Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pulau Kemaro, Delta Kecil Dengan Nuansa Tionghoa Yang Kental di Seberang Sungai Musi
Tags : #pulau #unik #muara #delta #palembang

Kota Palembang memang terkenal dengan sejarahnya yang begitu kental. Kota yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini pada zaman dahulu pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang seperti kalian ketahui Kerajaan Sriwijaya merupakan kerjaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Kota Palembang ini juga dinobatkan sebagai kota tertua yang ada di Indonesia. Dengan sejarahnya yang panjang itu lah, Palembang dikenal sebagai kota yang penuh dengan cerita sejarah dan budayanya. Salah satu tempat wisata yang menyimpan cerita sejarah Palembang adalah Pulau Kemaro. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Hasil gambar untuk pulau kemaro srivijaya id

(gambar: https://srivijaya.id/)

Pulau Kemaro ini sejatinya bukanlah sebuah pulau. Pulau Kemaro ini adalah sebuah delta yang terletak di seberang Sungai Musi. Karena letaknya yang berpisah dengan daratan Kota Palembang, banyak masyarakat yang menyebut tempat ini sebagai pulau. Nuansa Tionghoa sangat kental di Pulau Kemaro ini karena di sini dibangun sebuah klenteng bernama Klenteng Hok Tjing Rio. Selain ada klenteng, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah kuil Buddha yang biasa digunakan untuk berdoa dan berziarah. Sering juga di Pulau Kemaro ini diadakan acara Cap Go Meh setiap tahun baru imlek. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro bisniswisata

(gambar: https://bisniswisata.co.id/)

Lokasi dari Pulau Kemaro ini berada di tengah Sungai Musi atau tepatnya di Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Sumatera Selatan. Untuk menuju ke Pulau Kemaro, kalian tentunya harus pergi ke Kota Palembang terlebih dahulu. Jika kalian ke Palembang menggunakan pesawat terbang, maka kalian akan turun di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. Dari Bandara, kalian harus menuju ke Jembatan Ampera terlebih dahulu sebelum menyeberang ke Pulau Kemaro. Kalian bisa menggunakan LRT yang dapat menghubungkan dari bandara menuju ke Jembatan Ampera. Dengan menggunakan LRT ini, waktu yang kalian tempuh akan lebih singkat. Setelah itu, kalian harus menaiki kapal dengan harga sewa Rp. 100.000 per kapal. Datangnlah secara rombongan karena kalian bisa patungan membayar sewa kapal ini. Waktu yang akan kalian tempuh menuju Pulau Kemaro adalah sekitar 1 jam. Selama perjalanan, kalian akan dibuat takjub dengan keindahan sungai terpanjang nomor 5 di Indonesia yaitu Sungai Musi. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro mardiaheyyy

(gambar: http://www.mardiaheyyy.com/)

Sesampainya di Pulau Kemaro pun, kalian tidak akan dikenakan tiket masuk. Jadi pengeluaran kalian hanya dihabiskan untuk perjalanan dari Ampera menuju ke Pulau Kemaro. Kalian bisa mengunjungi Pulau Kemaro setiap hari pada pukul 07.00 hingga pukul 19.00. Dengan jam buka yang cukup lama, kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam di Pulau Kemaro ini. Bersantai, berfoto, dan belajar sejarah di dalamnya adalah aktivitas yang harus kalian lakukan di Pulau Kemaro. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro nusatour

(gambar: https://nusatour.co.id/)

Pulau Kemaro ini sangat terkenal dengan bangunan pagodanya. Pagoda yang ada di pulau ini sungguh spesial karena memiliki 9 lantai. Pagoda ini merupakan bangunan yang tergolong baru. Dibangun pada tahun 2006, pagoda 9 lantai ini menjelma menjadi daya tarik utama dari Pulau Kemaro. Karena tingginya, pagoda lantai 9 yang didominasi warna merah ini dapat kalian lihat dari daratan utama Kota Palembang. Pagoda ini semakin cantik ketika mendekati perayaan Tahun Baru Imlek karena pagoda ini akan dihiasi dengan lampion warna-warni yang sungguh menarik. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro rahmawatie

(gambar: https://rahmawatie.com/)

Bangunan utama yang ada di Pulau Kemaro ini adalah Klenteng Hok Tjing Rio. Dibangun pada tahun 1962, klenteng ini masih berdiri dengan kokohnya. Pada bagian salah satu klenteng, terdapat dua buah makam dari tokoh terkenal pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Makam pertama yaitu makam dari pangeran Cina yang bernama Tan Bun An. Sedangkan makam kedua yaitu merupakan makam dari putri raja bernama Siti Fatimah. Mereka adalah sepasang suami istri yang beda agama. Siti Fatimah beragama islam sedangkan Tan Bun An beragama Buddha. Walaupun beda agama, mereka menjalani cerita asmaranya dengan baik-baik saja. Kedua tokoh ini lah yang menyebabkan adanya sebuah legenda tentang terbentunknya Pulau Kemaro. 

Hasil gambar untuk pulau kemaro indonesiakaya pohon

(gambar: https://www.beepdo.com/)

Selain kedua bangunan di atas, Pulau Kemaro ini juga memiliki daya tarik berupa Pohon Cinta. Pohon ini merupakan sebuah pohon beringin yang tumbuh dengan kuat di Pulau Kemaro. Bukan hanya sebuah pohon, Pohon Cinta ini juga menjadi sebuah lambang kisah cinta antara Siti Fatimah dan Tan Bun An. Mitos mengenai pohon ini pun berkeliaran di masyarakat. Mitosnya yaitu apabila kalian mengukir nama kalian dan pasangan kalian pada Pohon Cinta maka hubungan kalian akan lanjut hingga jenjang pernikahan.

Hasil gambar untuk pulau kemaro traveltempo

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Satu yang tidak boleh ketinggalan jika berkunjung ke tempat ini adalah yaitu menyempatkan diri untuk mengabadikan momen kalian di sini. Pulau Kemaro ini menawarkan berbagai macam spot foto yang pastinya sudah masuk dalam kriteria instagramable kalian. Detail-detail ornamen pada bangunan yang didominasi dengan warna merah dan kuning ini semakin membuktikan suasana budaya Cina sangat kental di sini.

Hasil gambar untuk pempek palembang

(gambar: https://www.liputan6.com/)

Sayang sekali di sekitaran Pulau Kemaro ini belum terdapat warung-warung yang menjajakan makanan. Namun kalian tidak perlu khawatir, kalian masih bisa mencoba kuliner khas Palembang di pusat kotanya. Palembang memang tidak bisa lepas dengan makanan khasnya yaitu pempek. Pempek di sini tentunya beda dengan pempek yang ada di daerah lain. Kapan lagi ya kan mencoba lezatnya pempek di kota asalnya. Pempek adalah olahan makanan yang terbuat dari daging ikan dan digiling halus dengan tepung kanji. Untuk menikmati pempek, akan disajikan saus atau kuah pempek yang segar dan pedas ini. Jadi jangan sampai kelewatan ya untuk mencoba pempek di kota aslinya. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.