Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Garuda Wisnu Kencana, Taman Budaya Kelas Internasional Ikon Baru Pulau Bali
Tags : #budaya #garudawisnukencana #bali #dewata

Garuda Wisnu Kencana atau yang akrab kita kenal dengan GWK adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan. GWK ini mempunyai daya tarik tersendiri yang wajib kita kunjungi. Daya tarik yang paling menonjol dari kawasan wisata GWK tentunya adalah patung raksasa yang berbentuk Batara Wisnu yang sedang menunggangi garuda sebagai simbol kebajikan yang abadi. Patung dengan tinggi 150 meter dan bentangan sayap garuda yang mencapai 64 meter ini merupakan sebuah karya dari pematung terkenal asal Bali yaitu Nyoman Nuarta. Patung yang terbuat dari 4000 ton tembaga dan kuningan ini selesai digarap pada tahun 2018 setelah dibangun kembali sejak 2013. Yang menariknya lagi, tinggi dari patung ini melebihi patung “Liberty” yang ada di Amerika Serikat. Jadi tidak heran jika patung GWK dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh. 

(gambar: https://www.suaramerdeka.com/)

Hasil gambar untuk garuda wisnu kencana travelblog

(gambar: https://www.travelblog.id/)

Untuk mencapai ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, kalian bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti mobil sewaan, taksi offline, maupun taksi online. Berlokasi tak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali yaitu hanya 12 kilometer, membuat GWK harus menjadi bagian dari destinasi kalian jika berada di Bali. Selain itu, jarak antara GWK dengan ibukota Provinsi Bali, Denpasar hanya 40 kilometer. Sesampainya di GWK, kalian akan disambut dengan taman yang indah sekali. Untuk menikmati kemegahan patung GWK dan melakukan aktivitas-aktivitas menarik di GWK, para wisatawa harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 125.000 untuk dewasa dan Rp. 100.000 untuk anak-anak. 

Hasil gambar untuk garuda wisnu kencana bebek bengil

(gambar: https://bebekbengil.co.id/)

Selain patung Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda, daya tarik wisata yang bisa kalian nikmati di GWK adalah mengambil gambar di Lotus Pond. Lotus Pond adalah sebuah area dimana terdapat lapangan yang memanjang dan luas. Hal menariknya adalah Lotus Pond ini dibatasi dengan dinding-dinding berlumut yang terbuat dari batu kapur sehingga menimbulkan kesan berada di suatu tempat yang berbeda. Di Lotus Pond ini lah, sering diselenggarakan acara kesenian seperti tari-tarian dan musik mulai dari kelas regional, nasional, hingga internasional. Salah satu contoh festival musik terkenal yang diselenggarakan di GWK adalah Djakarta Warehouse Project, salah satu event musik dansa tahunan terbesar di Asia. 

Hasil gambar untuk tari barong wira rental mobil

(gambar: https://www.rentalmobilbali.net/)

Kesenian tradisional juga akan selalu ditampilkan di kawasan GWK karena sudah menjadi komitmen sendiri bagi GWK bahwa pembangunan kawasan ini memang  untuk menunjukan eksistensi kesenian lokal kepada perhatian nasional bahkan internasional. Adapun beberapa contoh kesenian lokal yang ditampilkan secara berkala di GWK adalah tari Bali, tari Keris Barong, tari Nusantara, tari Kecak, dan tari balet Garuda Wisnu. Kesenian ini dipentaskan di sebuah tempat yang bernama “Parade Street Theater”. 

Hasil gambar untuk gwk diobrolin

(gambar: https://www.diobrolin.com/)

Setelah menikmati kekayaan seni Bali, kalian bisa mampir di Taman Indraloka. Taman Indraloka ini berada di ketinggian 235 meter di atas pemukaan laut. Karena itu lah, kalian bisa memandangi panorama kota dan pantai dari ketinggian ditemani dengan hembusan angin yang begitu menyejukkan suasana. Di taman ini, juga biasa diselenggarakan kegiatan berskala kecil seperti pesta hingga upacara pernikahan. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.