Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Semakin Dikenal, Gili Trawangan Tetap Ramah Lingkungan
Tags : #pulau #ramahlingkungan #bersih #indah #pantai

Gli Trawangan sejatinya adalah sebuah pulau yang berada di Desa Gili, Kabpuaten Lombok utara. Gili dalam bahasa Indonesia berarti pulau. Selain Gili Trawangan, terdapat juga Gili Meno dan Gili Air. Dan Gili Trawangan lah yang menjadi gili terbesar di antara kedua gili tersebut. Pulau ini memiliki daya tarik khas yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Para wisatawan yang berkujung ke Bali biasanya juga akan mendatangi Gili Trawangan karena memang jarak Pulau Bali dengan Gili Trawangan yang tidak jauh.

Hasil gambar untuk gili trawangan gnfi

(gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id/)

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok society  boat

(gambar: http://www.lomboksociety.web.id/)

Dari Bali, kalian bisa langsung ke Gili Trawangan menggunakan kapal cepat atau speed boat yang terdapat di Tanjung Benoa, Padang Bai, ataupun Sanur. Harga yang dipatok cukup mahal yaitu sekitar Rp. 500.000 – Rp. 800.000. Tapi tenang, kalian bisa memilih moda transportasi yang lain kok. Kita juga bisa terbang langsung menuju Bandara Internasional Lombok. Setelah itu kita dapat memilih taksi, travel, atau bus untuk menuju Pelabuhan Bangsal. Pelabuhan ini lah yang menjadi gerbang utama kita ke Gil Trawangan. Di sini, kalian bisa menggunakan kapal kayu dengan tarif sekitar Rp. 15.000 per orang atau kapal cepat yang tarifnya sebesar Rp 85.000 per orang. 

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok gadiza lombok sunset

(gambar: https://www.gadizalombok.com/)

Pantai Gili Trawangan ini memiliki hamparan pasir putih lembut nan bersih dan juga panorama pantai yang sangat indah. Selain itu, kualitas air di perairan Gili Trawangan ini sangat jernih dan bersih bahkan aneka hewan laut pun juga ada di sini. Kalian yang suka berenang di pantai, bisa banget berenang di pantai ini akan tetapi selalu perhatikan batasan area berenangnya ya! Batasan area berenang di Gili Trawangan ditandai dengan tali atau balon-balon kecil. Para pengunjung diharapkan mematuhi aturan ini karena semakin jauh dari bibir pantai maka lautnya semakin dalam dan tentunya bisa membahayakan. Bersantai dan menunggu datangnya sunset juga menjadi aktivitas menarik di Pantai ini. Kalian bisa bersantai duduk-duduk sambil makan atau minum di kafe dekat pantai.

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok tripadvisor snorkeling

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Karena keanekaragaman biota laut dan air laut yang jernih, tempat ini menjadi tempat yang cocok bagi kalian pecinta snorkeling dan diving. Pengunjung bisa memilih spot-spot snorkeling atau diving favorit seperti jack point, halik reef, shark point, dan masih banyak lainnya. Para pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan bawah laut yang tak pernah dilihat sebelumnya. 

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok traveloka banana boat

(gambar: https://www.traveloka.com/)

Seakan tak mau kalah dengan Tanjung Benoa yang ada di Bali, fasilitas water sport yang ada di Gili Tranwangan ini juga terbilang lengkap. Banana boat, kayak, jet ski, memancing, water skiing, dan paddle board semuanya bisa kalian coba di sini. Tinggal pilih sesuai dengan keinginan dan budget kalian.

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok gerbang lombok cidomo

(gambar: https://gerbanglombok.co.id/)

Selain aktivitas yang berkaitan dengan air, kalian juga bisa menikmati keindahan Pulau Gili Trawangan menggunakan sepeda atau cidomo (dokar). Sebagai informasi, di Pulau Gili Trawangan ini sama sekali tidak ada kendaraan bermotor lho. Oleh karena itu banyak sepeda disewakan di tempat ini. Karena Pulau Gili Trawangan ini tidak begitu luas, maka kalian bisa menjelajahi seluruh sudut pulau dengan sepeda. Atau alternatif lainnya yaitu menggunakan cidomo. Kalian perlu membayar Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 untuk berkeliling pulau menggunakan cidomo.  

Hasil gambar untuk gili trawangan lombok trip advisor restoran

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Untuk masalah kuliner, Gili Trawangan juga tidak kalah dengan daerah lainnya. Bahkan di sepanjang jalan menuju Gili Trawangan, terdapat banyak sekali kafe dan bar yang menjual makanan luar negeri seperti Eropa, Amerika, dan Chinese Food. Namun, harga yang ada di tempat makan tersebut terbilang mahal untuk wisatawan domestik. Tapi tenang, bagi kalian yang ingin menghemat budget makan, datanglah ke tempat makan yang menjual masakan khas Indonesia. Pasti harganya akan lebih murah. 

Rekomendasi Destinasi Romantis Bernuansa Alam di Indonesia

(gambar: https://phinemo.com/)

Hotel-hotel yang ada di Gili Trawangan memiliki fasilitas lengkap. Kita pun bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti berenang, spa, menicure, dan pedicure. Bagi kalian yang ingin merasakan kedamaian, kalian bisa memilih hotel yang agak jauh dari Gili Trawangan karena biasanya pada akhir pekan atau hari tertentu, bar dan cafe di sekitar pantai akan menggelar acara live music. Tapi jika kalian ingin merasa dekat dengan suasana Pantai Gili Trawangan, maka bisa memilih hotel dekat dengan pantai. Di Gili Trawangan ini, ada hotel yang perlu kalian coba karena keunikannya. Hotel tersebut merupakan Vila Ombak. Kalian akan merasakan sensasi menonton film bareng di tepi Pantai Gili Trawangan.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.