Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Sam Poo Kong, Klenteng Megah Penuh Sejarah di Semarang
Tags : #sampookong #klenteng #semarang #pecinan

Klenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah klenteng yang didominasi dengan warna merah sehingga menimbulkan sebuah karya arsitektur yang karakter bangunannya memiliki nuansa Tionghoa. Klenteng ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah bagi penganut Tridharma. Di dalam Tridharma ini terdapat 3 agama yang terdiri dari Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, klenteng ini juga menjadi salah satu tempat wisata religi di Semarang yang wajib kalian kunjungi. 

Hasil gambar untuk klenteng sam poo kong against the distance

(gambar: https://afastar.wordpress.com/)

Klenteng Sam Poo Kong dibangun untuk memberikan penghargaan kepada seorang penjelajah asal China yang bernama Laksamana Cheng Ho. Dahulunya, Sam Poo Kong ini merupakan tempat berteduhnya Laksamana Cheng Ho ketika sang nahkoda kapal yaitu Wang Jing Hongsedang sakit keras. Tempat ini dulu bernama Bukit Simongan. Pada saat itu, Wa Hong dan beberapa awak kapal ditinggal oleh Cheng Ho karena Cheng Ho harus melanjutkan ekspedisinya di nusantara. 

Hasil gambar untuk klenteng sam poo kong beritasatu

(gambar: https://www.beritasatu.com/)

Ketika ditinggal oleh Cheng Ho, Wang Jing Hongdirawat oleh beberapa awak kapalnya dan dibantu oleh masyarakat Simongan. Pada saat itu, Wang Jing Hong lah yang menceritakan sosok Cheng Ho yang bijaksana dan baik hati. Tak berhenti di situ, ternyata masyarakat merespon positif cerita yang dibawakan oleh Ong Keng Hong. Karena mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, akhirnya Wang Jing Hongmenginisiasi untuk membuatkan sebuah bangunan sebagai simbol pengormatan kepada Cheng Ho atas segala perjuangannya. Dan itu lah cerita dibalik dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong yang megah. 

Gambar terkait

(gambar: https://joss.co.id/)

Alamat lengkap Klenteng Sam Poo Kong yaitu di Jalan Simongan Raya No. 129, Bongsari, Kota Semarang. Letaknya pun cukup strategis. Oleh karena itu, Sam Poo Kong sangat mudah untuk kalian capai dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Jarak Sam Poo Kong dengan Stasiun Semarang pun cukuo dekat yaitu hanya 6,3 km. Dari stasiun ini, kalian bisa menggunakan bus Trans Jateng. Kalian bisa berjalan kaki menuju halte yang ada di Kota Lama. Lalu pilihlah bus Trans Jateng dengan jurusan Klenteng Sam Poo Kong. 

Hasil gambar untuk sam poo kong seputar semarang

(gambar: http://seputarsemarang.com/)

Klenteng Sam Poo Kong dibuka setiap hari mulai dari jam 06.00-23.00. Karena waktu beroperasinya yang cukup lama, kalian dipastikan akan mempunyai waktu yang lebih lama jika berkunjung di Sam Poo Kong. Harga tiket untuk masuk ke Sam Poo Kong adalah Rp. 28.000. Dengan harga tiket yang terjangkau, kalain sudah dapat menelusuri seluruh sudut klenteng hingga memasuki klenteng utama di Sam Poo Kong. 

Hasil gambar untuk sam poo kong bon voyage goa batu

(gambar: http://ikutsangsurya.blogspot.com/)

Klenteng yang berdiri di lahan seluas 1100 meter persegi ini seakan-akan membuat kalian berlibur di negeri dimana panda berasal. Di dalam kawasan klenteng, kalian akan menemukan beberapa bangunan penting klenteng. Pada saat masuk, kalian akan menjumpai Goa Batu. Goa Batu adalah bangunan inti dari klenteng. Goa ini dipercayai oleh masyarakat sebagai tempat pertama kalinya Laksamana Cheng Ho mendarat di Pulau Jawa. Jika kalian masuk ke dalam goa, maka kalian akan melihat patung dari Laksamana Cheng Ho yang berbalutkan emas. Tak hanya itu, ruangan ini juga dihiasi dengan relief perjalanan Cheng Ho dari Cina hingga berlabuh di Jawa. 

