Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menelisik Sejarah Kalimantan Timur di Museum Mulawarman
Tags : #kutaikartanegara #borneo #dayak #mahakam

Eksistensi dari Museum Mulawarman memang terkadang sering kalian lupakan. Padahal musuem ini merupakan sebuah tempat dimana kalian bisa belajar tentang sejarah nasional bangsa, khususnya Kalimantan Timur. Di museum ini lah, kalian juga mendapatkan wawasan tentang Kerajaan Kutai yang dulu pernah berjaya selama 700 tahun lamanya. Museum ini nampaknya harus masuk ke dalam destinasi wisata pilihan kalian jika berada di Kalimantan Timur, khususnya di Kutai Kartanegara.

Hasil gambar untuk museum mulawarman adventure journal

(gambar: https://tibberlone.wordpress.com/)

Hasil gambar untuk museum mulawarman cagar budaya kemdikbud

(gambar: https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id/)

Museum Mulawarman berdiri di tepi sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Mahakam atau lebih tepatnya di Jalan Tepian Pandan,Kecamtan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Musuem ini sejatinya dapat ditempuh dengan menggunakan kenaraan jenis apa pun karena jalanan menuju ke lokasi sudah luas dan mulus. Apabila kalian dari Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan, maka kalian akan menempuh jarak yang lumayan jauh untuk sampai di Museum Mulawarman yaitu sekitar 121 km. Namun apabila kalian melakukan penerbangan ke Samarinda, maka jarak jalur darat yang akan ditempuh hanya 54 km.

Hasil gambar untuk museum mulawarman jefrihutagalung

(gambar: https://jefrihutagalung.wordpress.com/)

Museum Mulawarman buka pada setiap hari kecuali hari Jum’at. Jam operasional museum yaitu dimulai dari jam 08.00 WITA hingga jam 15.00 WITA. Tiket masuk mengunjungi museum pun sangat terjangkau bagi semua kalangan. Dengan membayar Rp. 3.500 untuk dewasa, Rp. 1.500 untuk anak-anak, dan Rp. 5.000 untuk wisatawan asing, para pengunjung sudah bisa melihat secara langsung koleksi dan kemegahan gedung museum.

Hasil gambar untuk museum mulawarman tribuntravel

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan sebuah bangunan dari Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara yang didirikan pada tahun 1932 oleh Pemerintah Belanda. Lalu, bangunan ini diserahkan kepada Sultan Adji Muhammad Parikesit.  Pada tahun 1935. Konstruksi bangunan ini berbeda dengan bangunan istana yang lain pada zaman itu. Jika pada zaman dahulu banyak istana yang menggunakan  kayu sebagai bahan konstruksinya, maka gedung Museum Mulawarman ini dibangun dengan konstruksi beton. Penggunaan beton ini ditujukan untuk mengurangi pelapukan yang terjadi pada konstruksi kayu. Dengan menggunakan konstruksi beton, keraton atau saat ini menjadi museum tampil lebih modern dari istana keraton yang lainnya.

Museum Mulawarman

(gambar: http://www.getborneo.com/)

Terdapat patung-patung yang semakin membuat area di museum ini lebih indah. Kalian bisa temukan patung berbentuk ular lembuh, pesut, dan buaya yang berada di sekitar gerbang masuk museum. Selain itu, ada juga patung yang sangat identik dengan Kerajaan Kutai yaitu duplikat dari patung berbentuk lembu suana. Lembu suana merupakan lambang dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Lembu Suana merupakan perwujudan dari lembu yang bermuka gajah, bersayap burung, bertanduk seperti sapi, bertaji dan berkukuh seperti ayam jantan, berkepala raksasa.

Hasil gambar untuk museum mulawarman indonesia kaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Museum Mulawarman memiliki banyak sekali barang koleksi. Tercatat, museum ini memiliki kurang lebih 5373 koleksi benda bersejarah yang terdiri dari berbagai jenis. Dengan banyaknya koleksi yang ada di museum ini, Museum Mulawarman menjadi salah satu museum dengan barang koleksi terlengkap di Indonesia. Kalian akan menjumpai koleksi barang seperti keramik cina di lantai 1 dan barang koleksi yang bercorak kesenian di lantai 2.

Hasil gambar untuk museum mulawarman singgasana get borneo

(gambar: http://www.getborneo.com/)

Salah satu barang koleksi yang selalu memikat hati para pengunjung adalah singgasana. Singgasana merupakan tempat duduk raja kala itu. Model singgasana yang terdapat di museum ini lebih condong ke Eropa karena singgasana ini dibuat oleh seorang berkebangsaan Belanda yaitu Ir. Vander Lube pada tahun 1935. Vander Lube membuat singgasana ini dari kayu. Lalu dia memberi lapisan yang berisi kapuk dan dibungkus dengan kain berwarna kuning.

Hasil gambar untuk museum mulawarman tribun kaltim makam

(gambar: https://m.tribunnews.com/)

Selain menyaksikkan secara langsung koleksi yang ada di Museum Mulawarman, kalian juga bisa mengunjungi makan para raja-raja Kutai yang berada di sebelah kanan gedung inti museum. Saat pertama kali menuju ke musuem ini, kalian akan disajikan dengan silsilah raja Kutai mulai dari era pertama yang masih memeluk agama Hindu hingga raja Kutai saat ini yang menganut agama Islam. Pada area makam Sultan ini, tidak hanya terdapat makam para raja. Para keluarga hingga kerabat dekat raja pun juga dimakam kan di sekitar area makam raja.

Setelah kenyang dengan informasi tentang Kalimantan Timur, kalian juga bisa membeli berbagai souvenir khas Kalimantan Timur. Di area seluas 2270 meter persegi, berdiri lah banyak kios yang menjual pernak-pernik khas Kalimantan Timur seperti kaos dengan corak Kaltim, perisai khas Suku Dayak, gantungan kunci, hingga batik dengan corak Kalimantan Timur. Dengan harga yang bervariasi, kalian tentu bisa memilih souvenir yang pas untuk dibawa pulang.

Hasil gambar untuk nasi bekepor

(gambar: https://m.kaskus.co.id/)

Setelah mengeksplor seluruh bagian Museum Mulawarman, jangan cepat-cepat beranjak dari Tenggarong dulu karena kuliner khas Tenggarong siap menantimu. Kalian bisa cicipi berbagai macam kuliner khas Tenggarong seperti pepes kepiting soka cangkang lunak. Olahan seafood kepiting yang dipepes dan menairknya lagi cangkang kepiting ini dapat kalian nikmati juga. Selanjutnya ada juga nasi bekepor. Nasi bekepor merupakan nasi liwetnya orang Kalimantan. Nasi bekepor ini disajikan dengan taburan bumbu kaya rempah di atasnya. Rasanya yang unik dan lezat pastinya akan membuat kalian ingin mencicipi lagi dan lagi.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.