Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Wisata Pantai dan Religi Dapat Kalian Temukan di Satu Tempat, Yaitu Pantai Balekambang
Tags : #pantai #malangselatan #eksotis #pura

Malang dan Batu merupakan dua kota yang penuh dengan tempat wisata asyiknya. Namun, objek wisata yang berada di kedua kota ini kebanyakan berupa wisata buatan seperti Jatim Park atau pun Batu Night Spectacular. Ada pun wisata alam yang tersaji di Malang berupa pegunungan atau perbukitan. Tapi siapa sangka bahwa Malang juga mempunyai destinasi wisata yang berada di lautan. Terletak di daerah Malang Selatan, terdapat sebuah pantai yang masih asri dan menyimpan sejuta keindahan pesona laut. Pantai ini adalah Pantai Balekambang. Pantai Balekambang juga sering dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Bali karena di pantai ini terdapat sebuah pura di atas pulau karang yang menghadap ke lautan lepas. Pemandangan seperti ini lah yang menyebabakan Pantai Balekambang disebut juga sebagai Tanah Lot nya Jawa Timur.

Hasil gambar untuk pantai balekambang idn times

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Hasil gambar untuk pantai balekambang pinterest

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Pantai Balekambang berlokasi di selatan Kota Malang atau lebih tepatnya yaitu terletak di Desa Srigonco, Bantur, Kabupaten Malang. Jarak antara pusat Kota Malang dan Pantai Balekambang juga tidak begitu jauh yaitu sekitar 67 km. Untuk mencapai ke Pantai Balekambang, kalian bisa menggunakan kendaraann pribadi, mobil sewaan, atau angkot. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang hotliputan6

(gambar: https://hot.liputan6.com/)

Bagi kalian yang tidak mau ribet, kalian bisa menyewa mobil di pusat Kota Malang dengan rata-rata harga sebesar Rp. 400.000 per hari. Dari pusat Kota Malang, ambillah jalur menuju Gadang dan Kendalpayak. Setelah itu, kalian perlu menuju ke Desa Gondanglegi. Kemudian kalian tinggal melanjutkan perjalanan menuju ke Desa Srigonco. Jalanan menuju ke Pantai Balekambang sudah teraspal dengan halus. Namun kalian tetap perlu berhati-hati, karena kalian akan melewati jalanan yang menanjak dan berkelok.

Hasil gambar untuk pantai balekambang jembatan

(gambar: https://lazuva.com/)

Harga tiket masuk ke Pantai Balekambang yaitu Rp. 10.000 pada hari biasa dan Rp. 15.000 pada hari libur atau akhir pekan. Kalian juga tidak perlu khawatir dengan lahan parkir yang tersedia. Lahan parkir di pantai ini sudah cukup memadai. Adapun biaya parkir untuk sepeda motor yaitu Rp. 5.000 dan mobil sebesar Rp. 10.000. Dengan harga yang cukup terjangkau, kalian dijamin akan terpesona dengan keindahan alam Pantai Balekambang. Pantai ini tidak memiliki jam operasional yang resmi sehingga kalian dapat mengunjungi pantai ini kapan pun. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang kumparan

(gambar: https://kumparan.com/)

Selain memiliki hamparan pasir putih yang luas, Pantai Balekambang juga memiliki tiga pulau karang yang terletak di seberang bibir pantai. Ketiga pulau karang ini bernama Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Kalian juga bisa menikmati keindahan ketiga pulau karang ini secara lebih dekat dengan menggunakan jembatan penghubung dari bibir pantai menuju ke pulau karang. Terlebih, di Pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang masih digunakan oleh warga yang memeluk agama Hindu untuk beribadah maupun menggelar upacara keagamaan seperti Nyepi. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang masjid malangpagi

(gambar: https://malangpagi.com/)

Pantai ini juga menjadi tempat wisata religi bagi wisatawan yang menganut agama Islam karena di tempat ini terdapat sebuah makam ulama dari Jogja yaitu bernama Syaikh Abdul Jalil. Pada saat bulan Muharram, banyak sekali umat muslim yang berziarah di makam Syaikh Abdul Jalil. Jadi di Pantai Balekambang terdapat wisata religi dengan dua agama yang berbeda. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang wisataid

(gambar: https://wisataid.com/)

Ombak yang ada di Pantai Balekambang sangat tinggi. Deburan ombak yang tinggi ini lah yang membuat kalian sebagai pengunjung untuk tidak berenang di kawasan pantai. Namun, kalian tetap masih bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai ini. Selain mengunjungi ketiga pulau karang, kalian juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset di Pantai Balekmbang. Melihat datangnya sunrise dan sunset memang menjad aktivitas menarik di pantia selain berenang dan bermain air. Ketika kalian berkunjung ke Pantai Balekambang pada sore hari, kalian akan melihat betapa indahnya pergantian warna langit dari biru ke jingga. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang juragancipir flyingfox

(gambar: https://juragancipir.com/)

Kegiatan outbond berupa bermain flying fox juga bisa kalian rasakan di Pantai Balekambang. Apabila kalian ingin merasakan permainan flying fox, maka kalian perlu ke Pulau Ismoyo terlebih dahulu. Dengan hanya membayar Rp. 20.000, adrenalin kalian akan ditantang untuk menyeberangi laut dari Pulau Ismoyo menuju ke pesisir Pantai Balekambang dari ketinggian dengan deburan ombak yang sesekali membasahi tubuh kita. Namun, kalian tidak bisa merasakan sensasi flying fox di Pantai Balekambang setiap hari. Wahana ini hanya dibuka ketika akhir pekan atau hari libur saja. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Bagi kalian yang ingin berbaur dengan alam Balekambang, kalian bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pesisir Pantai Balekambang. Karena luasnya hamparan pasir yang ada, maka pantai ini sangat cocok untuk digunakan berkemah. Pasanglah tenda yang berada agak jauh dari bibir pantai untuk menghindari pasangnya air laur pada malam hari. Pada saat malam hari, kalian akan ditemani gemuruh ombak dan gemerlapnya bintang-bintang di langit. Dan pada pagi harinya, kalian akan meraasakan hangatnya sinar matahari terbenam langsung ke tenda kalian. Berkemah di Pantai Balekambang sungguh menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang anomharya

(gambar: http://anomharya.com/)

Penginapan berupa hotel dan villa juga sudah tersedia di sekitaran Pantai Balekambang. Kalian yang pergi bersama keluarga dan ingin merasakan malamnya pantai bisa memesan hotel yang tersedia. Fasilitas hotel yang ditawarkan pun juga sudah lengkap. 

Hasil gambar untuk pantai balekambang warta9com

(gambar: https://warta9.com/)

Pantai Balekambang juga hadir dengan suguhan kuliner yang menggugah selera. Olahan khas pantai seperti ikan laut, kepiting, dan udang atau masakan khas Malang seperti rawon atau nasi pecel dapat kalian jumpai di pantai ini. Banyak sekali warung di sekitar Pantai Balekambang yang menjajakan kuliner seperti di atas. Jadi jangan sampai kelewatan ya untuk mampir dan mencicipi makanan yang ada di Pantai Balekambang. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.