Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Air Terjun Mini Ala Pantai Banyutibo Yang Indah Tiada Dua
Tags : #pantai #pacitan #banyutibo #sunrise

Pantai merupakan tempat wisata favorit bagi semua kalangan. Pesona gemuruh ombak laut dengan hamparan pasir putih yang luas memang menjadi daya tarik utama wisata pantai. Namun tak sedikit juga pantai yang memiliki keunikannya masing-masing bahkan tidak dapat ditemui di tempat lainnya. Salah satu pantai yang unik tersebut adalah Pantai Banyutibo Pacitan. 

Hasil gambar untuk pantai banyu tibo jogja tour wisata id

(gambar: https://jogjatourwisata.id/)

Hasil gambar untuk jalur lingkar selatan pacitan madura tribune

(gambar: https://madura.tribunnews.com/)

Pantai Banyutibo ini berlokasi di Desa Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pantai ini juga berbatasan dengan wilayah Wonogiri yang ada di Provinsi Jawa tengah. Karena belum adanya akses transportasi umum ke pantai ini, maka diharapkan kalian menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan, Jarak dari pusat Kota Pacitan ke pantai ini hanya 40 km. Sedangkan apabila kalian dari Kota Solo, maka kalian akan menempuh jarak sekitar 100 km. 

Hasil gambar untuk pantai banyutibo travel kompas

(gambar: https://travel.kompas.com/)

Harga tiket masuk mengunjungi Pantai Banyutibo ini relatif murah. Bagi kalian yang masuk kategori anak-anak cukup membayar Rp. 2000 dan Rp. 3000 untuk orang dewasa. Harga tersebut dikenakan pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur atau akhir pekan, maka anak-anak akan dikenakan tarif Rp. 3000 dan dewasa Rp. 5000. Selain biaya masuk pantai, kalian juga akan membayar karcis parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Pantai Banyutibo buka setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari ketika sunset akan datang.

Hasil gambar untuk pantai banyutibo dolanyok

(gambar: https://dolanyok.com/)

Sebelum memasuki pantai, kalian harus menuruni anak tangga terlebih dahulu karena letak pantai ini berada tepat di bawah tebing. Ketika sampai di bawah, kalian akan disambut dengan pasir pantai yang warnanya agak kecoklat-coklatan. Tak hanya itu, bebatuan karang yang menjulang tinggi akan mengelilingimu terus jika berada di Pantai Banyutibo.

Hasil gambar untuk pantai banyu tibo travel tribunnews

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Pantai Banyutibo ini memang menampakkan keindahannya dengan caranya sendiri. Banyu tibo yang berarti air jatuh menjadi nama dari pantai ini karena terdapat sebuah air terjun mini atau kecil yang ada di Pantai Banyutibo. Dengan berkunjung ke Pantai Banyutibo, kalian bisa merasakan dua objek wisata yaitu pantai dan air terjun dalam satu tempat. Air terjun yang ada di pantai ini tidak terlalu tinggi jadi spot ini lah yang sering dijadikan wisatawan untuk menghabiskan waktu di Pantai Banyutibo.

Hasil gambar untuk pantai banyutibo travel merahputih

(gambar: https://merahputih.com/)

Ketika ingin merasakan kesegaran air khas air terjun kecil Pantai Wediombo, perlu kalian perhatikan ombak laut yang akan datang. Pantai selatan memang terkenal dengan ombak lautnya yang menggulung besar. Saat yang tepat bermain air di air terjun ini adlaah ketika air pantai sedang surut. Kalian bisa berenang dengan santai dan menikmati guyuran air terjun sambil menikmati keindahan laut selatan Jawa. 

Hasil gambar untuk pantai banyutibo solopos

(gambar: https://www.solopos.com/)

Mau dibuat takjub lagi dengan keindahan pantai ini? Bersnorkeling lah jawabannya. Dengan membayar Rp. 50.000, para wisatawan dapat menyewa peralatan snorkeling yang tersedia. Peralatan snorkeling di pantai ini pun juga sudah sangat aman digunakan. Kalian akan menjumpai barisan terumbu karang yang tumbuh dengan anggunya di bawah laut. Ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari juga menjadi daya tarik yang bisa kalian saksikan di bawah laut Pantai Banyutibo.

Hasil gambar untuk pantai banyutibo pinterest

(gambar: https://id.pinterest.com/)

Setelah bersnorkeling, saatnya kalian untuk menikmati indahnya pemandangan sunset. Indahnya sunset ini akan menutup liburan manis kalian di Pantai Banyutibo. Pemandangan sunset di Pantai Banyutibo tidak akan kalah dengan sunset di pantai-pantai lainnya. Perpaduan air terjun mini, warna jingga yang nampak di langit, hingga gulungan ombak yang menghampiri layak kalian abadikan momen ini sebagai bukti bawah Pantai Banyutibo ini bagian dari surga tersembunyi di Indonesia. 
Hasil gambar untuk sego godong wisataku

(gambar: http://www.wisataku.id/)

Sebelum ke Pantai Banyutibo, pastikan kalian sudah menikmati hidangan khas Pacitan yang menguggah nafsu makan kalian. Contoh kuliner khas Pacitan yang harus kalian coba adalah soto Pacitan, jadah bakar, dan sego godhong jati. Sego godhong jati ini yang paling sering menyita perhatian para pelancong yang ke Pacitan. Sego godhong jati merupakan olahan nasi yang bercampur dengan urap dan tempe dan menggunakan daun jati sebagai alasnya. Jadi pastikan jangan sampai lupa untuk menjajal kuliner khas Pacitan ya!

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.