Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Mengunjungi Istana Basa Pagaruyung Yang Menjadi Pusat Sejarah Kebudayaan Minang
Tags : #istana #sumbar #bukittinggi #pagaruyung

Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia selalu menawarkan kita dengan berbagai macam pesona alamnya yang tak kalah dari daerah lain di Indonesia. Selain menyimpan keindahan alamnya, Sumatera Barat juga terkenal sangat kental tengan kebudayaa minangnya. Jika ingin mencari tahu lebih tentang kebudayaan Minang mulai dari asal-usul, ciri khas, hingga masa-masa kejayaan Minangkabau, kalain harus datang ke Istana Basa Pagaruyung yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Hasil gambar untuk istana basa pagaruyung rentalmobilpadang

(gambar: https://rentalmobilpadang.co.id/)

Hasil gambar untuk jalur hilalang sumatera barat

(gambar: https://finance.detik.com/)

Alamat lengkap Istana Basa Pagaruyung berada di Jalan Sutan Alam, Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Lokasinya yang cukup strategis membuat destinasi wisata ini dapat dengan mudah kalian jangkau. Apabila kalian berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau, maka kalian akan menempuh jarak sekitar 87 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam 30 menit. Sedangkan jika kalian berangkat dari Bukittinggi, maka ambillah jalur Koto Hilalang. Setelah itu dilanjutkan ke Kototinggi hingga sampai di Batusangkar. Sesampainya di Batusangkar, tak lama kemudian kalian akan sampai di Istana Basa Pagaruyung.

Hasil gambar untuk istano basa pagaruyung jendela kecil dunia

(gambar: http://jendelakecildunia.com/)

Istana Basa Pagaruyung merupakan sebuah istana yang berdiri megah dengan ornamen khas Minangkabau yang sangat kental. Dalam bahasa Minang, Istana Basa Pagaruyung ini memiliki arti istana besar dari Kerajaan Pagaruyung. Sesuai dengan namanya, istana ini memang berdiri dengan kokoh dan besar. Berdirinya istana ini juga menjadi sebuah lambang kemegahan arsitektur dari pusat kerjaan. Memang bangunan istana yang saat ini bukan merupakan bangunan aslinya, akan tetapi seluruh ornamen yang terpasang secara detail pada istana akan membawa kalian kembali di masa kejayaan kerajaan. 

 

Hasil gambar untuk istano basa pagaruyung dokumentasi budaya blogspot

(gambar: http://dokumentasibuya.blogspot.com/)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bangunan Istana Basa Pagaruyung yang sekarang bukanlah yang asli melainkan replika dari yang asli. Bangunan yang asli dari istana ini sebenarnya ada di bukit Batu Patah. Namun, istana ini terbakar habis akibat kerusuhan yang terjadi di tahun 1804. Setelah kejadian tersebut, istana ini kembali dibangun dan terbakar kembali pada tahun 1966. Kemudian, Gubernur Sumatera Selatan pada waktu itu membangun lagi istana pada tahun 1976. Namun, tak lama berselang istana ini hancur kembali karena terbakar pada tahun 2007 akibat sambaran petir. Setelah itu, istana ini dibangun lagi dan resmi dibuka pada tahun 2013. Istana ini memang sering terbakar karena mayoritas bahan konstruksi bangunan ini terdiri dari kayu dimana kayu memang mudah terbakar.

Hasil gambar untuk istano basa pagaruyung dokumentasi budaya blogspot

(gambar: http://pemanduwisatabudaya2015.blogspot.com/)

Istana Basa Pagaruyung ini dahulunya merupakan sebuah istana yang menjadi tempat tinggal dari Raja Alam. Selain menjadi tempat tinggal, istana ini juga menjadi sebuah pusat pemerintahan dari sebuah sistem konfederasi yang dipimpin oleh Rajo Tigo Selo. Dengan mengusung bentuk rumah panggung ukuran besar, istana ini memiliki atap gonjong dimana bentuk atap seperti ini lah yang menjadi ciri khas rumah adat Minangkabau. 