Hasil gambar untuk sam poo kong misteraladin

(gambar: https://blog.misteraladin.com/)

Selain Goa Batu, terdapat juga bangunan bersejarah lainnya di area Sam Poo Kong. Tempat ini bernama Klenteng Thao Tee Kong. Di klenteng ini lah, dilakukan pemujaan untuk memohon berkah dan keselamatan hidup kepada Dewa Bumi. Ritual pemujaan ini biasanya dilakukan pada setiap tanggal 15 bulan 8 kalender Tionghoa. Umat yang menhadiri upacara keagamaan ini akan memberikan kue rembulan sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan pada tahun lalu. 

Hasil gambar untuk sam poo kong alamasedy

(gambar: https://www.alamasedy.com/)

Di area Sam Poo Kong juga terdapat sebuah makam dari Wang Jing Hong. Seperti yang kalian ketahui di atas, Wang Jing Hong merupakan nahkoda dari Laksamana Cheng Ho. Namun penduduk sering mengenalnya dengan Kyai Juru Mudi. Nisan makam dari Wang Jing Hong bertuliskan Kyai Djoeroemoedi dengan tinggi 1.5 meter dan dikelilingi oleh kelambu. Para peziarah biasanya akan berziarah di makam Kyai Juru mudi pada setiap malam Selasa Kliwon dan malam Jum’at Kliwon.

Hasil gambar untuk sam poo kong arenawisata makam kyai djangkar

(gambar: https://www.arenawisata.co.id/)

Kemudian ada Makam Kyai Djangkar. Pada sebelah kiri makam terdapat sebuah jangkar yang diduga merupakan jangkar kapal Cheng Ho saat pertama kali mendarat di Jawa. Di tengah ruangan terdapat tempat pemujaan untuk pendiri agama Kong Hu Cu. Dan di tempat paling kanan ada tempat pemujaan untuk arwah Hoo Ping. Hoo Ping merupakan bagian dari awak kapal Cheng Ho. Arwah Hoo Ping ini diperingat selama 3 kali dalam setahun oleh umat Kong Hu Cu. 

Hasil gambar untuk sam poo kong baju cina

(gambar: https://sampookong.co.id/)

Di klenteng ini, kalian bisa berburu spot foto yang instagramable. Tidak sulit rasanya untuk mencari spot foto yang menarik di sini karena setiap sudut Sam Poo Kong dapat kalian manfaatkan untuk spot foto yang instagramable. Bangunan-bangunan yang berdiri megah di Sam Poo Kong ini akan membawa kalian seperti di film kekaisaran Cina. Pengelola Sam Poo Kong pun telah menyediakan  tanda lingkaran di tanah untuk berfoto. Agar lebih merasakan suasana kekaisaran Cina, kalian juga bisa menyewa pakaian khas Cina. Dengan harga sewa Rp. 100.000, kalian bisa memakai pakaiaan ini untuk berfoto di area Sam Poo Kong tanpa adanya batasan waktu. Dapatkan pakaiaan ini di dekat loket utama. Pilihan ukurannya pun juga lengkap mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Hasil gambar untuk festival sam poo kong barongsai

(gambar: https://alinea.mmtc.ac.id/)

Selain menawarkan kemegahan bangunan klenteng dan sejarah menarik dibaliknya, Sam Poo Kong juga terkenal dengan festivalnya. Festival Sam Poo Kong ini diadakan untuk memperingati HUT Sam Poo Kong dan kedatangan Laksamana Cheng Ho. Setiap bulan Juli-Agustus, festival Sam Poo Kong digelar. Pada saat imlek pun juga tak kalah menariknya. Area Sam Poo Kong juga akan dipenuhi dengan bazar kuliner dan berbagai lomba seperti kreasi tumpeng dan lomba barongsai. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.