Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Danau Poso, Pasir Putihnya Memberikan Sensasi Liburan di Pantai
Tags : #pasir #danau #poso

Bicara tentang wisata danau yang ada di Indonesia, mungkin yang akan terlintas di benak kalian hanyalah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Padahal wisata danau yang ada di Indonesia lebih dari sekadar Danau Toba. Ada banyak sekali danau yang bisa menjadi alternatif wisata kalian. Dan salah satunya adalah Danau Poso. Ada hal beberapa hal menarik tentang Danau Poso. Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan luas mencapai 32.000 hektare. Selain itu, danau ini juga memilki hamparan pasir putih bak sebuah pantai yang eksotis. 

Hasil gambar untuk danau poso

(gambar: https://www.pesonaindo.com/)

Hasil gambar untuk danau poso

(gambar: http://kostisolo.co.id/)

Tak hanya itu, Danau Poso juga memiliki kedalaman yang cukup dalam yaitu hingga 510 meter. Oleh karena itu, danau ini juga menjadi salah satu danau terdalam di Indonesia. Danau ini memiliki udara dingin dan sejuk karena lokasi dari danau ini berada di ketinggian 657 mdpl. 

Hasil gambar untuk jalanan di poso

(gambar: http://torabastem.blogspot.com/)

Jika meninjau dari namanya, kalian pasti sudah tahu dimana danau ini berada. Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Letak danau ini strategis dan cukup mudah untuk kalian capai. Kalian dapat menempuh ke danau ini menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika kalian berangkat dari pusat kota Poso, kalian akan menempuh jarak 56 km dengan waktu 1,5 jam. Selain itu, danau ini juga dekat dengan jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Toraja, Poso, Gorontalo, dan Manado. 

Hasil gambar untuk danau poso tunawisma

(gambar: http://tunawisma.com/)

Pemandangan yang ada di Danau Poso ini sungguh menarik dan menawan. Keindahan Danau Poso ini terlihat dari banyaknya pepohonan dan bukit-bukit yang mengelilingi danau. Selain itu, sejuknya udara di sini seakan-akan membuat kalian telah lupa dengan segala beban yang ada dalam pikiran. Tak hanya terkenal dengan keindahannya, danau ini juga terkenal dengan keunikannya. Air yang ada pada Danau Poso ini selalu jernih meskipun kerap dilanda banjir atau pun hujan deras. Bahkan banyak juga masyarakat yang bilang bahwa air di Danau Poso ini akan selalu jernih. 

Hasil gambar untuk danau poso merahputih

(gambar: https://merahputih.com/)

Selain warna airnya yang selalu jernih, danau ini juga memiliki dua warna air yang berbeda dalam satu danau. Pada bagian tepi danau, kalian akan menjumpai warna air danau yang hijau bening. Sedangkan warna biru laut akan kalian temukan di bagian tengah danau. Hal ini lah yang akan membuat kalian berasa di pantai dengan suasana tenang tanpa adanya gemuruh ombak.

Hasil gambar untuk danau poso nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Selain warna airnya yang membuat kalian berasa di pantai, hamparan pasir halus di tepian danau semakin menjadikan tempat ini sebagai danau rasa pantai. Tak hanya memiliki 2 warna air, danau ini juga memiliki dua warna pasir yang berbeda. Ketika sampai di Danau Poso ini, kalian akan disambut dengan pasir berwarna putih dan kuning ke-emasan. Kalian pun dapat dengan enjoy bermain air di danau ini. Bermain air lah di tepi danau dengan pasir-pasir danau yang halus. Kalian juga tidak akan menemukan bebatuan yang akan membahayakan kaki kalian. 

Hasil gambar untuk surga di tanah poso danau poso

(gambar: https://pesona.travel/)

Bagi kalian yang ingin menelusuri keindahan danau, kalian bisa menyewa ketingting. Ketingting merupakan bahasa daerah Poso yang berarti kapal motor. Dengan kapal motor ini, kalian bisa ke berbagai penjuru danau dan menyaksikan pesona alam yang ditawarkan oleh danau ini. Tak berhenti di situ, kalian juga akan diajak melihat aktivitas warga yang jarang ditemui di kota-kota besar seperti memancing, menjala ikan, hingga budidaya ikan di keramba. Kalian pun juga bisa ikut memancing bareng nelayan. Jika kalian hoki, kalian bisa mendapatkan ikan sidat yang besarnya dapat mencapai 2 kg. Ikan sidat ini merupakan ikan endemik dari Danau Poso dan menjadi ikan air tawar terbesar di spesiesnya. 

Hasil gambar untuk danau poso detik

(gambar: https://travel.detik.com/)

Danau Poso ini masih menyimpan berbagai keunikannya dan salah satunya yaitu adanya sekumpulan bebatuan yang terapung di danau. Bebatuan ini biasa disebut dengan warga yaitu Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangsa Angga. Dalam bahasa lokal setempat, Watu Ngonggi ini berarti sekumpulan batu yang dapat berbunyi jika dipukul. Sedangkan Watu Asa Mpangsa Angga adalah batu yang digunakan oleh banyak roh halus untuk mengasah pisau dan parang. Bekas asahan pisau tersebut dapat kalian lihat bekasnya di Watu Asa Mpangsa Angga. 

Hasil gambar untuk taman anggrek danau poso jalan wisata

(gambar: https://www.triptrus.com/)

Mumpung di Danau Poso, mampirlah ke Taman Anggrek. Taman Anggrek merupakan tempat konservasi bunga anggrek terbesar di Indonesia. Luas taman ini mencapai 5000 hektare. Menikmati keindahan bunga anggrek dan eksotisnya Danau Poso tentu bukan pilihan yang salah. Taman ini juga menjadi spot foto menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Bunga Anggrek andalan dari taman ini adalah Anggrek Hitam. Keberadaan anggrek hitam ini sudah langka, jadi kalian perlu berhati-hati jika ingin melihat atau pun memegang bunga tersebut.

Hasil gambar untuk ikan sogili bakar

(gambar: https://www.sipendik.com/)

Seharian berkeliling danau, tentunya akan membuat perut kalian kelaparan. Tenang saja, di sekitar Danau Poso ini banyak sekali warung makan yang menjajakan kuliner khas Poso. Salah satu kuliner khas Poso yang menjadi favorit para wisatawan adalah ikan sogili bakar dan belut air tawar. Olahan ini menggunakan bumbu rica-rica atau dabu-dabu dengan perasan jeruk nipis dan campuran tomat dan bawang merah. Selain kedua makanan tersebut, kalian harus mencicipi nasi bambu khas Poso atau biasa dikenal dengan inuyu. Inuyu dibuat dari beras ketan lalu ditambahi santan dan bumbu lainnya. Dan tahap terakhir dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar dengan menggunakan kayu bakar selama 3 hingga 4 jam.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.