Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Monumen Bajra Sandhi, Tonggak Sejarah Perjuangan Rakyat Bali
Tags : #museum #pergerakanrakyat #bajrasandhi

Untuk meraih kemerdekaan Bangsa Indonesia saat ini, tentu bukan perkara yang mudah. Segala perjuangan dalam mengusir penjajah agar mencapai kemerdeakaan sudah dilakukan oleh para pejuang terdahulu Bangsa Indonesia. Para tokoh masyarakat berjuang dan menggerakkan seluruh masyarakatnya demi mengusir penjajah. Bentuk perjuangan masyarakat ini tidak hanya terpusat melainkan juga terbentuk di berbagai daerah. Sebut saja Bandung Lautan Api, Surabaya dengan perjuangan rakyatnya yang militan hingga tercetus Perjuangan 10 November, dan tak terkecuali juga adalah perjuangan rakyat Bali atau yang bisa dikenal dengan Pertempuran Puputan.

Hasil gambar untuk museum bajra sandhi airpaz

(gambar: https://blog.airpaz.com/)

Hasil gambar untuk museum bajra sandi bali tribun news

(gambar: https://blog.airpaz.com/)

Perjuangan rakyat Bali itu pun terangkum dalam sebuah bangunan yang berdiri megah di tengah Kota Denpasar yaitu Monumen Bajra Sandhi. Monumen ini dibangun memang untuk mengenang perlawanan rakyat Bali dan juga menghargai perjuangan para pejuang terdahulu. Perjalanan pendirian monumen ini cukup panjang. Diawali dengan terpilihnya rancangan arsitektur karya dari Ir. Ida Bagus Gede Yadnya pada tahun 1981 dalam sebuah kompetisi yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Bali, monumen ini baru terealisasikan pada tahun 1987. Dan pada 14 Juni 2003, Monumen Bajra Sandhi resmi dibuka oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Foto Prewedding di Tol Bali Mandara, Tarif Rp 15 Juta hingga Rp 30 ...

(gambar: https://bali.tribunnews.com/)

Lokasi Monumen Bajra Sandhi ini terletak di tengah kota Denpasar atau lebih tepatnya di Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali. Karena letaknya yang strategis, monumen ini mudah dijangkau dari berbagai penjuru Pulau Bali. Kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Apabila kalian berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, maka kalian akan menempuh jarak sekitar 16 km. Dalam perjalanan ini, kalian akan melewati jalan tol laut yang begitu indah yaitu Jalan Tol Mandara.

Hasil gambar untuk museum bajra sandhi indonesia kaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Monumen Bajra Sandhi ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WITA hingga jam 18.00 WITA. Untuk memasuki monumen ini, kalian akan dikenakan tarif Rp. 25.000 bagi orang dewasa. Sedangkan anak-anak yang masih TK dan SD hanya membayar tarif sebesar Rp. 2.000. Dan yang terakhir yaitu untuk kategori SMP, SMA, dan mahasiswa hanya akan membayar Rp. 5.000. Selain membayar tiket masuk, kalian yang membawa sepeda motor atau mobil juga dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2.000 dan Rp. 5.000. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, diharapkan para pengunjung khususnya anak-anak akan lebih mengenal dan menghargai perjuangan rakyat Bali.

Hasil gambar untuk museum bajra sandhi line today

(gambar: https://today.line.me/)

Detail-detail ornamen khas Bali yang penuh dengan filosofi ini menghiasi bagian luar dari Monumen Bajra Sandhi. Bentuk monumen ini terlihat seperti lonceng pendeta agama Hindu apabila dipandang dari kejauhan. Hal itu juga lah yang membuat monumen ini diberi nama Bajra. Dalam bahasa Bali, Bajra berarti lonceng. Pada bagian atas bangunan ini terdapat sebuah periuk yang merupakan lambang dari Guci Amertha. Begitu memasuki kawasan monumen ini, kalian akan disambut dengan patung berbentuk kepala Naga Basuki dan kura-kura yang dikenal sebagai Bedawang Akupa. Adanya dua patung ini bukan lah tanpa sebab. Dua patung tersebut adalah makhluk yang merupakan sebuah bagian dari cerita mitologi perebutan Tirta Amertha antara kaum Dewa dan kaum Asura.

Hasil gambar untuk museum bajra sandhi pegipegi

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Selain mempresentasikan nilai-nilai dari ajaran agama Hindu, arsitektur bangunan monumen ini juga menyimpan simbol nasionalise. Tercatat, ada 17 gerbang utama dan 8 pilar yang menjadi simbol dari tanggal kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu 17 Agustus. Selain kedua hal tersebut, tinggi keseluruhan monumen ini mencapai 45 meter. Tentu saja, angka 45 ini mrujuk pada tahun kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu 1945.

Hasil gambar untuk museum bajra sandhi indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Tak hanya berfungsi sebagai monumen pergerakan rakyat Bali, monumen ini juga berfungsi sebagai museum. Oleh karena itu Bajra Sandhi ini juga kerap kali disebut dengan museum atau monumen. Kalian akan mendapati 33 diorama tentang perjuangan rakyat Bali dalam meraih kemerdekaan pada lantai 2 museum. Diorama pada museum ini juga akan membawa kalian kembali pada kehidupan masa prasejarah rakyat Bali hingga perjuangan rakyat Bali demi tercapainya kemerdekaan. Diorama ini ditata sesuai dengan urutan peristiwanya secara melingkar dengan searah jarum jam. Pada diorama ini, kalian akan menemui salah satu bentuk perjuangan rakyat Bali yang cukup terkenal yaitu Perang Puputan. Selain Perang Puputan, diorama pada museum ini juga menampilkan peristiwa penyobekan surat Belanda oleh Patih I Gusti Ketut Jelantik hingga peristiwa penyebarluasan berita kemerdekaan Indonesia.

25 Tempat Wisata Bali Keren, Populer & Paling Hits 2019 | jogjaday

(gambar: https://www.jogjaday.com/)

Tak hanya mendapatkan informasi yang tentunya dapat menambah wawasan, kalian juga dapat mengabadikan momen indah kalian di Museum Bajra Sandhi. Di sini, kalian akan menemui beberapa fotografer yang akan memotret momen bahagia kalian selagi di museum. Dengan hanya membayar Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000, kalian bisa langsung membawa hasil jepretan kalian sebagai kenang-kenangan. Monumen ini memang memiliki beberapa spot foto yang instagramable dan sangat sayang apabila hanya dilewatkan begitu saja.

Hasil gambar untuk lumpia bali cendana news

(gambar: https://www.cendananews.com/)

Sebelum memasukki kawasan monumen, kalian akan menemui banyak pedagang makanan dan minuman yang menjual seperti bakso, lumpia, hingga es kelapa muda di sekitar pintu luar monumen. Adanya para pedagang makanan dan minuman ini tentu tidak akan membuat kalian panik karena kelaparan. Selain itu, kalian juga bisa menikmati tempat makanan terkenal seperti Holycow! Steak House atau I am Geprek Bensu di dekat monumen. Kalian hanya butuh menyeberangi Jalan Raya Puputan untuk menemui kedua restoran tersebut.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.