Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Kota Lama Semarang, Bagian Sejarah Indonesia Yang Tak Pernah Pudar
Tags : #tua #kolonial #belanda #kotalama #semarang

Semarang yang notabene merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah dan menjadi ibukota provinsi tersebut kerap kali menyimpan pesona wisata yang jarang ditemukan di tempat lain. Misalnya seperti kawasan wisata di Kota Lama. Kota Lama adalah sebuah tempat dimana berdiri gedung-gedung peninggalan zaman Kolonial yang berusia sekitar 200-300 tahun. Dan uniknya, gedung-gedung tersebut masih berdiri dengan kokoh dan dapat digunakan sesuai fungsinya. 

Hasil gambar untuk kota lama semarang joss id

(gambar: https://joss.co.id/)

Hasil gambar untuk kota lama semarang beritaproperti

(gambar: https://artikel.rumah123.com/)

Dulunya, Kota Lama ini merupakan pusat perdagangan warga Semarang. Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Kereta Api dan Pelabuhan Tanjung Emas membuat keberadaan Kota Lama ini menjadi sentral di sektor perdagangan. Apalagi, dahulu semua barang-barang perdagangan datang dan pergi selalu melalui pelabuhan. Karena dibangun pada 2 hingga 3 abad yang lalu, bangunan-bangunan di Kota Lama memiliki model bangunan seperti di Benua Eropa sekitar tahun 1700 an seperti adanya ruang bawah tanah, pintu dan jendela yang tinggi besar, atap yang unik, serta kaca-kaca yang dipasang memiliki cirak warna yang menarik. Lokasi ini juga mendapatkan julukan “Little Netherland” karena kemiripan bangunan yang ada dengan negara-negara di Eropa.

Hasil gambar untuk kota lama semarang liputan6

(gambar: https://www.liputan6.com/)

Kota Lama berlokasi di kawasan strategis yaitu di Tanjung Emas, Semarang Utara, Semarang. Karena letaknya yang strategis, kita bisa mengunjunginya dengan mudah. Jika kalian datang dengan menggunakan kereta, kalian bisa turun di Stasiun Semarang Tawang dan sampai di Kota Lama. Perlu kalian ketahui, Stasiun Semarang Tawang juga termasuk bagian dari kawasan Kota Lama. Tapi kalian perlu berjalan lagi jika ingin menuju ke pusat dari Kota Lama ini. Para pengunjung juga bisa datang ke Kota Lama menggunakan kendaraan pribadi mereka. Tak perlu bingung dengan lahan parkir yang ada karena di setiap titik Kota Lama sudah disediakan lahan parkir yang cukup memadai. Kawasan ini tentunya buka 24 jam. Akan tetapi terdapat objek-objek wisata yang jam operasinya hanya dari pagi hingga sore atau malam saja. 

Hasil gambar untuk kota lama semarang travel kompas

(gambar: https://travel.kompas.com/)

Kalian bisa menyewa sepeda onthel dan membayarnya di Gedung Popo yang merupakan tempat informasi turis. Gedung Popo terletak di Jalan Branjangan. Dengan membayar Rp. 75.000, para wisatawan bisa mengelilingi kawasan Kota Lama menggunakan sepeda onthel. Tak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan layanan tour guide selama bersepeda. Rute bersepeda mengitari kawasan Kota Lama pun sudah diatur yaitu melewati Monod Diephuis, Gereja Blendhuk, Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Marabunta, Jalan Letjen Suprapto dan kembali ke titik awal. Selain melihat exterior gedung, kalian juga diizinkan untuk masuk ke gedung-gedung lama ini untuk menyaksikan interior gedung yang sungguh klasik. 

Hasil gambar untuk kota lama semarang bonvoyagejogja

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Salah satu gedung yang populer di Kota Lama ini adalah Gereja Blenduk. Gereja Blenduk yang merupakan salah satu gereja tertua di Jawa Tengah ini memiliki arsitektur yang sangat kental dengan gaya bangunan Eropa. Para wisatawan bisa mengabadikan momen di luar gereja dengan gedung gerjea sebagai latar belakang foto mereka. Hingga saat ini, Gereja Blenduk masih aktif digunakan dalam kegiatan keagamaan Katolik. Di sekitar gereja, ada sebuah taman yang bernama Taman Srigunting. Kalian bisa menikmati suasana kolonial dengan duduk di taman dan ditemani dengan pepohonan yang rindang dan bunga-bunga indah yang bermekaran.

Hasil gambar untuk kota lama semarang 3d trick art tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.com/)

Selain menikmati gedung-gedung tua yang menawan, kalian juga bisa mengunjungi 3D Trick Art Museum di kawasan Kota Lama ini. Lokasi museum ini berjarak 500 meter dari Gereja Blenduk. Harga tiket masuk ke museum ini adalah Rp. 50.000 untuk umum dan Rp. 25.000 untuk mahasiswa dan pelajar. Museum ini buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Terdapat sekitar 100 trik foto 3D yang tersedia di museum ini. Tema-tema yang diangkat di museum ini sangat menarik dan bervariasi seperti bangunan khas Semarang, tokoh nasional, tokoh dunia, dan ada juga beberapak tokoh film layar lebar. 

Hasil gambar untuk kota lama semarang phinemo spiegel

(gambar: https://phinemo.com/)

Ingin bersantai sembari menyantap hidangan yang lezat di Kota Lama? Tentu sangat bisa. Di kawasan wisata ini, bangunan yang dulunya merupakan kantor, rumah makan, hingga hotel kini disulap menjadi kafe yang bergaya klasik dengan suasana Semarang tempo dulu. Kafe-kafe tersebut meliputi Spiegel, Retro, Nuris, dan Marabunta. Tak hanya gedungnya yang bergaya eropa, makanannya pun juga bernuansa eropa. Di Kafe Spiegel, kalian bisa menyantap hidangan khas Eropa yang berkelas. 

Gambar terkait

(gambar: https://www.solopos.com/)

Satu lagi, tempat yang menghadirkan karya seni yang berkelas juga ada di Kota Lama Semarang. Di tempat ini lah karya seni lukis, foto, kriya, dan patung buatan seniman Indonesia hingga luar negeri dipamerkan. Pada setiap waktu tertentu, letak barang koleksi akan dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain untuk memberikan suasana yang baru didalam ruangan museum. Harga tiket masuknya pun terbilang murah yaitu sebesar Rp. 10.000. Dengan harga segitu, para wisatawan dipastikan akan sangat puas mengelilingi museum dan mengambil gambar di museum. 

Hasil gambar untuk kota lama sekarang barang antik tribun news

(gambar: https://m.tribunnews.com/i)

Bagi kalian yang ingin berbelanja barang antik yang sangat kental dengan tempo dulu, kalian bisa datang di Pasar Klitikan Kota Lama. Di sini sangat mudah sekali ditemukan para pelapak yang memamerkan dan menjual barang antiknya. Lokasi pasar ini terletak di Taman Srigunting. Kalian dapat menjumpai barang-barang antik tempo dulu seperti radio, mesin ketik, keris, pedang, hingga mobil-mobil lawas. Tak hanya melihat-lihat, kalian tentunya bisa memilikinya dengan membeli barang tersebut. Tawarlah barang tersebut jika kalian rasa mahal.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.