Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Museum Gunung Merapi, Pusat Segala Informasi dari Gunung Legendaris Merapi
Tags : #merapi #museum #meletus

Museum Gunung Merapi merupakan sebuah tempat dimana para pengunjung dapat mempelajari segala hal tentang Gunung Merapi dan bencana geologi lainnya. Terletak di depan Gunung Merapi jika dipandang dari kejauhan, museum ini dibangun dengan arsitektur yang cukup unik. Bentuk dari museum ini yaitu berupa trapesium dan terdapat segitiga di salah satu pucuknya. Bangunan yang memiliki 2 lantai ini mulai dibuka pada 1 Oktober 2009 sebagai perekam jejak gunung teraktif di dunia ini. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi gotripindonesia

(gambar: https://gotripina.com/)

Hasil gambar untuk museum gunung merapi rental motor jogja

(gambar: http://www.siantarman.com/)

Museum Gunung Merapi berlokasi di Jl. Boyong, Desa Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. Apabila kalian berangkat dari pusat Kota Yogyakarta atau Stasiun Tugu, kalian tinggal menuju ke arah utara yaitu ke Jalan Kaliurang. Dengan jarak tempuh sekitar 26 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam, kalian bisa mengakses tempat ini menggunakna kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan. Transportasi umum untuk menuju lokasi wisata masih terbatas. Bus Trans Jogja pun tidak melayani perjalanan menuju ke museum ini. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi portal berita bisnis wisata

(gambar: https://bisniswisata.co.id/)

Jam buka dari Museum Gunung Merapi yaitu pada hari Selasa hingga Sabtu mulai dari jam 08.00-15.30. Namun pada hari Jum’at, museum akan tutup satu jam sebelumnya pada hari biasa yaitu pukul 14.30. Sedangkan setiap hari senin dan hari libur nasional, museum ini akan tutup. Jadi pastikan kalian datang di waktu yang tepat dan memiliki waktu yang lebih lama untuk berkunjung di Museum Gunung Merapi. Tarif tiket mengunjungi museum pun tergolong murah yaitu sebesar Rp. 3.000. Bagi kalian yang ingin menyaksikan film pendek tentang Merapi, kalian tinggal membayar biaya tambahan sebesar Rp. 5.000. Selain itu, terdapat juga biaya parkir untuk motor yaitu Rp. 2.000 dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda empat.

Hasil gambar untuk museum gunung merapi replika

(gambar: https://sahabatransel.com/)

Ketika memasuki museum, para pengunjung akan disambut dengan sebuah maket Gunung Merapi yang begitu indah. Tak hanya itu, maket ini juga mengeluarkan suara gemuruh letusan Gunung Merapi dan asap putih yang muncul dari puncak maket gunung ini. Maket ini juga dilengkapi dengan fitur tombol tahun kejadian erupsi Gunung Merapi seperti tahun 1969, 1994, dan 2006. Jika kalian menekan salah satu tombol tersebut, maka maket ini akan menunjukkan peragaan erupsi sesuai dengan tombol yang ditekan. Sungguh menarik, bukan?

Hasil gambar untuk museum gunung merapi nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Kalian dapat mengekplor seluruh bagian dari museum ini karena semua koleksi museum dikemas dengan menarik sehingga kalain tidak merasa bosan jika berkunjung ke museum ini. Terdapat beberapa koleksi museum berupa tampilan letusan Gunung Merapi, batuan hasil dari letusan tahun 1930, benda-benda sisa letusan tahun 2006, dan foto-foto Gunung Merapi dari masa ke masa. Ruangan ini semakin menarik dengan adanya panel ilustrasi berupa gambar kartun. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi yogyes

(gambar: https://www.yogyes.com/)

Pada lantai 1 ini, terdapat juga batu bom. Batu bom merupakan wujud lain dari lava pijar yang bersuhu 700 hingga 1200 derajat celcius. Kemudian batuan ini mengalami pendinginan yang sangat cepat saat terhempas ke udara dan jatuh ke permukaan tanah. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi gudegnet sepeda motor

(gambar: https://gudeg.net/)

Tak hanya menyimpan koleksi yang berkiatan dengan erupsi Gunung Merapi, museum ini juga memiliki peralatan yang digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Merapi. Alat-alat seperti teleskop, seismograf, alat penglah data, hingga peralatan kuno pun dapat kalian jumpai di museum ini. Alat-alat ini tentunya juga dilengkapi dengan informasi cara menggunakannya dan fungsinya. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi rentalmobiljogjaid

(gambar: https://rentalmobiljogja.id/)

Setelah berkeliling di lantai 1 museum, para pengunjung bisa langsung naik ke lantai 2 untuk melihat koleksi museum yang lainnya. Koleksi museum di lantai 2 seperti alat peraga, display letusan gunung, lorong penjaga simulasi LCD, peraga simulasi tsunami dan gempa siap menambah wawasan kalian tentan bencana geologi. Para pengunjung akan merasakan betapa bahayanya gempa di dalam ruangan simulator. Tidak perlu khawatir, simulator ini hanya memberikan efek guncangan yang diharapkan kalian mampu untuk mengantisipasinya. 

Hasil gambar untuk museum gunung merapi familygoers

(gambar: https://www.familygoers.com/)

Aktivitas menarik lainnya di museum ini yaitu menonton sebuah film pendek berdurasi 24 menit berjudul Mahaguru Merapi di teater mini museum. Isi dari film tersebut adalah dua sisi dari Gunung Merapi. Dari sisi positif, Merapi mampu memberikan kesuburan pada tanamannya sehingga membuat makhluk hidup di sekitar menjadi sejahtera. Sedangkan sisi negatifnya yaitu Merapi juga lah yang menghancurkan semua yang ada di sekitarnya termasuk makhluk hidup yang tinggal di dekat Merapi. Menonton film ini cocok kalian lakukan setelah lelah berkeliling musuem. Terlepas dari sisi positif dan negatifnya, film ini mampu membuat kalian merasa lebih dekat dan mengenal Gunung Merapi.

Hasil gambar untuk kopi klotok ngelancong weekend

(gambar: http://ngelancongweekend.com/)

Bagi kalian yang inign mencari warung makan di area museum, kalian belum bisa menemukannya. Akan tetapi, kalian akan dapat menjumpai beberapa warung yang menjajakan makanan khas Jogja di sepanjang jalan sebelum Musuem Gunung Merapi. Ada satu tempat makan yang begitu terkenal di sekitar museum yaitu Warung Kopi Klotok. Kalian dapat berkunjung ke warung ini sebelum atau sesudah dari museum. Makanan yang ditawarkan pun berupa makanan khas pedesaan. Tak hanya makanannya yang khas pedesaan, suasana sawah yang diiringi oleh kicau burung membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.