Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
The Heritage Palace, Destinasi Kekinian Ala Eropa di Bumi Pasopati
Tags : #museum #istana #unik #masalalu

The Heritage Palace merupakan sebuah tempat wisata baru yang kekinian dengan mengusung konsep gaya arsitektur seperti negara-negara yang ada di benua biru. Sama halnya dengan De Tjolomadoe, The Heritage Palace ini adalah hasil dari revitalisasi pabrik gula yang sudah tidak beroperasi. The Heritage Palace menempati lahan Pabrik Gula Gembongan. Meskipun baru dibuka pada tanggal 9 Juni 2018, The Heritage Palace ini sudah mampu menarik banyak perhatian para pengunjung. Nuansa Eropa tempo dulu yang cukup kental menghiasi tempat wisata ini sehingga membuat banyak para pengunjung betah dan ingin datang lagi dan lagi.

Hasil gambar untuk the heritage palace bakpiamutiarajogja

(gambar: https://www.bakpiamutiarajogja.com/)

Objek wisata The Heritage Palace ini termasuk dalam bangunan cagar budaya karena usia bangunannya yang telah mencapai lebih dari 1 abad. Tepatnya, bangunan ini dibangun pada tahun 1892 sebagai pabrik gula. Berdiri di lahan seluas 2,2 hektar, pabrik gula ini memiliki 9 bangunan lengkap dengan cerobong asapnya yang menjulang tinggi hingga 20 meter. Namun, dari 9 bangunan tersebut hanya ada 3 bangunan yang sudah direvitalisasi dan dibuka untuk umum.

Hasil gambar untuk the heritage palace wartanasional

(gambar: https://www.wartanasional.com/)

Hasil gambar untuk batik solo trans solopos

(gambar: https://www.solopos.com/)

Meskipun banyak orang menganggap bahawa lokasi The Heritage Palace ini berada di Solo, namun sesungguhnya lokasi dari tempat wisata ini berada di Sukoharjo. Jaraknya memang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Solo. Hal ini lah yang menyebabkan banyak orang yang mengira tempat wisata ini masih dalam satu wilayah Kota Solo. Alamat lengkap The Heritage Palace ini berada di Jalan Permata Raya, Pabean, Kartosuro, Sukoharjo. Karena letaknya yang cukup strategis, kalian bisa mengakses The Heritage Palace menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jarak yang akan kalian tempuh jika ingin menuju ke The Heritage Palace dari Kota Solo adalah sekitar 10 km.

Hasil gambar untuk the heritage palace datawisata

(gambar: https://www.datawisata.com/)

Apabila kalian datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka arahkan jalan kalian menuju ke Jl. Slamet Riyadi. Setelah itu kalian tinggal lurus saja menuju Jalan Jendral Ahmad Yani. Lurus terus hingga Halte Sanggar Wayang Kresno. Kemudian belokkan kendaraan kalian ke arah kanan menuju Jalan Pabrik Gula Gembongan. Tak lama kemudian kalian akan sampai di The Heritage Palace. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kalian juga dapat memanfaatkan transportasi umum seperti bus Batik Solo Trans. Jika kalian berangkat dari Stasiun Solo Balapan, pilihlah bus koridor 2 dengan jurusan Palur-Kartosuro. Tarif bus ini sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 4.000. Tak pelrlu sampai di Kartosuro, turun lah di Halte bus Sanggar Wayang Kresno. Sesampainya di halte tersebut, lokasi The Heritage Palace tidak jauh dari halte ini sehingga kalian bisa menggunakan ojek online untuk mengantarkan kalian ke tempat tujuan.

Hasil gambar untuk the heritage palace loket

(gambar: https://tempatwisataseru.com/)

The Heritage Palace buka setiap hari dengan jam yang berbeda pada hari biasa dan setiap akhir pekannya. Kalian bisa mengunjungi The Heritage Palace mulai dari jam 10.00 – 18.00 WIB pada hari Senin hingga Kamis. Sedangkan pada hari Jum’at hingga Minggu, kalian dapat berkunjung ke tempat wisata ini dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB. Kalian juga tidak perlu menguras kantong dalam-dalam untuk membeli tiket masuk ke The Heritage Palace. Dengan harga yang berkisar Rp. 55.000, kalian sudah dapat menikmati aestetiknya bangunan megah yang ada di dalam dan berkunjung ke Museum 3D Trick Art.

Selain bangunan bernuansa Eropa klasik, kalian juga dapat menemui mobil-mobil kuno yang dipajang di halaman luar bangunan. Dan tempat ini dijadikan museum transportasi. Meskipun koleksi alat transportasinya tidak sebanyak dengan yang ada di Museum Angkut Batu, koleksi yang dimiliki oleh The Heritage Palace ini juga tak kalah menariknya. Tercatat, ada mobil yang pernah digunakan oleh Presiden pertama Repbulik Indonesia Ir. Soekarno yaitu Dodge buatan tahun 1948. Koleksi mobil yang dimiliki oleh The Heritage Palace ini cukup unik seperti mobil pemadam kebakaran Dodge Power tahun 1963, Chevrolet Bel Air USA tahun 1955, dan Jeep Willys USA tahun 1943. Koleksi mobil ini dapat kalian jadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Seakan tak pernah berhenti menawarkan keunikannya, The Heritage Place juga dilengkapi dengan Museum 3D Trick Art. Di museum ini, ada banyak sekali tema foto yang mampu mengilusi mata kalian. Berfoto dengan gaya sesuai dengan temanya, kalian akan mendapatkan hasil foto yang maksimal. Tak heran jika musuem ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu karya museum yang menyita para perhatian pengunjung adalah lukisan pisau dapur yang seakan-akan menancap di sebuah papan kayu. Pastikan kalian foto dengan sudut pandang yang tepat demi mendapatkan hasil foto yang super keren.

Hasil gambar untuk tong tji kafe the heritage palace

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Ada hal menarik lagi yang dapat kalian jumpai selagi di The Heritage Place yaitu Thee Kultur. Thee Kultur ini adalah salah satu kreasi dari perusahaan teh terkenal di Indonesia yaitu Tong Tji. Kafe ini menyediakan minuman teh sebagai menu utamanya. Jenis teh yang jarang kalian temui dapat kalian rasakan di kafe ini. Adapun jenis teh favorit yang selalu diincar oleh para pembeli adalah Imperial Jasmine dan Massala Tea. Imperial Jasmine ini sangat spesial karena bahan bakunya diimpor langsung dari Cina. Sedangkan Massala Tea diracik dengan campuran rempah-rempah sehingga cocok disajikan pada saat cuaca dingin. Selain olahan tehnya, kafe ini juga terkenal dengan desain interiornya yang sangat klasik. Hiasan dinding berupa kutipan dalam Bahasa Jawa dan Belanda hingga ukiran kayu yang menghiasi bagian jendela semakin menguatkan tempat ini memang cukup klaskik. Menikmati secangkir teh sembari memandangi desain interior tempo dulu memang akan menjadi kenangan manis ketika berkunjung ke The Heritage Palace.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.