Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kemegahan Candi Prambanan Dan Kisah Dibaliknya Yang Tak Pernah Lekang Oleh Zaman
Tags : #budaya #candi #prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di dunia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Balitung Maha Sambu. Hal ini dapat dibenarkan pada Prasasti Syiwaghra yang ditemukan di sekitar Prambanan. Sebelum ditemukannya candi ini, muncul lah kisah cinta yang melegenda. Kisah cinta ini biasa kita kenal dengan Legenda Roro Jonggrang.

Hasil gambar untuk candi prambanan dictio

(gambar: https://www.dictio.id/)

Hasil gambar untuk candi prambanan wisnujadmika relief

(gambar: https://wisnujadmika.wordpress.com/)

Candi Prambanan menjadi bukti sejarah cinta Ramayana. Kisah cinta ini tertuliskan pada relief-relief Candi Prambanan. Kisah ini diawali dngan kelahiran Rama, terculiknya Sinta oleh Rahwana, penyelamatan Sinta oleh pasukan kera atau biasa kita sebut dengan hanooman, bertemunya kembali Rama dan Sinta, dan yang terakhir yaitu penyerahan tahta Rama kepada anaknya.

Hasil gambar untuk sendratari ramayana prambanan

(gambar: https://pesona.travel/)

Sendratari Ramayana juga menjadi salah satu pertunjukkan yang ditawarkan jika berkunjung ke Candi Prambanan. Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan yang mengkombinasikan seni tari dan seni drama tanpa adanya dialog. Pertunjukkan ini diangkat dari cerita Ramayana dan dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan. Pementasan Sendratari Ramayana dimulai dari jam 19.30 hingga 20.30. Di sini, terdapat dua jenis panggung yang berbeda yaitu terbuka dan tertutup. Para pengunjung bisa menikmati pentas seni ini mulai dari harga Rp. 125.000 – Rp. 450.000.

Hasil gambar untuk candi prambanan rental mobil jogja

(gambar: https://rentalmobiljogja.id/)

Candi Prambanan merupakan komples candi yang cukup luas dan memiliki banyak bangunan candi. Terdapat sekitar 240 candi besar dan candi kecil di dalam komples candi ini. Sebelumnya candi-candi di Prambanan sudah mengalami pemugaran. Namun hanya ada 8 candi yang dapat dipugar pada waktu itu. Kedepalan candi ini disebut dengan candi Trimurti yang memiliki makna tiga wujud. Candi tersebut merupakan bentuk persembahan untuk tiga Dewa hindu tertinggi yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.

Hasil gambar untuk candi prambanan kotajogja

(gambar: https://www.kotajogja.com/)

Candi yang terletak di Jl. Jogja-Solo Km 16 Yogyakarta ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 – 17.00. Harga tiket masuk ke dalam Candi Prambanan adalah Rp. 25.000 untuk anak anak- dan Rp. 50.000 untuk dewasa. Sangat terjangkau, bukan? Mari berwisata ke Candi Prambanan dan nikmati keindahan warisan nenek moyang kita.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.