Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pura Uluwatu, Berdiri Kokoh di Atas Tebing Karang Dengan Samudra Hindia di Bawahnya
Tags : #pura #budaya #tebing

Berkunjung ke Pura Uluwatu merupakan keinginan bagi semua wisatawan yang datang ke Bali. Karena letaknya berada di ketinggian yang mencapai 97 meter, pura ini dinamakan uluwatu yang berarti puncak batu karang. Pura yang berada di atas batu karang ini menyimpan pemandangan yang eksotis dan suasana yang sakral dan religius. Kala sore hari menjelang, kalian akan disuguhkan pancaran sinar matahari kemerahan yang akan terbenam dan hamparan luas laut biru di Samudra Hindia. Bahkan kalian akan dengan mudah melihat para peselancar yang sedang menaklukkan ombak Samudra Hindia dari puncak batu karang ini.

Hasil gambar untuk pura uluwatu balijayatrans

(gambar: https://www.balijayatrans.com/)

Hasil gambar untuk pura uluwatu wira rental mobil

(gambar: https://www.rentalmobilbali.net/)

Pura Uluwatu ini terletak di Desa Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Transportasi umum yang mengantarkan kita ke Pura Uluwatu sangat terbatas. Kita hanya bisa menggunakan taksi untuk pergi ke sana. Untuk memudahkan perjalanan, kalian bisa menyewa mobil dari Denpasar atau dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Harga sewa mobil di Bali berkisar antara Rp. 450.000 – Rp. 500.000 per harinya sudah termasuk BBM dan sopir. Jika ingin pergi ke Pura Uluwatu dan kalian dari Bandara Ngurah Rai, rutenya adalah melewati Jalan By Pass Ngurah Rai. Lalu menuju ke Jl. Raya Uluwatu hingga sampai di Pura Uluwatu.

Hasil gambar untuk pura uluwatu bali travelink

(gambar: https://www.travellink-indonesia.com/)

Untuk memasuki kawasan Pura Uluwatu, wisatawan lokal akan dikenakan tarif sebesar Rp. 20.000 bagi orang dewasa dan Rp. 10.000 bagi anak-anak. Sedangkan wisatawan asing akan dikenakan tarif Rp. 30.000 untuk dewasa dan Rp. 20.000 untuk anak-anak. Selain itu juga ada biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000 dan sepeda motor sebesar Rp. 2.000. Pura Uluwatu buka dari jam 07.00-19.00. Namun, pura ini akan buka selama 24 jam bagi pengunjung yang akan berdoa di pura. 

Hasil gambar untuk pura uluwatu bali wirarentalmobil

(gambar: https://www.rentalmobilbali.net/)

Pura Uluwatu ini sangat suci dan disakralkan oleh banyak penganut agama Hindu di Bali. Pura ini lah yang menjadi tempat pemujaan Empu Kuturan. Empu Kuturan adalah orang yang menurunkan ajaran tentang aturan di desa adat. Kemudian, datanglah Sang Hyang Niratha. Sang Hyang Niratha merupakan seorang pendeta dan pada akhirnya pura ini dijadikan sebagai tempat pemujaan suci bagi pendeta. 

Informasi dan Tiket Masuk Ke wisata Pura Uluwatu Bali

(gambar: https://www.17sekians.com/)

Sebelum memasuki kawasan pura, para pengunjung akan mengenakan sebuah sarung dan selendang yang mereka dapatkan setelah membayar tiket masuk. Sarung ini dikenakan seperti selayaknya sarung. Lalu, kain selendang yang sudah kalian dapatkan diikat di pinggang kalian. Kalian akan melewati sebuah jalanan setapak yang di kanan kiri penuh dengan pepohonan rindang. Tak hanya pepohonan, sekawanan kera juga akan menjadi pemandangan unik ketika akan menuju ke pura utama.

Hasil gambar untuk pura uluwatu bali sewamotormaticbali

(gambar: https://www.motormaticbali.com/)

Di sini kalian perlu berhati-hati. Bukan karena jalanannya yang susah melainkan kalian akan mendapatkan ancaman pencurian dari kera-kera ini. Hindari untuk membawa barang berharga kalian. Simpan barang berharga kalian ke dalam tas baik-baik sehingga kera-kera ini tidak bisa mengambil barang milik anda. Jika barang anda tercuri oleh kera ini, coba rayu mereka dengan memberikan kacang kepada mereka.

Hasil gambar untuk pura uluwatu bali wisata pulau bali tari kecak

(gambar: https://pulaubali.id/)

Selain melihat keindahan alam dan kemegahan Pura Uluwatu, para pengunjung juga akan disuguhi pertunjukkan Tari Kecak yang dapat membius hati mereka. Tari kecak di Uluwatu ini sangat spesial karena tarian ini diadakan setiap hari pada pukul 18.00-19.00 WITA di pucuk tebing bukit karang ini dimana kalian akan menonton tarian ini sambil menunggu datangnya sunset dan ditemani suara gemuruh ombak. Sungguh ini akan menjadi pengalaman menonton Tari Kecak yang tak bisa kalian dapatkan di tempat lain, kan? Bagi kalian yang ingin menidapatkan pengalaman menonton Tari Kecak seperti itu akan dikenakan tiket masuk menonton sebesar Rp. 100.000.

 

Anantara Uluwatu Bali Resort Mewah dan Berkelas

(gambar: https://jenishotel.info/)

Tak jauh dari Pura Uluwatu, kalian dapat menemui hotel-hotel yang menawarkan pengalaman menginap berbeda seperti pemandangan mengarah ke pantai yang mengagumkan. Selain itu, restoran-restoran dengan makanan kelas internasional maupun yang bernuansa tradisional dapat kalian jumpai di sepanjang jalan menuju Pura Uluwatu. Hal ini tentu memudahkan bagi para pengunjung yang ingin mencari penginapan dengan fasilitas terbaik atau pun berhenti sejenak untuk mengenyangkan perut dengan makanan yang enak.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.