan pinterest sunset

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Selain melakukan aktivitas yang berhubungan dengan laut, kalian juga bisa menikmati keindahan pantai dengan jalan-jalan di bibir pantai atau duduk-duduk di pasir putih pantai. Bersantai di pantai ini mampu menghilangkan stres dan penat kita akan pekerjaan atau urusan lainnya. Kalian bisa juga berfoto ria dengan latar belakang laut yang biru atau menyaksikan pemandangan sunset pantai yang begitu khas.

Hasil gambar untuk pulau derawan republika coid penyu

(gambar: https://www.republika.co.id/)

Tak hanya terkenal dengan pesona surga bawah lautnya, Pantai Derawan juga terkenal akan konservasi penyu hijaunya. Di pulau ini lah penyu-penyu hijau dirawat dengan baik. Para wisatawan yang berkunjung bisa melihat penyu-penyu ini bertelur pada malam hari. Dan apabila kalian datang di waktu yang pas, kalian juga akan diberikan kesempatan melepaskan anak penyu atau biasa kita sebut tukik ke perairan lepas. Konservasi penyu hijau ini sangat berpengaruh dalam menjaga populasi penyu itu sendiri. Dengan adanya konservasi ini, maka kemungkinan penyu mati setelah menetaskan telur menjadi lebih sedikit.

Hasil gambar untuk souvenir khas derawan

(gambar: https://www.cheria-travel.com/)

Kalian juga tak perlu khawatir kesusahan dalam mencari buah tangan khas Pulau Derawan. Masyarakat Derawan atau Suku Bajou telah membuat berbagai cinderamata menarik yang bisa kalian bawa pulang. Harga yang dipatok pun juga cukup terjangkau. Kalian juga bisa melakukan interaksi dengan warga Suku Bajou karena mereka sangat ramah kepada turis-turis yang berdatangan.

Hasil gambar untuk penginapan di derawan anekawisataseru

(gambar: https://www.anekawisataseru.net/)

Bicara tentang fasilitas terutama tempat menginap, Pulau Derawan sudah dilengkapi dengan hotel-hotel yang bagus. Hotel dengan biaya sewa paling mahal hingga yang paling murah bisa kalian temukan di Pulau Derawan. Jadi tinggal sesuaikan dengan ukuran kantong kalain.

Hasil gambar untuk seafood udang borukaro

(gambar: https://www.borukaro.com/)

Pulau Derawan, pulau yang terkenal akan keindahan bawah lautnya ini juga menyimpan ragam kuliner khas yang menggugah selera. Di sini, kalian bisa menjumpai berbagai olahan laut yang diasinkan seperti kima-kima, kalabutan, dan ikan asih. Kima-kima adalah jenis olahan laut seperti kerang yang diolah seperti ikan asin. Sedangkan kalabutan adalah sejenis cumi-cumi yang memiliki ukuran lebih besar. Pengolahan pun juga sama dengan kima-kima yaitu dijemur terlebih dahulu lalu diasinkan. Kuliner-kuliner ini lah yang semakin membuat kita penasaran akan keindahan Pulau Derawan yang eksotis.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.