Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Jelajahi Danau Maninjau Yang Begitu Memukau
Tags : #danau #sumbar #maninjau

Sumatera Barat memang tak bisa diragukan lagi dalam hal tempat wisata. Provinsi yang ber ibu kota kan di Padang ini memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat sayang apabila kalian lewatkan. Kalian pun bisa menikmati keindahan alam Sumatera Barat mulai dari pantai dengan laut birunya yang luas, lembah yang membentang dan menakjubkan, kontur tanah pegunungan yang menawan, serta pesona danau yang memukau. Dan salah satu yang menjadi favorit di Sumatera Barat adalah Danau Maninjau. Danau Maninjau terletak di ketinggian 465 mdpl dan kedalamannya mampu mencapai 165 meter.

Hasil gambar untuk danau maninjau digitalriau

(gambar: http://www.driau.com/)

Hasil gambar untuk danau maninjau pellokila penjelajah

(gambar: https://pellokilapenjelajah.com/)

Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk bisa sampai ke Danau Maninjau, kalian harus melewati perjalanan panjang terlebih dahulu. Apabila kalian berangkat dari Kota Padang, maka kalian harus menuju ke Kota Bukittinggi terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum berupa bus. Kalian akan sampai di Bukittinggi sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 96 km. 

Hasil gambar untuk wira nurmansyah kelok

(gambar: https://wiranurmansyah.com/)

Jika menggunakan bus, kalian harus berganti bus terlebih dahulu untuk menuju ke Danau Maninjau. Ketika melakukan perjalanan menuju Danau Maninjau, kalian akan melewati sebuah jalan yang sangat terkenal dengan jumlah kelokannya yang mencapai 44. Jalanan ini diberi nama Kelok 44. Kelok 44 bukan sekedar nama saja. Jalan ini memang memiliki 44 buah kelokan jika kalian hitung satu per satu. Kalian akan dibuat terpukau akan keindahan alam yang disajikan di setiap keloknya. 

Hasil gambar untuk kelok detik travel

(gambar: https://travel.detik.com/)

Jauh sebelum sampai danau pun, kalian sudah bisa melihat eloknya pemandangan Danau Maninjau dari kelok 22 atau 23. Kelok 22 dan 23 ini disebut-sebut menjadi spot yang paling pas untuk menyaksikan panorama alam Danau Maninjau secara keseluruhan. Bentangan danau dan hamparan sawah yang begitu subur akan menjadi teman perjalanan kalian menuju Danau Maninjau. 

Hasil gambar untuk danau maninjau pesona travel

(gambar: https://pesona.travel/)

Danau Maninjau tidak memiliki jam operasional yang resmi. Jadi danau ini bisa kalian nikmati selama 24 jam setiap harinya. Tiket masuk ke kawasan Danau Maninjau pun juga termasuk murah. Dengan hanya membayar Rp. 3.000, kalian sudah bisa menikmati pemandangan memukau dari Maninjau. Namun, bagi kalian yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 5.000 dan Rp. 10.000 untuk mobil. 

Hasil gambar untuk plta maninjau mapio net

(gambar: https://mapio.net/)

Danau Maninjau ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Sitnjau pada ribuan tahun yang lalu. Letusan dahsyat Gunung Sitinjau membentuk sebuah kaldera baru yang kini menjadi Danau Maninjau. Selain menjadi daya tarik wisata, danau ini juga menjadi sumber air dari sungai Batang Sri Antokan. Di bagian hulu sungai ini, dibangun lah sebuah PLTA Maninjau. 

Hasil gambar untuk danau maninjau wisata sumatera diatas bukit

(gambar: https://wisatasumatera.com/)

Suasana Danau Maninjau yang tenang dan sepi pas buat kalian untuk menyendiri atau “me time” bahasa kerennya. Pepohonan rindang yang hijau, birunya air danau, dan perbukitan yang mengelilingi danau semakin membuat kalian untuk enggan beranjak dari Danau Maninjau. 

Hasil gambar untuk puncak lawang wisataindonesia

(gambar: https://waherdatour.wordpress.com/)

Kalian juga bisa menikmati keindahan Danau Maninjau ini dari ketinggian melalui puncak tertinggi bukit yang ada di sekitar Danau Maninjau. Nama puncak ini adalah Puncak Lawang. Dari puncak bukit ini, kalian dapat melakukan berbagai aktivitas outbond hingga yang menantang adrenalin kalian. Kalian bisa mencoba bermain paralayang dari bukit ini. Eksotisnya Danau Maninjau dari ketinggian semakin membuat kalian terpukau dengan keindahan danau ini. 

Hasil gambar untuk rakik rakik antara foto

(gambar: https://www.antarafoto.com/)

Aktivitas penduduk lokal Danau Maninjau pun juga akan menarik perhatian kalian. Pada saat malam takbir, para penduduk akan menggelar sebuah acara besar yaitu kontes membuat kapal hias. Acara ini diadakan sekali dalam setahun. Nama acara ini adalah Rakik-Rakik. Tak hanya menghias kapal, beberapa dari mereka juga membuat miniatur sebuah masjid atau pun rumah gadang. 

Hasil gambar untuk memancing di danau maninjau

(gambar: https://nandiganbs.wordpress.com/)

Danau ini terkenal dengan hasil tangkapan ikannya yang begitu melimpah. Macam-macam jenis ikan air tawar seperti mujaer, gurame, nila, tombro, dan lain-lain dapat kalian temukan di sini. Aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan adalah dengan memancing ikan-ikan di danau. Beberapa penduduk menyewakan alat pancing dan juga umpannya. Kalian bisa memancing dari tepi danau atau  ke tengah danau. Apabila kalian memancing ke tengah danau, kalian perlu perahu warga untuk mengantarkan kalian ke tengah danau. 

Hasil gambar untuk pepes rinuak maninjau

(gambar: https://padangkita.com/)

Hasil tangkapan memancing kalian juga bisa kalian bawa ke warung-warung makan pinggir danau untuk dimasak menjadi hidangan yang lezat. Jika lagi berkunjung ke Maninjau, maka jangan lewatkan salah satu kuliner khas Maninjau yaitu olahan ikan rinuak. Rinuak adalah ikan air tawar yang berukuran kecil dan hanya dapat ditemukan di Danau Maninjau. Rinuak biasanya diolah dengan dipepes atau digoreng. Selain itu, ada juga pensi. Pensi merupakan kerang air tawar yang berukuran kecil. Biasanya pensi dimasak dengan cara direbus bersamaan bumbu khas Sumatera Barat.

Hasil gambar untuk parkside nuansa maninjau resort goriau

(gambar: https://www.goriau.com/)

Bagi kalian yang ingin merasakan hawa dingin khas pegunungan dan danau, kalian bisa menginap di berbagai tipe penginapan yang tersedia di sekitar Danau Maninjau. Kalian bisa menginap di Parkside Nuansa Maninjau Resort. Resor ini menawarkan keindahan Danau Maninjau sebagai daya tarik utamanya. Tak hanya itu, resor ini juga dilengkapi dengan sauna dan kolam renang outdoor yang pastinya akan melengkapi liburan kalian di Danau Maninjau.

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.