Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Ingin Tau Sejarah Transportasi dari Masa ke Masa? Museum Angkut Jawabannya!
Tags : #museum #transportasi #batu

Mengunjungi Kota Batu atau Malang, tak lengkap rasanya jika tidak mendatangi salah satu tempat wisata baru yang sudah hitz yaitu Museum Angkut. Benar sekali sesuai dengan namanya, museum angkut adalah museum dimana barang-barang koleksi yang dipajang di museum berupa alat transportasi. Semua perkembangan alat transportasi dari masa ke masa dapat kalian temukan di museum ini. Museum Angkut resmi dibuka pada tahun 2014 dan dikelola oleh Jawa Timur Park Group. Hal ini membuat Museum Angkut memiliki nilai edukasi bercampur dengan hiburan yang dapat dinikmati oleh anak-anak, remaja, hingga dewasa. 

Hasil gambar untuk museum angkut iqbalazhari

(gambar: https://iqbalazhari.com/)

Hasil gambar untuk museum angkut hendryjeeps

(gambar: https://hendryjeeps.wordpress.com/)

Museum Angkut berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu. Museum Angkut ini bisa kalian akses menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Untuk kalian yang naik bus, kalian pilih bus jurusan Terminal Landungsari. Kemudian, naiklah angkot berwarna kuning atau ungu jurusan Terminal Kota Wisata Batu. Dan, terakhir naik angkot warna hijau dan orange untuk sampai di depan pas Museum Angkut. Bagi kalian yang berangkat dari Stasiun Kereta Api Malang, kalian bisa langsung memesan taksi offline/ online yang ada di sekitar. Tarif dari Stasiun Malang menuju Museum Angkut berkisar di angka Rp. 100.000.

Hasil gambar untuk museum angkut pegipegi

(gambar: https://www.pegipegi.com/)

Tiket masuk ke kawasan Musuem Angkut sebesar Rp. 70.000 pada hari biasa, dan Rp. 100.000 pada akhir pekan dan hari libur. Jika kalian datang ke sini membawa kamera jenis apa pun, maka kalian juga harus membayar Rp, 30.000 per kamera. Dengan harga yang relatif terjangkau, kalian sudah bisa menikmati kelengkapan koleksi transportasi dari masa lalu hingga masa sekarang. Tak hanya itu, kalian juga akan dibuat terpesona dengan desain interior museum yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Hasil gambar untuk museum angkut mari bersenang-senang

(gambar: http://kitamainyuk.blogspot.com/)

Museum Angkut hadir dengan ingin mematahkan stigma bahwa museum itu membosankan. Dan hal itu nampaknya berhasil dilakukan oleh Museum Angkut. Para pengunjung yang datang ke sini tidak akan merasa bosan dengan isi musuem karena desain interior hingga detailnya sudah terkonsep sesuai dengan beberapa zona yang ada. Koleksi yang ada di Museum Angkut ini dibagi menjadi beberapa zona. 

Hasil gambar untuk museum angkut kintakun collection

(gambar: https://store.kintakun-bedcover.co.id/)

Zona yang akan menyambut kalian pertama kalinya adalah Zona Utama. Zona ini terkesan mewah dengan sinar lampu-lampu yang menambah keleganan tempat ini dan tentunya terdapat koleksi mobil dari beberapa negara mulai dari zaman dahulu hingga sekarang. Kalian bisa menjumpai mobil Chrysler Windsor deluxe, kendaraan Presiden Soekarno. Dengan mengunjungi Zona Utama ini, pengetahuan tentang transportasi kalian dipastikan akan bertambah.

Hasil gambar untuk museum angkut genpico

(gambar: https://www.genpi.co/)

Para pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang beda dari yang lain, bisa banget untuk datang di Zona Gangster Town dan Broadway Street. Zona ini memnawarkan kita sensasi berasa di dalam film Gangster Amerika karena tempat ini dibuat semirip-miripnya dengan yang asli. Tak hanya itu, mobil-mobil era 70an juga ditampilkan di zona ini untuk membuat kesan gangsternya  lebih dapat. 

Hasil gambar untuk museum angkut malangstrudel

(gambar: https://malangstrudel.com/)

Zona berikutnya yaitu Zona Eropa dan Buckingham. Lagi-lagi, nuansa yang ada di zona ini dibuat semiripnya dengan yang asli yaitu suasana negara-negara Eropa seperti Perancis, Inggris, dan Jerman. Kalian bisa sekali menjumpai mobil dan motor klasik khas Eropa seperti  Volkswagen, Classic Rolls, Ferrari, Vespa, dan yang lain-lain. Tak cukup itu, Istana Buckingham Inggris juga memeriahkan Zona Eropa ini. Kemegahan Istana Buckingham yang tidak ada duanya ini bisa kalian nikmati dengan duduk bersantai di tempat duduk istana. Taman bunga yang cantik juga menghiasi pekarangan depan istana. Sungguh mirip sekali dengan yang asli, kan? 

Hasil gambar untuk museum angkut reni dwi astuti

(gambar: http://www.renidwiastuti.com/)

Yang tak ketinggalan juga adalah Zona Transportasi Indonesia. Di sini terdapat kawasan Batavia tempo dulu. Replika Menara Syahbandar pun memperkuat ciri khas Batavia pada masa lampau. Alat trasnportasi mulai dari delman, becak, sepeda motor, mobil, bajaj dan yang lain-lain ada di sini semua. Suasana Batavia tempo dulu yang begitu kental nampaknya dapat membuat kita seperti kembali di masa itu. Perjalanan panjang kendaraan dari seluruh penjuru bangsa juga bisa kalian temukan di Zona Transportasi Indonesia ini. Berkunjung ke zona ini, sungguh bisa sekali membuat kita bernostalgia dengan Indonesia tempo dulu. 

Hasil gambar untuk museum angkut detiktravel

(gambar: https://travel.detik.com/)

Di atas merupakan hanya beberapa contoh zona yang harus kalian kunjungi di Museum Angkut. Tentu masih ada zona-zona lain yang tak kalah menariknya dengan zona di atas seperti Zona Las Vegas, Zona Hollywood, dan Zona Runway 27 Airport. Semua zona di Musuem Angkut didesian sesuai dengan aslinya sehingga dapat memberikan suasana yang nyata. 

Hasil gambar untuk museum angkut beepdo

(gambar: https://www.beepdo.com/)

Bagi wisatawan yang lapar dan haus tak usah khawatir karena di tempat ini sudah tersedia banyak sekali tempat makan. Salah satu contohnya yaitu di Pasar Apung Nusantara. Lokasinya berada di area parkir, kita akan menyusuri sungai menggunakan perahu dimana di pinggir-pinggir sungai terdapat gubug makan yang menjual makanan sesuai dengan ciri khas daerah yang ada di nusantara. Selain itu pengunjung juga bisa melihat dan membeli souvenir beurpa seni batik, ukiran kayu, dan lukisan. Menaiki perahu di Pasar Apung memberikan pengalaman yang tak terlupakan berkunjung di Museum Angkut. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.