Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Bukit Jaddih, Spot Foto Kekinian di Pulau Madura
Tags : #bukitkapur #madura #jaddih

Jika kita mendengar kata Madura, mungkin yang ada dibenak kita adalah sebuah pulau yang gersang dan minim akan tempat wisata. Namun jangan salah dulu, Pulau Madura ini juga memiliki pesona wisata berupa keindahan alam yang tiada duanya. Salah satu dari tempat wisata tersebut adalah Bukit Jaddih. Bukit Jaddih ini dulunya bukan merupakan sebuah tempat wisata. Bukit Jaddih adalah sebuah bukit yang terbentuk akibat penambangan batu kapur yang dilakukan. 

Hasil gambar untuk bukit jaddih travel tribunnews

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Hasil gambar untuk bukit jaddih travel tribunnews

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Meskipun Bukit Jaddih ini merupakan bekas penambangan batuan kapur, namun tempat ini malah menjadi incaran bagi para wisatawan. Mayoritas dari mereka ingin menyaksikkan keindahan bukit kapur yang artistik secara langsung dan berfoto di bawah bukit. Lalu mereka juga akan mengunggah fotonya ke dalam akun media sosial mereka dan akhirnya tersebar luaslah ifnromasi wisata mengenai Bukit Jaddih ini. 

Hasil gambar untuk sepeda motor di bukit jaddih

(gambar: http://www.jetranirezadias.com/)

Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Soccah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Diperlukan waktu sekitar 1 jam dan menempuh jarak 24 km jika kalian berangkat dari Surabaya menuju ke Bukit Jaddih. Rute yang akan kalian lewati yaitu kalian harus melewati Jembatan Surmadu untuk bisa sampai di Pulau Madura. Setelah menyeberangi Jembatan Suramadu, kalian harus menuju ke arah Jalan Raya Labang. Kemudian, kalian lurus terus hingga ke Jalan Raya Sanggara Agung. Kalian tinggal mengikuti rute jalan yang ada dan tak lama dari itu, kalian akan sampai di Jalan Raya Jaddih. Jalan Raya Jaddih ini lah yang akan mengantarkan kalian untuk sampai di Bukit Jaddih. Terdapat jalanan untuk menuju ke Bukit Jaddih yang masih belum teraspal dengan baik. Jadi kalian perlu berhat-hati dalam melewatinnya. 

Hasil gambar untuk bukit jaddih egieligius

(gambar: https://egieligius.wordpress.com/)

Bukit Jaddih ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00. Untuk tiket masuk ke dalam area bukit, hingga saat ini belum ada tiket resmi yang diberlakukan. Namun, kalian diharpakan untuk menyiapkan uang sekitar Rp. 20.000. Biasanya kalian akan dikenai biaya yang nilainya tidak mencapai Rp. 20.000. Selain itu, terdapat juga biaya parkir kendaraan. Kendaraan roda dua akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2000 dan Rp. 5.000 untuk mobil. Bagi kalian yang ingin berenang di bukit ini, maka kalian perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000. Tentunya tempat wisata ini sangat ramah bagi kantong kalian. 

Hasil gambar untuk bukit jaddih bridestory

(gambar: https://www.bridestory.com/)

Siapkan peralatan kamera kalian dan gaya terbaik kalian karena pesona Bukit Jaddih akan membuat hasil jepretan foto kalian tampak lebih indah. Bukit kapur yang tinggi dan pemandangan kolam di tengah bukitnya selalu membuat takjub para pengunjung yang datang ke sini. Banyak sekali para pengunjung yang hanya sekadar mengabadikan momen di Bukit Jaddih karena suasana seperti ini tak dapat ditemukan di tempat lainnya. Foto prewedding di bukit ini juga bukan ide buruk. Meskipun nantinya agak sedikit ribet, tapi kalian yang ingin berfoto prewedding dipastikan tidak akan dibuat kecewa dengan hasil fotonya. 

Hasil gambar untuk bukit jaddih kumparan

(gambar: https://kumparan.com/)

Setelah lepas bergaya di Bukit Jaddih, sekarang saatnya kalian mencoba bernenag di kolam renang yang besar dan dikelilingi dengan bukit kapur putih yang berdiri kokoh ini. Kolam ini dinamakan Goa Pote. Jadi bagi kalian yang ingin berenang, pastikan kalian tidak ketinggalan membawa baju ganti. Memang cuaca di bukit ini cukup terik. Namun kalian bisa memilih untuk berenang pada sore hari dimana suasana bukit akan lebih adem. Meskipun tidak ada wahana dalam kolam renang ini, kalian akan tetap bisa menikmati sensasi berenang ditemani dengan bukit kapur putih. Jika kalian datang pada yang tepat, aktivitas berenang kalian juga akan ditemani dengan pertunjukkan musik yang menarik. Pertunjukkan musik ini digelar di salah satu sisi kolam renang dimana di sana terdapat panggung yang berdiri. 

Hasil gambar untuk bukit jaddih jadwaltravel

(gambar: https://jadwaltravel.com/)

Tak hanya kolam renang, di Bukit Jaddih ini terdapat sebuah danau yang terbentuk secara alami akibat penambangan batuan kapur di bukit ini. Danau ini bernama Danau Biru. Walaupun ukurannya tidak seluas danau-danau yang kalian bayangkan, kalian tetap bisa menyusuri tiap sudut danau menggunakan perahu yang telat tersedia. Perahu ini dapat ditumpangi hingga 7 orang. Jadi bisa banget buat kalian yang ingin merasakan sensasi mendayung di danau ini rame-rame. Berhenti lah sebentar di tengah danau dan abadikan momen tersebut. Kalian akan dibuat takjub dengan pesona danau di tengan bukit kapur ini.

Hasil gambar untuk bebek sinjay bangkalan madura idn times

(gambar: https://www.idntimes.com/)

Bagi pengunjung yang kelaparan, tempat wisata Bukit Jaddih ini sudah dilengkapi dengan warung-warung makan. Makanan yang disediakan pun bervariasi mulai dari mie rebus/ goreng, nasi goreng, hingga ayam goreng. Selain itu kalian juga bisa menemukan makanan khas Madura namun bukan di tempat wisata ini. Kalian bisa mencarinya ketika dalam perjalanan menuju lokasi wisata ini. Atau kalian juga bisa mencicipinya selepas pulang dari Bukit Jaddih. Kuliner khas ini namanya Bebek Sinjay. Bebek Sinjay ini memang sudah sangat terkenal di Madura. Bahkan sudah banyak cabangnya di kota-kota besar lainnya. 

Hasil gambar untuk goa pote travelspromo bukit jaddih

(gambar: https://travelspromo.com/)

Sebelum beranjak dari Bukit Jaddih, kalian bisa membeli berbagai macam souvenir khas Madura di Toko Souvenir Goa Pote. Toko souvenir ini dibangun oleh wargas setempat dan berada di antara ceruk gua. Kalian dapat membeli baju, gantungan kunci, dan souvenir khas Madura lainnya yang tentu sangat cocok buat buah tangan kalian setelah berkunjung di Madura. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.