Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Taman Sari, Bangunan Kuno Artistik Penuh Dengan Kisah Menarik Yang Instagramable
Tags : #istana #keraton #jogja

Taman Sari yang mempunyai nama lain Pasariman Umbul Binangun merupakan sebuah bangunan bersejarah yang pada dahulu digunakan oleh Sultan Hamengku Buwono I untuk menenangkan pikiran dan beristirahat sejenak tepatnya di Pangung Kerapyak. Sedangkan tempat yang digunakan untuk mandi para selir atau putri raja berada di Umbul Pasiramana. Pembangunan Taman Sari ini diinisiasi oleh Sultan Hamengku Buwono I dan diarsiteki oleh Raden Ronggo Prawirosentiko (Bupati Madiun) pada tahun 1758. Selain itu, Taman Sari juga menjadi tempat berlindung dari serangan musuh, tempat meditasi bagi raja, dan juga tempat untuk tentara militer kerajaan berlatih.

Hasil gambar untuk taman sari hargatiket net

(gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/)

Hasil gambar untuk pegipegi becak jogja

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Lokasinya yang berdekatan dengan Kraton Yogyakarta tepatnya di Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta membuat wisata Taman Sari ini memiliki akses yang mudah untuk ditempuh. Kalian cukup berjalan selama kurang lebih 15 menit dari Kraton menuju Taman Sari. Jika kalian ingin lebih merasakan suasana Jogja, kalian bisa memilih becak sebagai alat transportasi menuju Taman Sari. Atau kalian juga sangat bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tempat parkir yang ada di Taman Sari sudah cukup memadai.

Taman Sari buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 15.00. Jadi bagi kalian yang ingin mengunjungi Taman Sari, pilihlah jam yang terbilang masih pagi untuk menghindari cuaca panas dan anda akan lebih bisa berlama-lama di Taman Sari. Dengan hanya membayar Rp. 5000 dan tambahan Rp. 2000 bagi pengunjung yang membawa kamera, kalian akan dibuat takjub dengan keindahan arsitektur Taman Sari. Di sini, kalian juga bisa menggunakan fasilitas jasa pemandu wisata untuk menceritakan kisah-kisah unik yang ada di Taman Sari dengan membayar Rp. 25.000.

Hasil gambar untuk kolam di taman sari jogja

(gambar: https://wisatapedi.com/)

Taman Sari memiliki beberapa tempat menarik yang bisa kalian jadikan spot foto terbaik. Pertama, kalian akan disambut dengan dua buah kolam yang menawan setelah melewati gerbang utama. Dua kolam tersebut merupakan bagian dari tiga kolam yang ada di Taman Sari. Ketiga kolam ini memiliki fungsi masing-masing pada masanya. Ada Umbul Panguras kolam untuk raja, Umbul Kawitan untuk putri-putri raja, dan juga Umbul Pamucar yang diperuntukkan bagi selir-selir raja. Ornamen berupa pot tanaman dan air mancur berbentuk kepala naga menghiasi kolam-kolam ini.

Hasil gambar untuk gapura taman sari

(gambar: http://okehartikel.blogspot.com/)

Yang kedua, kalian bisa berfoto di depan Gapura Panggung. Dahulunya, tempat ini hanya bisa dimasuki oleh raja dan sekeluarga. Di sini lah, raja menikmati pemandangan berupa kemegahan Taman Sari. Gapura ini memiliki tangga yang terbuat dari kayu jati sehingga menimbulkan kesan yang artistik.

Hasil gambar untuk taman sari bobobox

(gambar: https://www.bobobox.co.id/)

Selanjutnya ada Gapura Agung. Gapura yang dilengkapi dengan ornamen berbentuk sayap burung dan bunga-bunga ini sering dijadikan oleh para wisatawan untuk berfoto. Dulu, gapura ini merupakan tempat pemberhentian kereta kencana raja.

Hasil gambar untuk taman sari wisata tanah air

(gambar: https://www.datawisata.com/)

Tempat artistik lainnya yang ada di Taman Sari yaitu Gedung Kenongo. Gedung Kenongo merupakan bangunan tertinggi yang ada di kawasan ini. Di tempat ini lah, jamuan makan kerajaan diselenggarakan. Karena tingginya, kalian bisa melihat seluruh kawasan Taman Sari dari Gedung Kenongo ini bahkan jika cuaca baik kita bisa memandangi indahnya Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya.

Hasil gambar untuk taman sari detik travel lorong

(gambar: https://travel.detik.com/)

Taman Sari juga mempunyai sebuah lorong panjang yang konon ujung dari lorong ini adalah Pantai Parangkusuma. Memang seperti yang kita ketahui bahwa Raja memiliki hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Dan lorong ini lah yang menjadi jalan penghubung antara raja dan Nyi Roro Kidul. Namun, lorong menuju pantai selatan ini sudah ditutup menggunakan tembok tebal.

Hasil gambar untuk taman sari jelajahwisatakotajogja

(gambar: http://jelajahjogja.com/)

Dan tempat paling favorit pengunjung Taman Sari yang tak kalah indahnya adalah masjid yang mempunyai sumur bernama Sumur Gumuling. Tempat ini berfungsi untuk sholat para warga kraton. Sumur ini dibangun di bawah tanah sebagai tempat berlindung para keluarga raja dari ancaman serangan musuh yang membahayakan. Masjid yang memiliki dua lantai ini berbentuk melingkar 360 derajat. Lantai satu dan dua dihubungkan oleh 5 buah anak lantai. Angka lima ini diyakini memiliki makna yaitu jumlah rukun iman agama Islam.

Hasil gambar untuk toko di taman sari jogja

(gambar: http://www.wisataoke.com/)

Bagi kalian yang ingin beristirahat sejenak lalu mencari tempat makan di Taman Sari, jangan khawatir! Karena kalian akan dengan gampang menemukan warung-warung yang menjual makanan. Bagi kalian yang ingin membeli souvenir cenderamata, anda bisa menemukan banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.