Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Tebing Breksi, Dulu Lokasi Penambangan Sekarang Menjelma Menjadi Wisata Kekinian di Jogja
Tags : #tebing #breksi #bukitkapur

Berwisata di Jogja memang tidak akan habis apabila dilakukan dalam satu hari saja karena Jogja menyimpan berjuta tempat wisata yang akan membuat kalian takjub dengan keunikannya. Wisata mulai dari jenis pantai, gunung, taman edukasi, pusat belanja, hingga tempat bekas tambang pun dapat menjadi sebuah tempat wisata yang unik di Jogja. Dan salah satu tempat wisata tersebut bernama Tebing Breksi.

Hasil gambar untuk tebing breksi anekatrip

(gambar: https://www.anekatrip.com/)

Hasil gambar untuk tebing breksi garasijogja

(gambar: https://garasijogja.com/)

Dulunya, Tebing Breksi ini merupakan sebuah tempat bagi masyarakat setempat untuk mencari nafkah dengan menambang batuan kapur putih. Mereka mengikis batuan kapur ini selama bertahun-tahun. Hingga pada tahun 2014, sekumpulan ilmuwan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran melakukan penelitian tentang batuan kapur yang ada di Tebing Breksi ini. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada Tebing Breksi ini ditemukan sebuah batuan jenis Tufan. Batuan jenis Tufan ini sudah sangat jarang dijumpai. Dan berasal dari penelitian tersebut, aktivitas penambangan di Tebing Breksi ini mulai dilarang dan dihentikan. Kawasan ini akhirnya menjadi sebuah Geoheritage yang ada di Yogyakarta. 

Hasil gambar untuk tebing breksi perlupiknik

(gambar: https://www.perlupiknik.com/)

Dengan berhentinya aktivitas penambangan di tebing ini tak lantas membuat warga setempat untuk berhenti mencari nafkah di seikitar tebing ini. Mereka pun menyebar luaskan keindahan tebing ini melalui sosial media dengan cara mengunggahnya. Warga pun antusias sekali untuk menjadikan Tebing Breksi ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Yogyakarta. Mereka perlahan-lahan membangun banyak anak tangga di sisi timur tebing untuk memudahkan akses pengunjung apabila mendatangi tebing ini. Dengan segala usaha para warga dan para pengunjung yang mengunggah foto mereka di sosial media, tempat ini menjelma menjadi destinasi wisata favorit yang harus dikunjungi jika berada di Yogyakarta.

Hasil gambar untuk tebing breksi khatulistiwa travel

(gambar: http://khatulistiwatravel.com/)

Tebing Breksi berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Karena letaknya yang cukup strategis dan tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat tempat ini mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi kalian yang naik kendaraan pribadi, kalian harus mengarahkan kendaraan kalian menuju kawasan Candi Prambanan terlebih dahulu. Apabila kalian dari arah Solo, maka kalian perlu belok ke arah kiri pas berada di lampu merah pertigaan Pasar Prambanan. Sedangkan kalian yang dari arah Yogyakarta, belokkan kendaraan kalian ke arah kanan. Setelah itu jalan terus mengikuti jalan ke arah Candi Ratu Boko. Lalu kalian akan berjumpa dengan perempatan. Dari perempatan, kalian harus belok ke kanan menuju Candi Ijo. Lurus terus ikuti arah jalan dan papan petunjuk yang tersedia maka nanti kalian akan sampai di Tebing Breksi dimana berada pada sisi kiri kalian berkendara.

Hasil gambar untuk bus trans jogja 1a atau 1 b

(gambar: https://kotayogyakarta.com/)

Kalian yang menggunakan kendaraan umum, maka perlu bergonta-ganti moda transportasi. Apabila kalian berangkat dari Stasiun Yogyakarta, kalian tinggal berjalan ke arah halte Trans Jogja. Lalu pilih lah bus yang mengantarkan kalian ke halte Candi Prambanan. Tarif bus Trans Jogja pun cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 5.000. Setelah sampai di halte Candi Prambanan, kalian perlu melanjutkan peralanan menggunakan ojek pengkolan atau ojek online yang dapat kalian pesan lewat smartphone kalian. Jarak dari halte Candi Prambanan menuju Tebing Breksi hanya sekitar 6 km. Jadi kalian tak perlu butuh waktu lebih lama lagi jika sudah sampai di halte Candi Prambanan. 

Hasil gambar untuk tebing breksi jogjarafira

(gambar: https://jogjarafira.com/)

Untuk memasuki tempat wisata Tebing Breksi, kalian akan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau untuk tempat wisata sekelas Tebing Breksi ini. Apabila kalian datang ke Tebing Breksi menggunakan kendaraan umum, kalian perlu membayar tarif parkir sebesar Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 3.000 untuk sepeda motor. Kalian bisa menikmati keindahan Tebing Breksi ini mulai dari pukul 05.00 hingga 18.00 setiap harinya. 

Hasil gambar untuk tebing breksi telusuri

(gambar: https://telusuri.id/)

Berubahnya fungsi tebing dari penambangan menjadi tempat wisata ini dirasa tidak disia-siakan oleh warga dan pemerintah setempat. Pasalnya tebing-tebing ini sekarang sudah dihiasi dengan pahatan batuan kapur oleh seniman lokal yang berbakat. Hasil pahatan yang ada di batuan kapur ini diambil dari cerita pewayangan seperti pahatan Arjuna yang membunuh Buto Cakil, pahatan semar, hingga pahatan naga dengan mahkota di kepalanya. Hasil garapan pahatan di tebing ini sangat detail dan unik. 

Hasil gambar untuk tebing breksi sahabatransel

(gambar: https://sahabatransel.com/)

Keindahan dan keeleganan Tebing Breksi ini sangat sayang apabila kalian lewatkan tanpa mengabadikan momen di sini. Pahatan yang terukir dengan rapi di tebing, bukit tebing yang menjulang tinggi, hingga pemandangan lepas perbukitan dari ketinggian tebing menjadi spot favorit yang selalu dimafaatkan oleh para wisatawan untuk berfoto. Selain itu, kalian juga dapat berfoto dengan burung hantu yang tentunya sudah jinak ketika pertama kali memasuki kawasan Tebing Breksi ini. Panorama yang begitu menakjubkan sembari tangan dihinggapi oleh burung hantu akan menjadi kenangan manis ketika berada di Tebing Breksi. 

Hasil gambar untuk tebing breksi jogjarafira

(gambar: https://jogjarafira.com/)

Waktu terbaik mengunjungi Tebing Breksi adalah ketika matahari mulai menunjukkan pergerakannya ke arah barat. Warna biru langit yang berubah perlahan menjadi oranye semakin membuat suasana di Tebing Breksi lebih romantis lagi. Karena keindahan sunsetnya, tak jarang juga pengunjung yang memanfaatkan tempat wisata ini sebagai tempat foto pre-wedding mereka. Pesawat yang melintasi tepat di atas pas kepala kalian tanpa ada penghalang juga menjadi pemandangan indah yang tidak ditawarkan di tempat lainnya. 

Hasil gambar untuk balkondes uzone

(gambar: https://travel.uzone.id/)

Baru-baru ini, telah diresmikan Balkondes di kawasan Tebing Breksi. Balkondes merupakan sebuah wadah bagi warga Desa Sambirejo untuk mengembangkan produk lokal seperti kuliner khas hingga souvenir yang cantik. Lokasi Balkondes ini sangat dekat dengan Tebing Breksi. Kalian akan disuguhkan panorama Tebing Breksi yang berkelas ketika menyantap hidangan di Balkondes. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.