Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Gili Ketapang, Pulau Kecil Dengan Spot Snorkeling Keren di Laut Lepas Selat Madura 
Tags : #diving #snorkeling #terumbukarang

Ketika mendengar nama “Gili Ketapang” mungkin yang ada di dalam benak pikiran kalian adalah sebuah pulau kecil yang berada di Lombok. Padahal Gili Ketapang merupakan pulau kecil yang terletak di Probolinggo. Gili Ketapang ini juga tidak kalah eksotisnya dengan ketiga gili yang ada di Lombok. Bahkan, Gili Ketapang digadang-gadang menjadi wisata laut yang paling cantik di Jawa Timur.

Hasil gambar untuk gili ketapang wisatagunungbromo

(gambar: https://www.explorebromo.com/)

Hasil gambar untuk gili ketapang nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Gili Ketapang ini dahulunya merupakan bagian dari suatu daratan yang ada di Desa Ketapang. Setelah adanya letusan Gunung Semeru, sebagian daratan dari Desa Ketapang ini berpisah membentuk sebuah pulau kecil di lautan sejauh 5 mil. Namun, masyarakat lokal percaya bahwa pulau ini bergerak sendiri ke lautan. Dan banyak dari mereka yang mengatakan bahwa pulau itu masih terus bergerak. Luas dari pulau ini hanyalah sekitar 68 hektar. Mayoritas penduduk lokalnya adalah orang keturunan Madura dan berprofesi sebagai nelayan. Namun tak sedikit juga dari mereka yang memilih untuk berdagang dengan membuka warung makanan.

Hasil gambar untuk gili ketapang colorsoflife

(gambar: http://nurfatmazaini.blogspot.com/)

Gili Ketapang berada di wilayah Desa Ketapang, Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Untuk mencapai Gili Ketapang, kalian bisa menggunakan beberapa moda transportasi seperti kereta api atau bus. Jika kalian berangkat dari kota asal menggunakan kereta api. Maka kalian bisa turun di Stasiun Probolinggo, lalu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Jarak antara stasiun dan pelabuhan pun sangat dekat yaitu hanya sekitar 2 km. Jika menggunakan bus, kalian turun di Terminal Bayuangga. Setelah itu, kalian dapat pergi ke Tanjung Tembaga dengan menggunakan ojek atau angkutan umum. Setibanya di Pelabuhan Tanjung Tembaga, para wisatawan akan menyeberang ke Gili Ketapang menggunakan kapal dengan hanya membayar Rp. 10.000 untuk sekali penyeberangan.

Hasil gambar untuk gili ketapang tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.ca/)

Ketika sampai di Gili Ketapang, kalian akan dibuat terkesima dengan pesona alam pantai yang masih alami dan terjaga. Pantai yang ada di Gili Ketapang sangat bersih dan hampir tidak bisa ditemukan sampah yang berserakan. Tak hanya itu, kontur tanah yang ada di pantai ini memiliki 2 jenis. Kontur pasir pantai yang di sebelah barat pulau cocok sebagai tempat berlabuhnya kapal. Sedangkan pantai di sebelah timur memiliki pasir putih yang sangat lembut. Lembutnya pasir putih pantai dan birunya laut yang luas membuat Gili Ketapang ini sejajar indahnya dengan gili-gili yang ada di Lombok.

Hasil gambar untuk gili ketapang jejak piknik

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Para wisatawan bisa melakukan aktivitas laut yang sungguh seru seperti diving atau snorkeling. Mereka juga tidak perlu takut dengan biaya yang dikeluarkan jika ingin melakukan snorkeling atau diving. Di Gili Ketapang ini banyak sekali biro wisata yang menawarkan paket berlibur murah. Dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 90.000, kalian sudah bisa menyelami keindahan bawah laut Gili Ketapang. Jika kalian tidak membawa kamera underwater tenang saja. Biro wisata di sini juga menyediakan persewaan kamera agar kalian bisa berfoto di bawah laut. Selain itu, kalian bisa memilih paket snorkeling dengan tambahan drone seharga Rp. 150.000.

Hasil gambar untuk gili ketapang klook

(gambar: https://www.klook.com/)

Sebelum snorkeling, kalian akan diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Nantinya, kalian bakal dipandu oleh seorang pemandu yang sangat ramah dan profesional dalam hal menyelam. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang ingin mencoba snorkeling pertama kalinya. Kalian akan menyeberang ke tengah laut sejauh 200 meter dari tepi pantai untuk bisa bersnorkeling. Keindahan pemandangan bawah laut Gili Ketapang memang tidak bisa bohong. Terumbu karang yang rapi dan hewan-hewan laut yang bersliweran tak pernah berhenti membuat kita takjub akan pesona laut Gili Ketapang. Ikan nemo yang sangat terkenal dan menjadi salah satu judul film kartun akan sering kalian dapati di perairan Gili Ketapang.

Hasil gambar untuk gili ketapang goa kucing

(gambar: https://www.destinasiprobolinggo.com/)

Tak hanya menikmati pesona lautnya, Gili Ketapang juga menawarkan wisata religi. Berkelilinglah ke sekitar pulau, maka kalian akan bisa menemui Goa Kucing. Goa ini berbentuk rumah yang di dalamnya ada sebuah goa. Goa yang sekaligus menjadi makam dari seorang ulama Islam yang menyebarkan agama islam pada waktu itu yaitu Syech Ishap ini dahulu sering dikerumuni oleh ribuan kucing. Oleh karena itu tempat ini diberi nama Goa Kucing, meskpun saat ini sudah tidak ada lagi kawanan kucing yang ada di goa ini. 

(gambar: https://selerasa.com/)

Harga-harga diatas sudah termasuk dengan biaya transportasi pulang pergi dari Pelabuhan Tanjung Tembaga ke Gili Ketapang, peralatan snorkeling yang lengkap, dan juga makan siang yang lezat. Para wisatawan juga bisa memilih menu makanannya masing-masing untuk disantap pada siang hari. Kalian akan disuguhkan dengaan kuliner khas Gili Ketapang seperti ikan bakar baronang, ikan bakar kembung dengan sambal je cabbih, dan ikan bakar benggol.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.