Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Siapa Sangka? Pulau Kecil Nan Eksotis Bernama Gili Labak Ini Berada di Madura
Tags : #pulau #pantai #laut

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan sekitar 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pulau-pulau tersebut memiliki keindahan alam maasing-masing yang akan membuat kalian terpesona. Dan salah satu pulau yang dianugerahi dengan pesona alamnya adalah Gili Labak. Gili Labak merupakan sebuah pulau yang terletak di timur Pulau Madura. Walaupun luas Gili Labak hanya 5 hektar, pulau ini mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pasir putih yang bersih dan lautan biru yang jernih.

Hasil gambar untuk gili labak premier place

(gambar: https://premierplacehotels.com/)

Hasil gambar untuk gili labak funtripstour

(gambar: https://www.funtripstour.com/)

Gili Labak merupakan satu dari 127 pulau di Sumenep yang secara administratif pulau ini terletak di Desa Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep. Apabila kalian ingin berkunjung ke pulau ini, kalian harus menuju ke Kabpuaten Sumenep terlebih dahulu. Kalian bisa terbang langsung dari Bandara Juanda ke Bandara Trunojoyo yang ada di Sumenep. Atau kalian juga bisa menggunakan jalur darat berupa bus atau kendaraan pribadi untuk sampai ke Sumenep melalui Jembatan Suramadu. Sesampainya di Sumenep, kalian bisa memilih tempat penyeberangan yang tersedia di berbagai tempat seperti di Pelabuhan Kalianget, Desa Lobuk, Tanjung Saronggi, dan Desa Kombung. 

Hasil gambar untuk gili labak pariwisatasumenep

(gambar: http://pariwisatasumenep.blogspot.com/)

Tidak ada jam operasional resmi untuk mengunjungi Gili Labak. Jadi kalian dapat mengunjungi pulau ini kapan pun. Namun, memang untuk waktu terbaik berkunjung di pantai pulau ini adalah ketika pagi hari atau pun sore hari. Untuk memasukki kawasan Gili Labak pun kalian juga tidak akan dikenai biaya masuk. Biaya yang kalian keluarkan mungkin untuk menyewa peralatan snorkleing atau bermain wahana air lainnya. 

Hasil gambar untuk gili labak jejakpiknik

(gambar: https://www.jejakpiknik.com/)

Keindahan pulau dan pantai di Gili Labak memang mampu menghipnotis kalian semua yang berkunjung di Gili Labak. Pesona yang indah ini lah menjadikan tempat ini sangat cocok bagi kalian yang suka memotret atau pun yang di potret. Dengan berlatarbelakang kan pasir putih yang bersih dan birunya lautan dengan gulungan ombak yang menuju ke daratan pasti akan membuat hasil jeperetan kalian semakin sempurna. 

Hasil gambar untuk gili labak  sunset

(gambar: https://tempatwisataindonesia.id/)

Apabila kalian datang ketika pagi hari atau sore hari, kalian bisa mendapatkan pemandangan khas pantai yang sungguh eksotis dengan pancaran sinar sunrise atau sunset. Untuk mengabadikan momen sunrise, pengunjung bisa menuju ke arah timur pulau. Menyaksikan perubahan warna langit dari biru hingga ke jingga di sisi barat pulau juga tak kalah mengasyikan dengan momen sunrise. Karena ukuran pulau ini kecil, kalian sangat memungkinkan untuk mendapatkan spot sunset dan sunrise yang pas dalam satu tempat. 

Hasil gambar untuk gili labak visit sumenep

(gambar: https://visitsumenep.com/)

Aktivitas lainnya yang bisa kalian lakukan di sini adalah snorkeling. Menyelami terumbu karang Gili Labak yang berwarna warni dengan ditemani ikan-ikan kecil yang sungguh cantik memang tidak pernah salah. Keindahan bawah laut Gili Labak ini disinyalir menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Kalian bisa membawa alat snorkeling sendiri atau pun menyewa peralatan di sini. Namun, jumlah alat snorkeling yang ada di Gili Labak memang masih terbatas. Untuk mencapai ke tengah laut, kalian bisa menyewa kapal nelayan yang berkapasitas 10-15 orang dengan tarif Rp. 500.000 – Rp. 600.000 lengkap dengan peralatan snorkeling yang ditawarkan. 

Hasil gambar untuk gili labak flickr banana boat

(gambar: https://www.flickr.com/)

Terdapat juga wahana banana boat yang ditawarkan. Tarif bermain banana boat di Gili Labak sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 150.000 dengan 5 hingga 6 kali putaran. Keseruan bermain banana boat bersama teman-teman sangat mampu untuk menghilangkan penat setelah berhari-hari bekerja. Dipacu menggunakan kapal cepat dengan kecepatan tinggi akan membuat suasana bermain lebih seru lagi. Jadi jangan sampai tidak menjajal wahana seru ini ya!

Hasil gambar untuk gili labak nativeindonesia

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Selain itu, kalian juga bisa mengelilingi pulau menggunakan ATV. Berboncengan dengan pasangan kalian tentu akan membuat suasana liburan kalian semakin romantis. Memacu dengan kecepatan tinggi dengan track lurus pantai bersama teman-teman juga menjadi opsi menarik dalam mengendarai ATV. Namun, kalian harus tetap berhati-hati jika mengendarai ATV ini.

Hasil gambar untuk gili labak kemah

(gambar: https://azuriette.blogspot.com/)

Akomodasi dan fasilitas seperti warung makan di Gili Labak masih sangat minim. Oleh karena itu, kalian disarankan untuk membawa perbekalan terlebih dahulu berupa makanan atau minuman agar tidak merasa kelaparan atau kehausan. Kalian bisa mendirikan tenda dan berkemah di pantai ini untuk menikmati malamnya Gili Labak. Namun bagi kalain yang ingin menikmati sensasi menginap di hotel, fasilitas tersebut belum bisa kalian temukan di Gili Labak. Jadi kalian yang ingin lebih lama tinggal di Gili Labak, ada baiknya untuk memesan hotel atau penginapan di Kabupaten Sumenep yang jaraknya tak jauh juga dari Gili Labak. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.