Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Eloknya Danau Weekuri Bak Harta Karun Tersembunyi di Sumba Barat
Tags : #danau #menyelam #weekuri

Ketika berkunjung ke Sumba Barat, mungkin banyak sekali destinasi wisata yang terlintas di pikiran kalian dan ingin kalian kunjungi. Namun dari semua destinasi wisata tersebut, terdapat 1 tempat yang menjadi idaman bagi para wisatawan untuk menghabiskan waktunya di Sumba Barat. Danau Weekuri lah namanya. Danau Weekuri ini saungguh eksotis. Letaknya yang tersembunyi dan air danau yang berwarna biru kehijau-hijauan yang terlihat sangat jernih membuat Danau Weekuri harus menjadi daftar utama wisata kalian jika di Sumba Barat. 

Hasil gambar untuk danau weekuri berjalanterus

(gambar: https://berjalanterus.com/)

Hasil gambar untuk danau weekuri kaburbentar

(gambar: https://kaburbentar.com/)

Letak Danau Weekuri berada di Desa Kalenarogo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Untuk mencapai ke Danau Weekuri, kalian bisa melakukan penerbangan terlebih dahulu menuju Bandara Tambaloka. Tambaloka merupakan pusat kota dari Kabupaten Sumba Barat Daya. Akses menggunakan transportasi umum ke Danau Weekuri untuk sementara ini masih terbatas. Baiknya yaitu jika kalian menyewa sebuah mobil atau motor di Tambaloka. Setelah itu lakukan lah perjalanan dari Tambaloka menuju Weekurim. Sampai akhirnya kalian menemukan sebuah resort di kiri jalan. Tak lama kemudian, kalian akan tiba di Danau Weekuri. Sebelum sampai tepat di Danau Weekuri, kalian akan diajak untuk mendaki bukit-bukit dan menelusuri hutan dengan pepohonan yang lebat. Meskipun jalurnya cukup sulit, kalian akan dibuat berdecak kagum jika sudah tiba di bibir danau karena pesona danau yang begitu memukau.

Hasil gambar untuk danau weekuri hipwee

(gambar: https://www.hipwee.com/)

Danau Weekuri buka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk mengunjungi Danau Weekuri, disarankan untuk datang pada waktu yang tepat. Misalnya yaitu pada pagi hari atau pun pada sore hari menjelang senja. Kalian yang ingin menikmati keindahan Danau Weekuri tidak dikenai tarif khusus. Kalian hanya membayar uang seiklasnya. Sungguh liburan yang berkelas namun hemat, kan? 

Hasil gambar untuk danau weekuri ksmtour

(gambar: https://ksmtour.com/)

Danau Weekuri ini memiliki sejumlah keunikan. Warna di danau air ini dapat berbeda-beda di setiap areanya. Ada yang berwarna biru, putih jernih, hingga biru kehijauan. Keunikan lainnya yaitu danau ini dikelilingi oleh banyak bebatuan karang sehingga menimbulkan kesan bahwa danau ini merupakan danau tersembunyi. Jadi jika dilihat dari kejauhan, kalian hanya melihat batuan karang. Namun apabila kalian mendekati area danau, kalian akan menemukan sebuah pesona danau yang begitu memukau. 

Hasil gambar untuk danau weekuri merahputih

(gambar: https://merahputih.com/)

Selain itu air danau ini juga bercampur antara air payau dan air asin. Rasa asin di danau ini berasal dari air laut lepas. Hal ini dikarenakan lokasi dari Danau Weekuri yang sangat berdekatan dengan laut. Air laut ini masuk ke dalam area danau melalui celah-celah yang ada di bebatuan karang. Dan tak jarang juga suhu air yang berada di dalam danau berbeda-beda. Di titik tertentu ada yang dingin, dan di sebagian titik ada yang bersuhu hangat. Kedalaman Danau Weekuri pun juga berbeda-beda. Pada saat air laut pasang, maka kedalaman danau bisa mencapai 3 meter. Namun jika air pantai sedang surut, kedalaman dari danau ini hanya setengah meter. 

Hasil gambar untuk danau weekuri blog ivacanza

(gambar: http://blog.ivacanza.co/)

Para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di Danau Weekuri. Seperti halnya berenang dan bermain air di danau. Karena danau ini memiliki kadar garam yang lumayan tinggi, maka kalian dapat mengapung di danau ini dengan waktu yang lebih lama. Dengan adanya bebatuan yang melingkari danau membuat air di danau sangat tenang karena ombak dari laut yang akan masuk ke danau akan terpecah terlebih dahulu oleh kerasnya batu karang. Danau ini juga tergolong belum terlalu banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi kalian akan merasakan sensasi berenang seperti di kolam renang pribadi yang luas. Terkadang, ada ikan-ikan kecil di dekat bebatuan yang siap mengajak anda berenang lebih lama lagi di Danau Weekuri.

Hasil gambar untuk danau weekuri blog indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Setelah selesai berenang, sempatkan lah untuk naik ke atas bebatuan karang. Kalian akan mendapati pemandangan batuan karang, air danau yang jernih dan hamparan laut yang luas dari ketinggian ini. Lokasi ini juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan kenangan selagi di Danau Weekuri. Kalian juga bisa menyusuri indahnya bukit karang ini dengan berjalan. Diperlukan kehati-hatian jika berjalan di atas bukit ini karena ada banyak sekali batu-batu yang terkadang licin. Memandangi indahnya danau, lautan biru, hingga terbenamnya matahari memang tak pernah salah untuk kalian nikmati. 

Hasil gambar untuk ro'o luwa

(gambar: https://merahputih.com/)

Ada satu kurang dari tempat wisata ini yaitu masih minimnya fasilitas pendukung. Kalian akan kesulitan menjumpai warung penjual makanan atau pun hotel untuk menginap di dekat danau. Kalian bisa mensiasati keadaan seperti ini dengan membawa bekal berupa makanan atau minuman. Namun tak perlu khawatir, kalian akan masih bisa merasakan kuliner khas Sumba Barat Daya di ibukota kabupaten yaitu Tambaloka. Salah satu kuliner khas yang terkenal di daerah ini adalah ro’o luwa. Ro’o luwa merupakan sejenis makanan bubur dengan bahan utama daun ubi atau singkong. Warna hijau hijau dengan tekstur yang kental tentu akan membuat kalian ketagihan untuk menjajal masakan ini.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.