Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Nusa Penida, Pulau Kecil di Tenggara Bali Yang Hadirkan Wisata Lengkap
Tags : #pulau #pantai #tebing

Nusa Penida merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya berada di sebelah Tenggara Pulau Bali. Sama halnya dengan Pulau Bali, Pulau Nusa Penida ini juga menyimpan berbagai macam tempat wisata yang menakjubkan. Dengan luas hanya 202 kilometer persegi, Nusa Penida menjadi alternatif wisata andalan Pulau Bali yang selalu dipadati oleh banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. 

Hasil gambar untuk nusa penida bali tribune news

(gambar: https://bali.tribunnews.com/)

Hasil gambar untuk nusa penida bali watersports bali boat

(gambar: https://www.water-sport-bali.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Nusa Penida ini berada di Luar Pulau Bali. Jadi bagi kalian yang sudah berada di Bali, kalian akan menaiki kapal cepat untuk menuju Nusa Penida. Untuk mendapatkan kapal menuju Nusa Penida, kalian perlu ke Pantai Sanur. Di Pantai Sanur ini lah, diberangkatkan beberapa kapal yang akan menuju ke Nusa Penida. Jika kalian dari Bandara Internasional Ngurah Rai, maka kalian akan menempuh jarak kurang lebih 15 km untuk bisa sampai di Pantai Sanur. Sesampainya di Pantai Sanur, kalian bisa menuju ke dermaga dimana kapal cepat ini berlabuh. Biaya transport menggunakan kapal cepat dari Sanur ke Nusa Penida adalah Rp. 125.00 untuk orang dewasa dan Rp. 85.000 untuk anak-anak. Ingat ya, harga tersebut hanya berlaku untuk sekali perjalanan bukan untuk pulang pergi. 

Hasil gambar untuk nusa penida bali tatkala

(gambar: http://www.tatkala.co/)

Ketika sampai di Nusa Penida, hati kalian akan dibuat berdecak kagum dengan pesona keindahan pulau ini. Di sini, terdapat banyak sekali objek wisata yang dapat kalian kunjungi. Salah satunya yang paling terkenal adalah Broken Beach. Broken Beach merupakan sebuah pantai dimana kalian akan mendapati tebing dengan tinggi mencapai 50 meter yang di tengahnya itu terdapat sebuah lubang berisi air berwarna biru dan jernih. Tempat wisata ini dinamakan Broken Beach karena jika dilihat dari atas, maka akan terlihat seperti sumur yang begitu mempesona. Di sini, kalian bisa menikmati eksotisnya pemandangan yang ditawarkan oleh Broken Beach dengan duduk-duduk santai di atas tebing yang tinggi.

Tak hanya Broken Beach, Nusa Penida ini juga terkenal dengan Angel’s Billabong. Letaknya pun dekat dengan Broken Beach. Kalian tinggal berjalan sekitar 300 meter untuk bisa sampai di Angel’s Billabong. Walaupun jaraknya dekat, kalian harus tetap berhati-hati karena jalanan menuju Angel’s Billabong berupa batuan tebing yang terjal. Kalian pun juga perlu menuruni bukit tebing ini agar dapat sampai di tepi pantainya. Di sini kalian bisa bermain air dan berendam di hangatnya perairan Nusa Penida sembari menikmati keindahan bukit-bukit tebing yang menjulang tinggi di hadapan.

Hasil gambar untuk nusa penida bali we move abroad

(gambar: https://jenniferanandary.com/)

Tidak berhenti di sini, petualangan menjelajahi pantai di Nusa Penida kalian belum selesai. Ada Pantai Kelingking yang siap membuat anda terpesona akan keindahan yang ditawarkan. Di pantai ini, aktivitas favorit yang harus kalian coba adalah bersnorkeling. Keindahan bawah laut Pantai Kelingking ini memang harus diacungi jempol. Terumbu karang yang masih asli dan terawat dan ikan-ikan kecil yang begitu menggemaskan akan menjadi pemandangan menarik bagi kalian yang bersnorkeling di tempat ini. Setelah bersnorkeling ria, kalian juga bisa menikmati indahnya malam Pantai Kelingking. Di sini, sudah tersedia beberapa tempat sewa tenda yang dapat kalian gunakan untuk berkemah di area pantai. Deburan suara ombak dan cahaya bintang tanpa ada yang menghalangi akan menemanimu waktu istirahatmu.

Hasil gambar untuk nusa penida bali thenusapenida goa

(gambar: https://www.thenusapenida.com/)

Selain terkenal akan keindahan pantainya, Nusa Penida ini juga terkenal dengan adanya sebuah goa yang menyimpan begitu banyak mitos. Goa ini bernama Goa Giri Putri. Konon katanya air yang mengalir di dalam goa ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Goa ini juga digunakan oleh umat Hindu untuk bersembahyang. Oleh karena itu goa ini bisa dikatakan goa suci karena wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenakan untuk masuk dan pengunjung yang lain harus menggunakan sarung dan selendang sebelum memasukki Goa Giri Putri. Goa ini berada di ketinggian 150 mdpl dan memiliki panjang sekitar 310 meter. Tak sedikit juga pengunjung yang datang ke sini. Kebanyakan dari mereka ingin berkunjung ke goa ini untuk melihat aktivitas ritual agama yang diadakan oleh umat Hindu. 

Hasil gambar untuk secret penida cafe

(gambar: https://journalistontherun.com/)

Meskipun pulau ini tergolong pulau kecil, namun untuk pembangunan sarana dan prasaranan penunjang seperti hotel dan restoran sudah berkembang pesat di pulau ini. Kalian akan dapat dengan mudah menemui tempat makan mulai dari yang menyajikan menu western hingga menu masakan Indonesia. Salah satu kafe yang menarik perhatian pengunjung adalah Secret Penida Cafe. Cafe ini tidak hanya menyajikan makanan yang lezat, namun kalian akan juga dibuat terpesona dengan desain interior kafe. Sehingga kafe ini memang menjadi salah satu kafe yang instagramable. Menu makanan yang dijual oun uga tidak terlalu mahal yaitu berkisar diantara Rp.30.000 – Rp. 70.000. Dan menu makanan yang disajikan di tempat ini adalah menu makanan western.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.