Hasil gambar untuk istana basa pagaruyung indonesiakaya

(gambar: https://www.indonesiakaya.com/)

Istana ini terdiri dari tiga lantai dimana terdapat 72 tonggak atau yang biasa kalian kenal dengan kayu ulin sebagai penyangga utamanya. Selain tonggak, istana ini juga dilengkapi dengan 11 atap gonjong. Istana ini semakin cantik karena adanya tambahan ornamen ukiran warna-warni khas Minangkabau yang jika ditotal akan ada 58 jenis motif yang berbeda. 

Pada lantai dasar istana ini, kalian akan disambut dengan pakaian khas kerajaan yang dipamerkan. Selain itu, kalian juga akan menemui etalase dari barang peninggalan Kerajaan Pagaruyung. Di lantai ini lah, segala aktivitas pemerintahan kerajaan terjadi. Terdapat sebuah ruangan besar dimana di situ juga ada singgasana raja di bagian tengahnya. Tak hanya itu, di bagian belakang ruangan ini terdapat 7 ruangan kamar untuk para putri raja yang sudah menikah.

Hasil gambar untuk istana basa pagaruyung indikatornews

(gambar: https://indikatornews.com/)

Lanjut ke lantai 2, ruangan pada lantai 2 memang lebih sempit dibandingkan lantai dasar istana ini. Barang-barang peninggalan khas kerajaan yang dipamerkan di lantai ini pun juga tidak sebanyak di lantai dasar sehingga ruangan pada lantai ini jauh lebih lapang. Pada lantai 2 ini lah, kalian juga dapat memandangi lapangan luas depan istana dimana banyak sekali pengunjung yang berpose menggunakan pakaian adat khas Minang dengan latar belakang istana dari jendela istana. Nama lain dari lantai 2 ini adalah Anjungan Paranginan. Anjungan Paranginan merupakan tempat berkumpulnya para putri raja yang belum menikah.

Jika kalian berkunjung hingga ke lantai 3 istana ini, maka kalian akan menemui koleksi museum berupa tombak, pedang, dan senapan peninggalan Belanda. Ruangan paling atas dari istana ini cenderung lebih sempit jika dibandingkan dengan lantai 1 dan 2. Di ruangan ini lah raja bersantai bersama selirnya sembari melihat kondisi sekitar istana. Lantai 3 ini semakin cantik karena terdapat ukiran kayu pada langit-langit dan juga lampu gantung kuno. Ditambah, pemandangan belakang istana berupa persawahan yang hijau dan bukit-bukit dapat kalian saksikan melalu jendela belakang lantai ini.

Hasil gambar untuk istano basa pagaruyung helo indonesia

(gambar: https://helloindonesia.id/)

Istana Basa Pagaruyung buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga 18.00. Untuk masuk ke istana ini, kalian perlu membayar tiket sebesar Rp. 15.000 untuk dewasa, Rp. 7.000 untuk anak-anak, dan Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Dengan harga yang relatif terjangkau, kalian akan merasakan kekentalan budaya Minang yang ada di museum ini. 

Hasil gambar untuk istano basa pagaruyung otw nesia blogspot

(gambar: https://otwnesia.blogspot.com/)

Tak hanya belajar tentang kebudayaan Minangkabau, para pengunjung di sini juga dapat berpose menggunakan pakaiaan adat khas Minang. Kalain bisa menyewa pakaiaan ini di lantai dasar istana atau pun di halaman luar istana. Dengan memanfaatkan megahnya istana, kalian bisa berfoto sesuka kalian dengan gaya paling menarik. Berbagai ukuran mulai dari S hingga XL juga tersedia. Jadi tinggal pilih dan sesuaikan dengan ukuran kalian. 

Hasil gambar untuk lamang tapai padang tribunnews

(gambar: https://padang.tribunnews.com/)

Bagi kalian yang ingin mencicipi masakan khas Minang, kalian bisa mencobanya di sepanjang jalan menuju ke istana. Di istana memang tidak ada warung makan dikarenakan untuk mejaga kawasan istana agar tetap bersih setiap harinya. Berbagai masakan khas Minang seperti rendang, olahan ikan sungai, hingga lamang tapai dapat kalian jumpai di beberapa warung makan sebelum ke istana. Lamang tapai merupakan jajanan khas Tanah Datar yang terbuat dari ketan putih dan disajikan dengan ketan hitam. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.