Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Air Terjun Sigura-gura, Segarnya Guyuran Air dari Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Tags : #airterjun #tertinggi #batak

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Siapa sih yang tidak kenal dengan danau terbesar di Indonesia? Tentu, banyak orang Indonesia yang sudah tahu jika Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Selain danau terbesar, Provinsi Sumatera Utara yang terkenal dengan suku bataknya ini juga memiliki air terjun tertinggi di Indonesia yaitu Air Terjun Sigura-gura. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang akan datang ke Sumatera Utara. 

Hasil gambar untuk als harga web

(gambar: https://harga.web.id/)

Air Terjun Sigura-gura ini terletak kawasan dataran tinggi Danau Toba atau lebih tepatnya berada di Halado, Pintu Pohan Morant, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Untuk mencapai ke air terjun ini, kalian bisa berangkat dari pusat Kota Medan. Jarak antara pusat Kota Medang dengan Air Terjun Sigura-gura yaitu bisa mencapai 250 km. Sedangkan jika kalian berangkat dari Bandara Internasional Kuala Namu, kalian akan menempuh jarak 230 km. Menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum berupa bus menjadi opsi kalian untuk ke air terjun tertinggi di Indonesia ini. Arahkan kendaraan kalian menuju Kabupaten Toba Samosir. Kalian akan ditemani dengan pemandangan perbukitan yang indah di sepanjang jalan menuju Air Terjun Sigura-gura. 

Hasil gambar untuk air terjun sigura-gura nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Para pengunjung akan dikenai tarif masuk ke Air Terjun Sigura-gura sebesar Rp. 10.000. Kalian pun juga dapat mengunjungi air terjun ini selama 24 jam. Namun, sangat disarankan untuk datang sebelum malam tiba karena di kawasan wisata air terjun ini masih minim dengan fasilitas khususnya penerangan jalan. 

Hasil gambar untuk air terjun sigura-gura ksm tour

(gambar: https://ksmtour.com/)

Sesampainya di Air terjun Sigura-gura, kalian akan disambut dengan derasnya aliran air yang meluncur dari ketinggian yang cukup tinggi menuju ke daratan. Ketinggian dari Air Terjun Sigura-gura ini mencapai 250 meter. Maka tak heran jika air terjun ini dinobatkan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia mengalahkan Air Terjun Madakipura dan Air Terjun Payakumbuh yang masing-masing memiliki tinggi 200 meter dan 150 meter. Aliran deras air yang ada di Air Terjun Sigura-gura ini berasal dari Sungai Asahan. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa Sungai Asahan ini berhulu di Danau Toba.

Hasil gambar untuk air terjun sigura-gura wisatoid

(gambar: https://wisato.id/)

Ada banyak aktivitas yang dapat kalian lakukan di Air Terjun Sigura-gura ini. Salah satunya adalah menikmati segarnya air dengan berenang. Suasana sejuk karena dikelilingi oleh peopohonan yang begitu rindang, membuat acara berenang kalian semakin nikmat. Berenang atau mandi di air terjun ini dapat memulihkan rasa bugar kalian setelah menempuh perjalanan yang lama untuk menuju ke tempat ini. Cobalah berdiri pas di bawah turunnya air dan nikmati sensasi dipijat dengan banyaknya debit air yang menghujam tubuh kalian. Jika kalian berenang di air terjun ini, kalian perlu berhati-hati karena di air terjun ini ada beberapa bebatuan yang dilapisi oleh lumut dan tentunya akan sangat licin. 

Hasil gambar untuk air terjun sigura-gura tourtoba com arung jeram

(gambar: https://tourtoba.com/)

Air Terjun Sigura-gura ini juga cocok digunakan untuk menjajal arung jeram. Aliran air yang selalu deras dan bebatuan yang cukup banyak menghiasi lantai dari air terjun menjadi tantangan bagi kalian yang ingin mencoba bermain arung jeram di Air Terjun  Sigura-gura. Kalian dapat menyewa perahu karet dan segala perlengkapan arung jeram di sekitar kawasan air terjun ini. Tak hanya itu, kalian juga dapat menyewa guide untuk memandu berwisata arung jeram di air terjun ini. Dengan bermain arung jeram, kalian akan merasakan sensasi yang berbeda di Air Terjun Sigura-gura. Tak hanya itu, air terjun ini juga kerap kali menggelar ajang arung jeram dari tingkat nasional hingga internasional. Hal ini berarti derasnya arus di air terjun ini sudah diakui dunia lewat ajang tersebut.

Hasil gambar untuk air terjun sigura-gura native indonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Duduk di bebatuan air terjun dan menikmati hawa sejuk khas pegunungan juga tidak salah apabila kalian lakukan di tempat ini. Berfotolah dengan latar belakang air terjun yang begitu indah. Dengan berfoto di air terjun ini  berarti kalian telah meninggalkan kenangan manis di air terjun. Mungkin nanti foto kalian akan mendapatkan efek-efek kabut karena mengingat loksi air terjun ini berada di sebuah pegunungan. Namun, hal itu lah yang justru membuat hasil jepretan kalian beda dari yang lain. 

Hasil gambar untuk bendungan sigura gura

(gambar: http://www.xplorasi.me/)

Air Terjun Sigura-gura ini bukan hanya berfungsi sebgai tempat wisata saja. Air yang mengalir di Air Terjun Sigura-gura ini juga dimanfaatkan untuk sumber energi pembangkit listrik tenaga air atau yang sering kita sebut dengan PLTA. Air yang dari Air Terjun Sigura-gura ini semuanya akan ditampung terlebih dahulu di sebuah bendungan yang besar sebelum dijadikan sebagai energi pembangkit listrik. Bendungan ini bernama Bendungan Sigura-gura. Karena saking luasnya, bendungan ini menjadi bendungan terluas nomor 2 di Indonesia setelah Bendungan Sutami.

Hasil gambar untuk mie gomak tour toba

(gambar: https://tourtoba.com/)

Kalian juga tidak perlu khawatir kelaparan jika sedang berkunjung di Air Terjun Sigura-gura. Di sekitar air terjun, sudah ada banyak warung-warung yang menjualkan makanan. Namun apabila kalian ingin mencoba kuliner khas Kabupaten Toba Samosir, maka kalian bisa mencicipinya sebelum atau sesudah mengunjungi Air Terjun Sigura-gura. Ada beberapa makanan khas yang perlu kalian coba yaitu mie gomak dan kue lampet. Mie gomak ini merupakan mie yang berukuran besar. Disebut gomak, karena cara mengambil mie ini dengan menggunakan tangan. Sedangkan kue lampet ini sangat mirip dengan kue putu yang ada di Pulau Jawa. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.