Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pantai Oetune, Bak Berlibur di Timur Tengah Dengan Hamparan Luas Gurun Pasir
Tags : #padangpasir #pantai #selancar

Pantai Oetune ini sangat terkenal akan hamparan pasir putihnya yang luas bak gurun pasir di negeri Timur Tengah. Hamparan padang pasir ini luasnya bisa mencapai 100 meter persegi. Tentu gurun pasir yang ada di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Oetune karena kalian tidak hanya menikmati indahnya lautan biru yang luas. Melainkan, suasana Timur Tengan dengan padang pasir yang begitu khas juga dapat kalian nikmati di pantai ini. 

Hasil gambar untuk pantai oetune

(gambar: https://www.nativeindonesia.com/)

Pepohonan kering di sekitar Pantai Oetune

(gambar: https://travel.detik.com/)

Pantai Oetune merupakan sebuah pantai yang terletak di kawasan Pantai Kolbano yang juga menjadi salah satu pantai favorit di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Secara lengkapnya, pantai ini terletak di Oebelo, Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Apabila kalian berangkat dari Kota Kupang, maka kalian akan menempuh jarak 115 km dengan estimasi waktu 3 jam. Untuk mencapai ke pantai ini, kalian akan melewati jalur lintas selatan. Di sepanjang jalan, kalian akan merasakan jalanan yang berkelok hingga naik turun. Pemandangan berupa perbukitan dan rumah-rumah khas NTT akan menjadi teman perjalanan kalian menuju Pantai Oetune.

Hasil gambar untuk pantai oetune backpacker jakarta

(gambar: https://backpackerjakarta.com/)

Ketika sampai di Pantai Oetune, kalian akan dibuat takjub dengan pemandangan alam berupa padang pasir yang begitu luas. Saking luasnya, kalian dapat menelusuri seluruh area padang pasir sambil berfoto ria. Suasana padang pasir di Timor Tengah akan kalian rasakan di tempat ini. Jika kalian ingin mendapatkan momen yang pas, maka datanglah pada sore hari dimana matahari akan mulai menuju ke arah barat. Pancaran sinar warna orange yang akan mewarnai langit dipadukan dengan gurun pasir yang luas akan menjadi spot foto favorit bagi kalian.

Hasil gambar untuk pantai oetune bukutahu

(gambar: https://www.bukutahu.com/)

Bagi kalian yang suka tantangan, kalian bisa menjajal sand boarding di gurun pasir ini. Sand boarding merupakan salah satu cabang olahraga papan seluncur yang menggunakan pasir sebagai mediumnya. Biasanya sand boarding dilakukan di gurun pasir yang memiliki bukit. Jadi kalian nanti akan berseluncur dari bukit menuju ke kaki bukit dengan papan yang tentunya akan sangat seru. Namun, jika ingin mencoba sand boarding ini, kalian masih harus membawa papan seluncur sendiri. Fasilitas sewa papan seluncur di tempat ini masih belum ada. Ketinggian bukit di padang pasir pantai ini sangat bervariasi. Bagi kalian yang masih pemula, kalian bisa mencoba serunya berselancar di padang pasir ini dengan tinggi bukit yang hanya 1 hingga 2 meter. Kalian yang merasa sudah pro dalam hal sand boarding, cobalah ke bukit yang tingginya hingga 7 meter dan rasakan sensasi sand boarding yang begitu menantang. 

Hasil gambar untuk pantai oetune cewekbangetgrid

(gambar: https://cewekbanget.grid.id/)

Selain gurun pasirnya yang sangat terkenal, pantai ini juga memiliki ombak yang dapat kalian gunakan untuk surfing. Karena masih minimnya fasilitas di pantai ini, kalian juga harus membawa peralatan surfing kalian dari rumah. Bermian air di tepian pantai dengan pasir putih yang begitu lembut juga menjadi salah satu opsi kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan di Pantai Oetune.  

Hasil gambar untuk pohon kasuari pantai oetune

(gambar: https://travel.detik.com/)

Keindahan Pantai Oetune ini semakin lengkap dengan tumbuhnya pohon kausari yang berjejer di sekitar gurun pasir. Tak hanya pohon kausari, pohon lontar juga menjadi salah satu dari bentuk keindahan Pantai Oetune. Kalian juga bisa menikmati segarnya buah lontar yang biasanya dijajakan oleh penduduk setempat. Dengan harga sekitar Rp. 3000 hingga Rp. 5000, kalian sudah bisa menikmati buah khas NTT yaitu lontar sembari menyaksikan lukisan nyata yang indah. 

Hasil gambar untuk pantai oetune cvaristonkupang

(gambar: https://www.topwisata.info/)

Kalian hanya dikenai biaya parkir saja untuk mengunnjungi Pantai Oetune. Tarif parkir untuk sepeda motor yaitu Rp. 1000 dan Rp. 3000 untuk kendaraan roda empat. Kalian dapat mengunjungi pantai ini kapan pun karena pantai ini buka selama 24 jam. Maka dari itu, kalian dapat mendirikan tenda-tenda untuk merasakan langit malam Oetune dengan hamparan pasir luas dan gemuruh suara ombak. 

Hasil gambar untuk jagung katemak grid

(gambar: https://keepo.me/)

Satu yang tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung di Kabupaten Timor Tengah Selatan, atau khususnya Pantai Oetune yaitu adalah menjajal kuliner khas. Kalian akan dapat menemui berbagai macam kuliner khas di sekitar pantai seperti olahan jagung. Timor Tengah Selatan ini memang terkenal dengan makanan yang berbahan dasarkan jagung seperti jagung katemak, jagung titi, dan bose. Ketiga olahan jagung tersebut dimasak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang direbus, ditumbuk, hingga dipenyet. Olahan jagung ini akan membuat kalian mencoba lagi dan lagi karena rasanya yang memang enak dan juga menyehatkan. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.