Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Nasional Bunaken, Surganya Bawah Laut Indonesia
Tags : #terumbukarang #bawahlaut #anemo. bunaken

Sebutan sebagai surga bawah laut Indonesia yang disematkan pada Taman Nasional Bunaken memang bukan asal-asalan. Pasalnya, estetika ekosistem bawah laut dari Taman Nasional Bunaken ini begitu jelas. Pesona alam bawah laut Bunaken masih terjaga baik hingga saat ini. Di tempat ini lah, kurang lebih 58 jenis terumbu karang dan 90 jenis ikan hidup secara bersamaan. Bayangkan kalian menyelam di Bunaken lalu menjumpai semua jenis spesies tersebut. Sungguh pemandangan bawah laut yang eksotis, kan?

Hasil gambar untuk bunaken rizal rezeki boat

(gambar: https://portalpiyungan77.blogspot.com/)

Taman Nasional Bunaken terletak di dua daerah yang berbeda yaitu Kabupaten Minahasa dan Kota Manado, Sulawesi Utara. Taman yang berluaskan 89.065 hektare ini juga dikelilingi pulau kecil seperti Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Montehage, dan yang lainnya. Taman Nasional Bunaken juga pernah mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia. Penghargaan ini begitu bernilai bagi Taman Nasional Bunaken karena melalui penghargaan ini diharapkan para nelayan bisaberhenti untuk mencari ikan atau merusak ekosistem laut yang ada di Bunaken.

Hasil gambar untuk taman nasional bunaken tour belitung

(gambar: https://www.simphortour.com/)

Bunaken merupakan contoh ekosistem perairan tropis di Indonesia yang selalu terjaga. Ekosistem ini meliputi padang lamun, terumbu karang, hutan bakau, dan ekosistem daratannya atau pesisirnya. Hal ini bisa kita lihat dari hijaunya hutan bakau yang mampu menjaga keseimbangan antara ekosistem lautan dan daratan dan garis pantai Bunaken yang mampu memukau perasaan kita semua. Tak hanya itu, kelengkapan ekosistem dan flora fauna yang menciptakan sebuah harmonisasi membuat para wisatawan baik lokal hingga mancanegara betah berlama-lama di Bunaken.

Hasil gambar untuk taman nasional bunaken citilink

(gambar: https://www.citilink.co.id/)

Diving menyelami lautan Bunaken adalah aktivitas favorit yang bisa kalian lakukan di Taman Nasional Bunaken. Terdapat lebih dari 20 spot menyelam yang dapat kita nikmati. Hal menarik jika kalian diving di Bunaken adalah kalian bisa melihat jernihnya air laut hingga kedalaman 20-35 meter. Kalian akan mendapati sebuah dinding karang raksasa yang melengkung. Fungsi dari dinding karang ini adalah sebagai tempat makan spesies ikan-ikan yang kecil.

Kalian bisa dengan mudah menemui jenis-jenis ikan yang jarang dijumpai seperti ikan kuda gasumi, oci putih, gropi dan yang lain-lain. Ikan-ikan ini lah yang akan menemani kalian dalam menyelami perairan Bunaken. Karang yang ada di Bunaken didominasi oleh terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang.

Hasil gambar untuk taman nasional bunaken pengibaran bendera

(gambar: http://ksdae.menlhk.go.id/)

Bagi kalian yang ingin menyewa peralatan diving dan mendapatkan instruktur diving tersertifikasi tak usah bingung. Kalian tinggal datang ke Pantai Kalase, lalu mencari sebuah tempat yang menyewakan peralatan diving seperti Dragonet. Dragonet menyediakan peralatan diving yang begitu memadai. Selain itu, Dragonet juga ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor MURI untuk upacara bendera di bawah laut dengan peserta terbanyak yaitu 2000 peserta. 

Hasil gambar untuk detik travel manado jembatan

(gambar:https://travel.detik.com/)

Untuk mencapai Taman Nasional Bunaken, kalian bisa menggunakan kapal pesiar dari Pelabuhan Manado yang siap mengantarkan anda ke Pulau Bunaken. Waktu yang ditempuh relatif tidak lama yaitu sekitar 20 menit. Tiket masuk ke dalam area Taman Nasional Bunaken adalah sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 150.000 untuk wisatawan mancanegara. Memang selisihnya cukup jauh antara harga tiket masuk wisatawan lokal dan mancanegara. Lalu, untuk persewaan alat divingnya, kalian cukup membayar tarif sewa sebesar Rp. 150.000 per jamnya. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.