Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Umbul Ponggok, Wisata Snorkeling Kekinian Yang Kian Terkenal
Tags : #kolambuatan #umbul #klaten #ikan

Kini para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan bawah air dengan bersnorkeling sudah tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke laut. Kalian cukup ke sebuah mata air di Klaten yang seakrang lagi ngetrend yaitu Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam air yang sangat jernih airnya. Nama umbul diambil dari Bahasa Jawa yang berarti mata air atau sumber air. Sedangkan ponggok sendiri adalah nama sebuah desa dimana sumber air ini berada. Jadi secara harfiah Umbul Ponggok berarti mata air di Desa Ponggok. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok juliana dewi

(gambar: https://www.julianadewi.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat wisata Umbul Ponggok ini berada di Desa Ponggok atau tepatnya di Jalan Delanggu Polanharjo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Jika ingin mengunjungi tempat ini, kalian hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan sewa karena untuk menuju Umbul Ponggok belum ada transportasi umumnya. Apabila kalian berangkat dari Jogja, berjalan lah ke jalan yang mengantarkan kalian ke GOR Klaten. Setelah itu, kalan perlu menuju ke Jalan Karanganom. Ikuti jalan terus hingga ada papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan kalian  untuk sampai ke Umbul Ponggok. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok umbul ponggok polanharjoblogspot

(gambar: http://umbulponggok-polanharjo.blogspot.com/)

Umbul Ponggok ini memiliki luas 50x20 meter sehingga kolam ini cukup lah untuk membuat kalian puas keliling tempat wisata ini. Kedalaman yang dimiliki oleh kolam ini rata-rata yaitu 1.5 meter hingga 2.5 meter. Jika kolam biasanya, keramik selalu menjadi dasar lantai. Maka dasar lantai Umbul Ponggok masih berupa pasir. Suasana ini lah yang seakan-akan kita berada di lautan. Ditambah lagi dengan adanya ikan kecil yang berenang kesana kemari. Meskipun dihuni oleh beberpaa ikan juga, kolam ini tetap tidak amis. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok umbul ponggok coid

(gambar: https://umbulponggok.co.id/)

Selain mudah dijangkau tempatnya, harga tiket masuk ke Umbul Ponggok ini juga sangat terjangkau. Dengan membayar tarif sebesar Rp. 15.000, kalian sudah bisa menikmati suasana tenang yang ada di Umbul Ponggok. Namun, bagi kalian yang ingin menyewa peralatan snorkeling diperlukan biaya tambaha yaitu sebesar Rp. 60.000 untuk 30 menit. Harga tersebut sudah satu paket dengan menyewa kamera underwater yang tentunya akan menunjang hasil jepretan kalian. Kalian juga bisa menambahkan set pendukung seperti sepeda, laptop, taman, dan tv. Harga yang ditawarkan untuk tiap setnya mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 70.000. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok liputan6

(gambar: https://m.liputan6.com/lifestyle/)

Bagi pengunjung yang ingin melaksanakan foto preweeding di Umbul Ponggok, tempat wisata ini juga menyediakan beraneka ragam set preweeding yang tentunya akan beda dari yang lain. Harga yang dipatok untuk kalian yang ingin foto preweeding adalah Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000. Tak salah memang jika Umbul Ponggok ini menjadi wisata snorkeling alternatif yang murah dan mudah. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok tripadvisor

(gambar: https://www.tripadvisor.co.id/)

Apabila kalian masih belum bisa snorkeling, kalian tidak perlu takut. Kalian juga bisa meminta penjaga kolam untuk melatih kalian snorkeling. Kalian akan dilatih dari yang tidak bisa bahkan hingga menjadi mahir menyelam. Peralatan yang akan kalian pakai untuk snorkeling pun juga sangat aman dan tentunya ini akan membuat kalian akan merasa aman terus. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok umbul ponggok coid

(gambar: https://umbulponggok.co.id/)

Umbul Ponggok ini memang terkenal dengan pemandangan bawah air yang unik. Oleh karena itu, kegiatan snorkeling di mata air ini sangat digandrungi oleh banyak wisatawan. Kejernihan air ini lah yang membuat snorkeling di Umbul Ponggok menjadi sesuatu hal yang akan tak terlupakan di hidup kalian. Dengan ditemani ikan-ikan kecil yang menggemaskan, kalian akan seperti berada di laut beneran. Meskipun tidak ada terumbu karang yang menghiasi bawah air, namun semua itu diganti dengan sesuatu yang tak kalah indahnya juga. Adanya barang-barang seperti meja, kursi, sepeda motor, taman, dan yang lain-lain menambahkan kesan cantik pada Umbul Ponggok. Kalian pun tak perlu khawatir akan air kolam yang berubah menjadi kotor. Air di kolam ini akan jernih selalu karena air yang ada di kolam ini berasal dari sumber mata air langsung. 

Selagi snorkeling, berfotolah di bawah air ini sebanyak-banyaknya dengan pose menarik kalian. Sangat disayangkan jika kalian tidak mengabadikan momen indah seperti ini. Kalian bisa berfoto mulai dari gaya yang tidak serius, menyesuaikan set yang ada, hingga gaya paling romantis pun juga bisa kalian lakukan di sini. 

Hasil gambar untuk umbul ponggok puyuh ungkep com

(gambar: http://puyuhungkep.com/)

Setelah snorkeling, kalian pasti akan merasa lapar karena energi kalian sudah terkuras ketika menyelami bawah mata air Umbul Ponggok. Di dekat kolam, kalian bisa menemui beberapa warung makan yang menyediakan makanan seperti nasi goreng, mie rebus, soto, hingga puyuh ungkep. Puyuh ungkep ini lah yang selalu menjadi incaran para wisatawan dikala ingin mengisi perut mereka setelah lelah bermain air di Umbul Ponggok. Tentunya, harga dari makanan-makanan tersebut tidak akan membuat kantong kalian menipis. Selain murah, rasanya juga pasti enak di lidah kalian. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.