Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Danau Matano, Rumah Bagi Ikan Purba Hingga Yang Terdalam di Asia Tenggara
Tags : #danau #ikan #airtawar #purba

Meskipun Danau Matano masih kalah tenar dengan Danau Toba yang ada di Sumatera Utara, danau ini menyimpan pesona keindahan alam yang memukau. Jelas saja, danau ini merupakan danau terdalam di Asia Tenggara dan terdalam nomor 8 di dunia. Danau yang berada di ketinggian 382 mdpl, memiliki kedalaman hingga mencapai 590 meter. Tak hanya itu, di danau ini lah tinggal ikan endemik Danau Matano yang bernama ikan purba buttini. Ikan ini diberi nama purba karena warna sisik coklatnya dan juga sudah sangat jarang ditemukan. 

Hasil gambar untuk danau matano

(gambar: https://www.liputan6.com/)

Hasil gambar untuk danau matano basecamp petualang

(gambar: https://basecamppetualang.blogspot.com/)

Danau Matano merupakan salah satu dari tiga danau volkanik yang ada Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau Matano ini dapat ditempuh dengan dua moda transportasi umum yaitu bus dan pesawat terbang. Jika kalian dari Kota Makassar, kalian bisa memilih bus dengan trayek Makassar-Sorowako. Tarif yang dikenakan menggunakan bus jurusan ini adalah Rp. 150.000 untuk kelas eksekutif. Karena jaraknya yang mencapai 592 km, perjalanan ini memakan waktu cukup lama yaitu sekitar 12 jam. Setelah itu, kalian bisa naik ojek atau mobil sewaan untuk mengantarkan ke Danau Matano. Terminal Sorowako dan Danau Matano hanya berjarak 2 km. 

Hasil gambar untuk pesawat ke luwu

(gambar: http://www.harnas.co/)

Untuk mempersingkat perjalanan, kalian bisa memilih perjalanan udara. Perjalanan udara berangat dari Bandara Sultan Hasanuddin lalu mendarat di Bandara Sorowako. Jadwal penerbangan menuju Sorowako hanya sekali. Jadi pastikan kalian sudah memesan tiket pesawat terlebih dahulu. Harga tiket pesawat menuju Sorowako yaitu sebesar Rp. 1.200.000 per orang. Meskipun sedikit lebih mahal, kalian lebih hemat waktu perjalanan karenan kalian akan terbang selama 1 jam saja untuk bisa sampai di Bandara Sorowako.Setibanya di bandara, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek menuju Danau Matano. Kalian perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk memasuki Danau Matano. Tiket masuk tersebut tentunya belum termasuk dengan tiket wahana wisata pilihan kalian seperti perahu kano, rafting, snorkeling dan banana boat. 

Hasil gambar untuk mongabay ikan butini

(gambar: https://www.mongabay.co.id/)

Tak hanya menyajikan pesona alam yang memukau, danau ini juga menjadi tempat tinggal dari banyak sekali ikan khas air tawar. Salah satu contoh ikan yang menjadi ikon dari danau ini adalah ikan buttini. Ikan buttini atau masyarakat lokal biasa menyebutnya dengan ikan purba ini memiliki keunikan pada bagian tubuhnya. Keunikan dari ikan buttini terletak pada bola mata dari ikan ini menonjol keluar dan warna sisiknya yang kecoklatan. Meskipun sudah jarang ditemui, warga sekitar tetap memburu ikan jenis ini untuk dijual karena harga per kilo dari ikan buttini lumayan mahal yaitu sekitar Rp. 25.000. Selain buttini, di danau ini juga masih bisa ditemukan ikan, udang, dan kepiting.

Hasil gambar untuk danau matano travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Kalian juga bisa menyusuri Goa Bawah Air yang terletak masih dalam satu kawasan dengan Danau Matano. Para pengunjung mendatangi tempat ini biasanya untuk berfoto di depan mulut goa. Namun tak sedikit juga dari mereka yang menyelam menikmati keindahan ekosistem bawah perairan Danau Matano. Kalian akan menjumpai sisa-sisa peninggalan sejarah seperti tombak, parang, hingga peralatan rumah tangga yang diperkirakan usianya mencapai ratusan tahun yang lalu. Di sekitaran Goa Bawah Air juga terdapat goa yang isinya kelelawar hingga tulang belulang dan tengkorak manusia. Karena itu lah, goa ini diberi nama Goa Tengkorak. 

Hasil gambar untuk festival danau matano

(gambar: https://makassar.tribunnews.com/)

Hal menariknya di danau ini adalah adanya sebuah festival budaya yang mampu menarik perhatian dari para pengunjung. Festival ini bernama Festival Danau Matano. Festival ini diadakan untuk memperkenalkan budaya dan wisata yang ada di Luwu Timur. Pada festival ini, diadakan berbagai macam kegiatan yang seru-seru seperti tarian kolosal dari 14 anak suku, lomba permainan tradisional, lomba dayung perahu naga, lomba memancing ikan louhan, dan sajian kuliner tradisonal yang menguggah selera. 

Hasil gambar untuk kulinerluwutimur

(gambar: https://kulinerluwutimur.travel/)

Sambil menikmati indahnya pemandangan Danau Matano, kalian bisa menjajal makanan khas Danau Matano. Kuliner khas yang ada di danau ini biasanya berupa olahan ikan air tawar. Ikan langka seperti buttini juga menjadi salah satu hidangan khas Matano. Walaupun memiliki bentuk yang aneh, ikan ini ternyata rasanya sangat gurih. Ikan buttini di Matano biasanya diolah dengan cara digoreng garing. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.