Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Plesiran ke Pantai Timang Yang Begitu Menantang. Berani?
Tags : #ekstrim #pantai #ombak #karang

Siapa sangka di Gunung Kidul, Jogja terdapat sebuah pantai yang sedikit memiliki perbedaan dari yang lain. Pantai-pantai umumnya mengandalkan hamparan pasir putih yang luas, keindahan alam bawah laut, dan ombak besar yang menantang sebagai daya tarik utamanya. Namun hal itu tidak berlaku untuk Pantai Timang. Pantai Timang menjadikan gondola atau kereta gantung sebagai objek wisata utama dari pantai ini. Gondola ini berfungsi untuk menyeberangi lautan menuju Pulau Timang. Dan hal uniknya lagi yaitu tak seperti pulau pada biasanya yang memiliki daratan luas penuh dengan pepohonan, Pulau Timang ini hanya berupa bukit dengan bebatuan.

Hasil gambar untuk pantai timang dakatour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Hasil gambar untuk pantai timang panduan wisata jogja

(gambar: https://indonesia.tripcanvas.co/)

Letak Pantai Timang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yaitu sekitar 50 kilometer, tepatnya di Jalan Pantai Selatan Jawa, Gunung Kidul. Hal ini membuat akses transportasi umum menuju Pantai Timang sangat terbatas. Kalian sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil terlebih dahulu di kota jika ingin berkunjung ke sini. Jika kalian dari Jogja, berjalan lah menuju arah Wonosari. Lalu, kalian pilih jalur yang melalui Pantai Baron. Sebelum tiba di Pantai Baron terdapat pertigaan, lalu kalian ambil kiri ke arah Pantai Siung. Sesampainya di Pasar Dakbong, kemudian belok ke arah Pantai Timang. Selama perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan hijaunya pohon-pohon dan sawah yang membentang luas. Meskipun jalanan menuju pantai ini sudah bagus, tetapi pada titik tertentu kalian masih akan merasakan jalanan bebatuan yang sempit. Jadi kalian harus tetap berhat-hati ya jika melewati jalan ini.

Hasil gambar untuk pantai timang travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Seperti yang sudah diceritakan di atas, daya tarik dari Pantai Timang ini terletak pada wahana gondola yang sangat ekstrim. Kenapa sangat ekstrim? Dibutuhkan keberanian yang tinggi untuk mencoba gondola ini karena kalian akan bisa merasakan sensasi melintasi laut dari ketinggian ditemani angin kencang dan deburan ombak yang sesekali dapat mengenai kita. Gondola ini akan membawa kita dari Pantai Timang menuju ke sebuah pulau kecil bernama bukit karang. Jarak yang ditempuh mencapai 100 meter. Para nelayan setempat menggunakan gondala ini untuk berburu hasil laut. Mereka tidak menggunakan perahu karena ombak yang tinggi tidak memungkinkan bagi mereka untuk melaut. Gondola di pantai ini masih sangat sederhana yaitu terbuat dari kayu dan digantung menggunakan tali tambang. Tarif yang dipatok untuk menikmati wahana ini yaitu Rp. 200.000 untuk pulang pergi. Adrenalin kalian seketika akan meningkat ketika mencoba wahana ini. 

Hasil gambar untuk pantai timang paketwisatajogja jembatan

(gambar: https://paketwisatajogjamurah.net/)

Wahana lain yang bisa kalian coba di Pantai Timang adalah menyeberangi pulau dengan menggunakan jembatan gantung. Jembatan gantung ini dibangun sebagai alternatif penyeberangan menuju bukit karang. Di sini, para pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan hamparan laut biru yang memukau dan tentunya menantang adrenalin kita semua. Bagi kalian yang ingin menikmati fasilitas ini, kalian perlu membayar Rp. 100.000 sudah termasuk dengan kembali ke Pantai Timang.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.