Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kawah Sikidang, Kolam Kawah Yang Suka Berpindah-pindah
Tags : #kawah #kabut #dingin #sejuk

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di dataran tinggi Dieng. Sebenarnya di kawasan Dieng ini terdapat banyak kawah-kawah menarik seperti Kawah Sinila, Sibanteng, dan Timbang. Akan tetapi Kawah Sikidang ini tetap menjadi kawah favorit dari kawah-kawah yang ada di Dieng karena lokasinya yang lebih gampang untuk diakses. Kalian tak perlu capek-capek naik ke atas bukit untuk melihat indahnya kawah yang ada di Dieng karena Kawah Sikidang ini terletak di permukaan tanah yang datar.

Hasil gambar untuk kawah sikidang paketwisatajogja

(gambar: https://happytour.id/)

Hasil gambar untuk kawah sikidang ksmtour

(gambar: https://ksmtour.com/)

Tak hanya karena mudah dikunjungi, Kawah Sikidang ini sangat unik. Kolam kawah yang ada di sini dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Fenomena ini sangat jarang kita temui di tempat lain. Kawah tersebut biasanya akan berpindah sekali dalam 4 tahun. Karena sering berpindah-pindah, kawah ini diberi nama si kidang (si kijang), hewan yang suka melompat.

TARIF MINIBUS WONOSOBO - DIENG | BASECAMP GUNUNG PRAU ~ City Tour ...

(gambar: https://www.tsabitadiengtour.com/)

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjanegara. Namun tak banyak juga dari orang-orang yang menganggap bahwa Dieng berlokasi di Wonosobo. Lokasi Kawah Sikidang tak jauh dari Candi Arjuna yang berada dalam satu kawasan dataran tinggi Dieng juga. Jadi ketika mengunjungi Candi Arjuna, kalian pasti juga akan bisa langsung melihat keindahan Kawah Sikidang. Apabila kalian berangkat dari Alun-Alun Wonosobo dan menggunakan kendaraan pribadi, Kawah Sikidang ini bisa kalian tempuh melalui Jalan Pangeran Diponegoro, lalu ke Jalan KH. Abdurrahman Wahid, kemudian lurus terus mengikuti Jalan Dieng. Jalan Dieng ini lah yang akan membawa kalian sampai ke tempat tujuan yaitu, Kawah Sikidang.

Hasil gambar untuk kawah sikidang papan dimohon

(gambar: https://oinkdenguik.wordpress.com/)

Para pengunjung akan dibuat takjub dengan kepulan asap putih yang membumbung tinggi karena aktivitas vulkanik di Kawah Singkidang ini masih tetap aktif. Aroma belerang yang kental dan lumpur vulkanik dijamin akan membuat kalian tak pernah berhenti untuk menghela nafas karena keeksotisan yang muncul di kawah ini. Bagi kalian yang mengunjungi Kawah Sikidang, diharapkan memakai masker atau penutup mulut karena bau belerang di sini cukup menyengat. Kalian juga tidak diperbolehkan merokok atau menyalakan api di area ini. Apabila hal tersebut dilakukan, tentu sangat membahayakan sekali bagi diri kalian dan para pengunjung lainnya.

Merasakan Sensasi Merebus Telur di Kawah Sikidang Dieng - kumparan.com

(gambar: https://kumparan.com/)

Kandungan belerang yang melimpah di kawah ini dimanfaatkan oleh para penduduk lokal untuk mencari nafkah. Mereka memanfaatkan cekungan kecil yang mengandung air belerang dengan merebus telur. Setelah itu, mereka menjualnya kepada para wisatawan. Merebus telur di air yang mengandung belerang ini hanya butuh waktu 5 menit bahkan bisa lebih cepat dari itu. Makan telur yang direbus dari air belerang di kawah tentu akan memberikan sensasi makan telur rebus yang berbeda. Selain itu, para pengunjung juga bisa dibuat kenyang dengan mencicipi makanan khas dari perkebunan penduduk lokal Dieng seperti kentang rebus.

Hasil gambar untuk souvenir dieng

(gambar: https://penginapandieng.net/)

Ingin mencari souvenir khas Dieng? Tak perlu khawatir lagi, karena banyak penduduk lokal yang menjual souvenir khas Dieng berupa bebatuan belerang yang dijadikan gantungan kunci atau hiasan. Batuan-batuan ini berasal dari perut bumi dan mengandung mineral yang tinggi. Air ini berasal dari endapan belerang. Air yang ada di batuan ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik dan dapat juga untuk membunuh kuman.

Hasil gambar untuk kawah sikidang langkah baruku

(gambar: http://idahceris.com/)

Jika kalian sudah merasa lelah duluan sebelum berkeliling lokasi Kawah Sikidang, kalian bisa menyewa kuda untuk kalian tunggangi berkeliling objek wisata ini. Di kawah ini, banyak sekali penduduk lokal yang menyewakan kuda mereka kepada para pengunjung. Tidak usah takut, kalian akan ditemani oleh para pawang kuda ini sehingga kuda yang kalian tunggangi akan tetap aman. Ada satu hal menarik lagi jika kalian berkunjung ke Kawah Sikidang. Kalian bisa mendapati burung hantu dan mengajaknya berfoto bersama kalian. Burung hantu yang ada di sini sudah jinak bahkan menggemaskan kok. Jadi gak usah ragu lagi jika ingin foto bareng burung hantu.

Hasil gambar untuk kawah sikidang lucubux

(gambar: https://www.lucubux.com/)

Jam buka Kawah Sikidang yaitu setiap hari pada pukul 07.00-16.00. Untuk tiket masuk, kalian cukup membayar Rp. 10.000. Harga Rp. 10.000 ini sudah termasuk tiket ke kawasan Candi Arjuna dan Candi Bima, lho. Sungguh terjangkau sekali, bukan? Kalian akan disuguhkan pesona kawah yang mengeluarkan asap putih dan juga menyaksikan kemegahan Candi Arjuna yang tiada duanya.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.