Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menjajakki Gedong Songo Yang Memukau Mata
Tags : #candigedongsongo #bandungan #bukit

Candi Gedong Songo merupakan candi penginggalan dari Wangsa Syaliendra dan dibangun oleh Putra Sanjaya, Raja Mataram Kuno pada abad ke 7. Tujuan dibangunnya candi ini adalah untuk memuja para dewa. Hal ini dibuktikan dengan adanya patung Siwa Mahakala, Siwa Mahaguru, dan Ganesha. Candi Gedong Songo berbentuk seperti candi Hindu lainnya yaitu atap berundak. Tak hanya menawarkan bangunan bersejarah, kompleks Candi Gedong Songo juga diperindah dengan pepohonan hijau dan bunga-bunga cantik yang bermekaran. 

Hasil gambar untuk candi gedongsongo native indonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Hasil gambar untuk candi gedongsongo simomot

(gambar: https://simomot.com/)

Candi Gedong Songo terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Hal ini tentu membuat komples Candi Gedong Songo berudara sejuk dan dingin dengan suhu antara 19-27 derajat celcius. Tempat wisata Gedong Songo beralamat di Desa Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang. Alat transportasi yang bisa diakses menuju ke Gedong Songo pun terbatas. Ada baiknya jika para wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Lalu, kalian bisa menemukan jalan ke Gedong Songo menggunakan GPS atau mengandalkan papan petunjuk arah yang tersedia. Tiket masuk wisatawan adalah Rp. 6.000 di hari biasa dan Rp. 7.500 untuk hari libur. Candi Gedong Songo mulai dibuka pada pukul 06.00 – 18.00.

Hasil gambar untuk candi gedongsongo loket

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Nama gedong songo diambil dari Bahasa Jawa yang berarti bangunan yang berjumlah 9 buah. Gedong memiliki arti bangunan sedangkan songo berarti sembilan. Meskipun memiliki 9 candi, namun kita hanya diperbolehkan mengunjungi 5 candi yang ada yaitu Candi Gedong I  hingga Candi Gedong V. Kalian akan melewati rute jalanan yang cukup membuat kelelahan jika kurang persiapan. Jalanan yang dilewati berupa tanjakan dan bebatuan. Setiap candinya berjarak kurang lebih 200 – 300 meter. Ada baiknya kalian melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menyusuri ke lima candi tersebut. Namun bagi kalian yang tidak ingin menguras tenaga lebih banyak, kalian bisa memilih untuk menunggangi kuda. Harga untuk menunggangi kuda ini sebesa Rp. 25.000 dan akan bertambah sesuai dengan jarak yang ditempuh.  

Hasil gambar untuk candi gedongsongo fahmianhar

(gambar: https://fahmianhar.com/)

Perjalanan kita akan diawali dengan mengunjungi Candi Gedong I. Para pengunjung akan berjalan menaiki anak tangga yang banyak jumlahnya. Jarak antara pintu masuk dengan Candi Gedong I lumayan jauh. Bagi kalian yang kelelahan dan tidak membawa minum, di sana akan ada gubug yang menjual minuman atau pun makanan. Salah satu yang terkenal ada sate kelinci dan wedang ronde yang terbukti mampu menghangatkan tubuh kita. Jalanan yang dilewati juga berkelok dimana pepohonan yang tinggi dan rindang selalu menemani perjalanan kita. Ketika sampai di Candi Gedong I, kalian akan menjumpai bangunan candi yang tingginya lebih dari 5 meter dan terdapat juga relief. Di candi ini, sering sekali dijadikan tempat berfoto. Tak jarang juga banyak yang menjadikan Candi Gedong I sebagai lokasi pre-wedding. 

Hasil gambar untuk candi gedong 2

(gambar: http://www.primahapsari.com/)

Langkah kita selanjutnya akan berhenti sejenak di Candi Gedong II. Di Candi Gedong II, kalian bisa menemukan arca di bagian luar dinding. Selain itu, di depan Candi Gedong II juga terdapat Candi Perwara yang sering dianggap sebagai penjaga.

Hasil gambar untuk candi gedong 3 vio's blog

(gambar: http://rosalinavionita.blogspot.com/)

Naik satu tingkat di atasnya yaitu Candi Gedong III. Di Candi Gedong III ini, akan kalian dapati 3 buah candi. Dua buah candi besar berdiri bersampingan menghadap timur dan satu candi kecil menghadap ke arah barat. Kalian akan menjumpai arca Siwa berdiri sambil membawa gada atau senjata dan arca Ganesha dan Durga bertangan delapan di dinding Candi Gedong III.

Hasil gambar untuk candi gedong 4 flickr

(gambar: https://www.flickr.com/)

Candi berikutnya adalah Candi Gedong IV. Bentuk candi ini sekilas mirip dengan Candi Gedong II. Candi ini berada di ketinggian 1295 mdpl. Di sini, kalian juga akan menyaksikan reruntuhan candi yang diduga Candi Perwira. Tak hanya itu, kalian juga akan mendapati sebuah kolam pemandian uap dari air panas yang masih alami. Para wisatawan tentunya bisa menikmati kehangatan air panas di kolam ini. Dengan membayar Rp. 10.000, kalian sudah bisa langsung menghilangkan rasa capek setelah berjalan dari Candi Gedong I hingga Candi Gedong IV. 

Hasil gambar untuk candi gedong 5

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Dan candi terakhir yang bisa kita kunjungi adalah Candi Gedong V. Candi yang memiliki bentuk menyerupai Candi Gedong II dan IV ini memiliki arca Ganesha yang sedang bersila, tepatnya di dinding bagian luar dari Candi Gedong V. Setelah menikmati keindahan dari Candi Gedong I hingga Gedong V, kalian akan diantarkan untuk kembali ke bawah. Jalan yang dilewati pun berbeda dengan jalan ketika naik ke Candi Gedong I sampa Gedong V. Hal ini  membuat perjalanan menuruni bukit sembari menyaksikan keindahan Gunung Ungaran dari sisi lain semakin menarik.

Hasil gambar untuk susan spa trivindo

(gambar: https://www.trivindo.com/)

Kalian yang ingin tinggal lebih lama di daerah Candi Gedong Songo untuk menjelajahi keindahan alam sekitar Gedong Songo ataupun menikmati hawa dingin Bandungan tidak perlu khawatir karena di sekitar kawasan candi sudah terdapat banyak penginapan berupa hotel yang sangat nyaman. Salah satu hotel yang menarik untuk kita inapi adalah Susan Spa & Resort.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.