Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Candi Ratu Boko, Candi Dengan Pemandangan Sunset Terbaiknya
Tags : #candi #jogja #peninggalan

Candi Ratu Boko ini sebenarnya bukan merupakan sebuah candi. Jadi jika kalian membayangkan Ratu Boko ini sebuah candi yang mirip dengan Candi Prambanan, maka kalian salah besar. Ratu Boko sejatinya adalah sebuah reruntuhan bangunan batu yang berfungsi sebagai istana. Ratu Boko ini juga biasa disebut dengan Situs Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko. Namun karena adanya reruntuhan bebatuan yang berserakan, tempat ini dinamai oleh banyak orang dengan Candi Ratu Boko.

Keraton Ratu Boko terletak di sebelah selatan Candi Prambanan atau tepatnya di Dusun Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Jarak antara Candi Ratu Boko dengan Prambanan pun sangat dekat yaitu hanya 3 km. Jika kalian berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, kalian bisa menggunakan bus Trans Jogja nomor 1A dan 1B. Setelah itu, turunlah di Terimnal Prambanan. Lalu lanjutkan perjalanan kalian menggunakan ojek dari terminal menuju Candi Ratu Boko.

Hasil gambar untuk candi ratu boko destinasiku

(gambar: https://destinasiku.com/)

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Candi Ratu Boko buka setiap hari pada jam 07.00 – 17.00. Tiket masuk ke kawasan Candi Ratu Boko yaitu sebesar Rp. 40.000 untuk usia 10 tahun ke atas. Sedangkan anak-anak usia dibawah usia 10 tahun hanya membayar Rp. 20.000. Selain itu juga ada tiket untuk rombongan dengan minimal 20 orang yang menyertakan surat keterangan dari sekoalah atau universitas. Harga untuk tiket tersebut adalah Rp. 20.000.

Hasil gambar untuk candi ratu boko tripjogja

(gambar: https://tripjogja.co.id/)

Candi Ratu Boko ini dikelola oleh sebuah manajemen yang masih sama dengan Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Oleh karena itu, di sini juga terdapat tiket terusan ke Candi Prambanan atau pun ke Candi Borobudur. Biaya yang harus dikeluarkan pun sama untuk Prambanan atau Borobudur yaitu Rp. 75.000 untuk usia 10 tahun ke atas dan Rp. 50.000 untuk anak di bawah usia 10 tahun. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas shuttle yang dapat digunakan dari Candi Prambanan menuju Candi Ratu Boko. 

Hasil gambar untuk candi ratu boko tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Kompleks Candi Ratu Boko ini berdiri di lahan seluas 25 hektare dan berada di ketinggian 196 mdpl. Kompleks candi ini dibagi menjadi 4 bagian yang terdiri dari bagian tengah, barat, tenggara, dan timur. Kalian dapat menjumpai gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan paseban di bagian tengan. Sedngkan di bagian tenggara, kalian akan menemui pendopo, balai-balai, 3 candi, kolam, dan kompleks keputren. Di timur, terdapat kompleks gua, stupa Budha, dan kolam. Bagian barat dari kompleks candi ini hanya terdapat bukit hijau yang mampu memanjakan mata kalian.

Hasil gambar untuk candi ratu boko

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Sesampainya di Candi Ratu Boko, kalian akan langsung disambut dengan gerbang masuk Candi Ratu Boko setelah berjalan dari parkiran sejauh 100 meter. Gerbang masuk candi ini terbagi menjadi dua yaitu gerbang bagian dalam dan bagian luar. Gerbang dalam dari candi ini merupakan sebuah gerbang utama keraton. Gerbang utama ini terdiri dari 5 gapura paduraksa. Sedangkan untuk jumlah gerbang luarnya hanya terdapat 3 buah. 

 

Hasil gambar untuk candi ratu boko candi pembakaran

(gambar: https://blog.airyrooms.com/)

Kalian juga akan menjumpai sebuah candi yang berbahan dasar dari batu putih terletak 45 setelah gapura kedua. Candi ini biasa disebut dengan Candi Batu Putih. Candi ini masih berdiri kokoh, namun bagian atasnya telah lama hilang. Tidak jauh dari Candi Batu Putih, terdapat sebuah candi yang biasa digunakan untuk pembakaran jenazah. Nama candi ini adalah Candi Pembakaran. Candi Pembakaran berbentuk bujur sangkat dengan ukuran 26 meter x 26 meter. Selain itu, candi ini juga dilengkapi dengan 2 teras yang berada di hadapan candi.