Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Perlahan Sudah Tinggalkan Kesan Angker, Lawang Sewu Jadi Wisata Terfavorit di Semarang
Tags : #lawangsewu #gedungtua #mistis

Dahulu, kita mengenal Lawang Sewu sebagai tempat yang paling menyeramkan. Hal itu bukan lah sebuah opini saja. Lawang Sewu pernah dinobatkan sebagai tempat paling berhantu nomor dua di Asia. Hal ini tak lepas dari kisah masa lalu lawang sewu yang merupakan gedung tua besar dan tak berpenghuni. Tentu saja, ini menyebabkan cerita-cerita horor tentang Lawang Sewu bermunculan. 

Gambar terkait

(gambar: http://sayaajarkan.com/)

Hasil gambar untuk lawang sewu tempatwisata

(gambar: https://tempatwisatadaerah.blogspot.com/)

Lawang Sewu sejatinya dulu adalah gedung perkantoran milik perusahaan Belanda yaitu Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Dari NIS lah sejarah pembangunan rel kereta api pertama di Indonesia terjadi pada tahun 1874. Bangunan tua bersejarah ini dirancang oleh arsitek Eropa sehingga gaya arsitektur dan ornamen-ornamennya mengarah pada bangunan-bangunan Eropa. Setelah masa kemerdekaan, gedung ini berfungsi sebagai kantor dari Djawatan Kereta Api Indonesia, yang kini namanya adalah PT. Kereta Api Indonesia. 

Hasil gambar untuk lawang sewu beritagar

(gambar: https://beritagar.id/)

Namun, setelah adanya renovasi pada gedung ini. Lawang Sewu berubah menjadi kawasan wisata yang selalu banyak dikunjungi oleh banyak orang. Dan yang paling menarik yaitu kesan mistis tentang bangunan tua ini lama-lama hilang dari stigma masyarakat Indonesia. Orang-orang sekarang mengenal Lawang Sewu sebagai tempat wisata favorit di Semarang.

Hasil gambar untuk lawang sewu tripadvisor pintu

(gambar: https://www.tripadvisor.in/)

Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti gedung dengan seribu pintunya. Gedung yang memiliki tiga lantai dan satu ruang bawah tanah ini sebenarnya tidak memiliki jumlah pintu hingga 1000. Jumlah pintu lobang yang ada di Lawang Sewu adalah 429 buah, namun apabila daun pintu juga ikut dihitung maka jumlahnya bisa mencapai 1200 buah. Oleh sebab itu, gedung ini dinamakan Lawang Sewu.                                                                                                                                                                                                                       

Hasil gambar untuk lawang sewu kepogaul

(gambar: https://www.kepogaul.com/)

Lawang Sewu terletak di Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang, Jawa Tengah. Lokasi Lawang Sewu pun sangat strategis karena terletak di jantung kota Semarang yang dapat di akses dengan mudah oleh berbagai jenis kendaraan umum yang ada. Lawang Sewu bisa ditempuh dari stasiun, bandara, maupun pelabuhan menggunakan bus Trans Semarang karena bus Trans Semarang ini akan turun pas di depan Lawang Sewu. Harga tiket masuk ke dalam kawasan Lawang Sewu hanyalah Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Lawang Sewu buka setiap hari jadi kalian bisa datang ke tempat ini kapan pun pada pukul 07.00 – 21.00 WIB. 

Hasil gambar untuk lawang sewu traveltodayindonesia

(gambar: http://traveltodayindonesia.com/)

Para wisatawan bisa mengambil gambar dan berfoto di setiap sudut gedung ini. Sembari berfoto, kalian juga bisa mengetahui sejarah dibalik gedung tua yang masih kokoh berdiri ini dengan menggunakan jasa tour guide yang tersedia. Waktu terbaik saat berkunjung ke gedung ini adalah ketika matahari akan terbenam dimana lampu-lampu kota mulai menerangi kawasan Lawang Sewu ini.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.