Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Memanjakan Mata Dengan Hamparan Pasir Yang Luas Dan Batu Karang Yang Kokoh di Pantai Wediombo
Tags : #pantai #karang #jogja

Daerah Jogja selatan seperti Kabupaten Gunung Kidul memang sangat terkenal dengan pesona alam pantainya yang eksotis. Salah satu pantai yang populer akan pesona alamnya yaitu Pantai Wediombo. Meskipun letak pantai ini sangat dekat dengan Provinsi Jawa Tengah dan jauh dari pusat kota Yogyakarta, hal ini tak mengurungkan niat para pengunjung untuk tetap datang ke Pantai Wediombo. Maka tak heran jika pada akhir pekan atau hari libur, pantai ini selalu dipadati oleh para pengunjung.

Hasil gambar untuk pantai wediombo dakatour

(gambar: https://www.dakatour.com/)

Hasil gambar untuk pantai wediombo tribun travel

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Nama wedi ombo diambil dari bahasa jawa yang berarti hamparan pasir yang luas. Wediombo dijadikan nama untuk pantai ini bukan tanpa alasan. Pantai Wediombo memang memiliki hamparan pasir yang paling luas diantara pantai-pantai yang ada di sekitar wediombo. Tak hanya hamparan pasir putih yang mewarnai keindahan Pantai Wediombo, bebatuan karang yang di pantai menambahkan kesan eksotis dari pantai ini. 

Hasil gambar untuk pantai wediombo wisatabagus

(gambar: https://wisatabagus.com/)

Pantai Wediombo berlokasi di Desa Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul. Jarak yang ditempuh apabila berangkat dari pusat Kota Yogyakarta pun cukup jauh yaitu sekitar 100 km. Bagi kalian yang ingin pergi ke Pantai Wediombo, diharapkan untuk mengendari mobil sewaan dari kota karena akses untuk transportasi umum ke wisata ini masih terbatas. Jalan yang ditempuh ke Pantai Wediombo ini pun juga bervariasi. Kalian bisa memilih untuk lewat melalui jalur Piyungan jika berangkat dari Jogja atau Praci jika kalian berasal dari Wonogiri.

Hasil gambar untuk pantai wediombo pantainesia

(gambar: https://www.pantainesia.com/)

Para wisatawan yang inign mengunjungi Pantai Wediombo akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000. Selain itu juga ada biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000 dan parkir mobil Rp. 10.000. Kalian juga bisa menikmati suasana malam hari pantai dengan camping di area tepi pantai. Tapi di tempat wisata ini belum ada tempat yang menyewakan tenda untuk camping. Jadi kalian harus membawa alat camping seperti tenda, tali, dan lain sebagainya dari rumah. Bagi kalian yang ingin camping, maka kalian akan cukup membayar Rp. 35.000. 

Hasil gambar untuk pantai wediombo idntimes

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Ombak yang ada di Pantai Wediombo sangat tinggi. Bahkan tinggi ombak yang ada di pantai ini bisa mencapai 3 ihingga 4 meter. Jadi bagi kalian yang ingin mencoba berenang di pantai ini, diharap untuk mengurungkan niat kalian terlebih dahulu. Namun bagi kalian yang sudah lihai dan bersahabat dengan ombak, maka kalian bisa mencoba berenang di pantai ini. Itu pun dengan catatan, kalian harus tetap berhati-hati. 

Hasil gambar untuk pantai wediombo traveloskyholiday

(gambar: https://traveloskyholiday.com/)

Meskipun kalian tidak dianjurkan berenang di pantai, Pantai Wediombo tetap menawarkan berbagai macam daya tarik kepada wisatawan yang sangat sayang jika dilewatkan. Salah satu aktivitas favorit para pengunjung untuk menghabiskan waktunya di pantai ini adalah berenang di kolam air laut. Di pantai ini terdapat sebuah kolam dimana airnya sangat jernih yang dibatasi dengan batu karang sehingga membentuk sebuah kolam yang indah. Kolam ini kedalamannya sampai 1.5 meter. Meskipun terlihat dangkal, tapi pengunjung diharapkan harus berhati-hati jika bermain air di sini. Kolam ini juga akan semakin indah ketika ombak laut menghantam batu karang ini, lalu air tersebut turun dari batuan karang menuju kolam sehingga kucuran air ini seperti air terjun. Berswafoto di kolam ini sambil bermain air juga akan menjadi hal seru yang perlu kalian coba.

Hasil gambar untuk pantai wediombo mancing sitam

(gambar: https://www.nasirullahsitam.com/)

Tak hanya sekedar berenang di kolam, kalian juga akan ditawarkan sensasi memancing yang tak biasa di tempat ini. Para pengunjung bisa merasakan bagaimana rasanya memancing dari atas bukit karang. Kegiatan memancing seperti ini sebenarnya merupakan kegiatan para warga sekitar pantai. Kebanyakan dari mereka memang bekerja sebagai nelayan sehingga ikan-ikan hasil pancingan nantinya akan dijual. Karena keunikannya, kegiatan para nelayan juga diikuti oleh para pengunjung yang ingin memancing di pantai ini. Sebelum memancing, para pengunjung akan melakukan perjalanan naik turun bukit karang yang terjal. Perjalanan hingga ke puncak bukit ini bisa mencapai 1 jam. Jadi betapa susahnya untuk hanya memancing di sini. 

Hasil gambar untuk pantai wediombo lazone

(gambar: https://www.lazone.id/)

Tak berhenti di situ, Pantai Wediombo akan terus memanjakan mata kalian dengan pemandangan sunrise dan sunsetnya yang begitu memukau. Batuan karang yang ada di tepi pantai menjadikan pantai ini lebih eksotis ketika datangnya sunrise dan sunset. Kalian bisa berswafoto dengan latar belakang laut biru yang perlahan warna langit berubah menjadi jingga dan bebatuan karang yang tersebar di tepi pantai. Karena adanya bebatuan karang, ombak yang menuju pantai ini terasa lebih kencang. Jadi buat kalian yang ingin berfoto-foto di pantai ini harus tetap berhati-hati ya.

Hasil gambar untuk kelapa muda pantaikrakalgunungkidul

(gambar: https://krakalgunungkidul.wordpress.com/)

Kalian yang berkunjung ke Pantai Wediombo tidak usah bingung mencari tempat untuk mengisi perut. Di pinggir pantai, terdapat banyak sekali warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Kalian bisa mencoba segarnya es kelapa muda atau pun aneka buah yang lainnya. Olahan masakan khas laut pun tersedia juga di warung-warung tepi Pantai Wediombo. Jadi tidak perlu khawatir lagi ketika lapar melanda perut. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.