Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Menghela Napas Sejuknya Udara di Kebun Buah Mangunan Yang Seperti Negeri di Atas Awan
Tags : #kebun #kabut #sunrise

Akhir-akhir ini tempat wisata baru di Yogyakarta sudah menampakkan pesonanya. Hal ini bisa dilihat dari postingan foto para pengunjung di sosial media yang membuat tempat wisata baru ini sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Dengan begini, promosi pariwisata terhadap tempat wisata yang baru ini dapat berjalan dengan sendirinya. Salah satu tempat wisata di Jogja yang lagi hits banget dan menjadi tempat favorit para pengunjung adalah Kebun Buah Mangunan. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan eksotis jogja

(gambar: https://eksotisjogja.com/)

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan dkrentalmotor

(gambar: https://www.dkrentalmotor.com/)

Kebuh Buah Mangunan ini nampaknya menjadi wisata pegunungan alternatif bagi para pengunjung yang tidak suka dengan aktivitas mendaki. Dengan ketinggian kurang lebih 200 mdpl, kalian sudah bisa menikmati pemandangan khas pegunungan berupa bukit-bukit hijau dan langit biru, hingga kabut yang muncul membuat kalian seperti berada di negeri di atas awan. Pemandangan ini akan semakin lengkap dengan munculnya sunrise atau matahari terbit yang berwarna ke-emas-emasan. Datangnya sinar matahari terbit ini akan membuat tubuh kalian lebih hangat. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan look jogja blogspot

(gambar: https://lookjogja.blogspot.com/)

Seakan tidak mau kalah dengan sunrise, sunset di Kebun Buah Mangunan ini juga akan membuat kalian berdecak kagum. Panorama warna langit yang perlahan berubah menjadi oranye dan suasana hening perbukitan membuat kalian betah untuk berlama-lama di Kebun Buah Mangunan selagi menikmati sunset yang tampak indah. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan jogja rental motor buah jeruk

(gambar: https://jogjarentalmotor.com/)

Perlu kalian ketahui, Kebun Buah mangunan ini dibangun dilahan seluas 23 hektar pada tahun 2003. Sama seperti namanya, kebun ini ditumbuhi buah-buah khas pegunungan yang tentunya buah-buah ini tumbuh dengan alami. Buah-buah tersebut diantaranya adalah mangga, reambuta, jeruk, durian, manggis, stroberi, dan masih banyak lagi. Jika beruntung, kalian bisa memetik buah tersebut dan merasakan sendiri segarnya buah Mangunan pada saat musim panen. Selain buah-buahan, kebun ini juga ditanami pohon-pohon besar seperti pohon jati dan pohon pinus yang tumbuh dengan kokoh.

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan travelkompas

(gambar: https://travel.kompas.com/)

Pemandangan yang ditawarkan oleh Kebun Buah Mangunan ini sungguh eksotis sekali. Di sebelah selatan, kalian akan menjumpai jalur Sungai Oya yang berlika liku. Dari atas sini, lintasan Sungai Oya ini begitu menakjubkan. Jalur sungai yang berliku ini juga menjadi pembatas desa-desa di sekitar. Dari atasnya bukit ini, kalian dapat meliha betapa jernihnya air Sungai Oya ini. Tak hanya itu, jika langit cerah maka kalian dapat menyaksikan pemandangan Pantai Parangtritis dari kejauhan. Bahka kalian juga bisa melihat eloknya Kota Bantul dari gardu pandang yang sudah tersedai di Kebun Buah Mangunan ini.  

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan rusa kecdlingo

(gambar: https://kec-dlingo.bantulkab.go.id/)

Kebun Buah Mangunan ini tidak hanya menawarkan keindahan vegetasinya saja. Namun, mereka juga memiliki satwa yang masih berada dalam satu pengelolaan dengan Kebun Buah Mangunan. Satwa tersebut diantaranya adalah rusa timor. Rusa Timor ini masuk ke dalam penangkaran Kebun Buah Mangunan. Walaupun berada di dalam sebuah kandang dengan besi sebagai batasnya, pengunjung masih dapat menikmati tingkah lucu dari Rusa Timor. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan alodiatour

(gambar: https://www.alodiatour.com/)

Kebun Buah Manguan ini buka mulai dari pagi buta yaitu jam 04.30 dan tutup pada jam 18.00. Hal ini sangat memungkinkan bagi kalian yang ingin menyaksikan keindahan sunset dan sunrise di Kebun Buah Mangunan. Tiket masuk ke dalam kebun buah ini adalah sebesar Rp. 5.000 saja. Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi, maka kalian akan dikenai tarif parkir sebesar Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan jalan menuju

(gambar: https://gusti7070.wordpress.com/)

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di kawsan Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi kebun buah ini sebenarnya mudah dicapai namun belum ada transportasi umum yang dapat mengantarkan kalian hingga sampai ke Kebun Buah Mangunan. Apabila posisi awal kalian dari Terminal Giwangan, maka kalian perlu mengarhkan kendaraan kalian menuju ke Jalan Imogiri Timur. Kalian tinggal lurus saja mengikuti jalan dan menemukan pentunjuk yang akan membawa kalian sampai ke Kebun Buah Mangunan. Akses jalan menuju ke kebun buah ini pun sudah cukup baik. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengna jalanan yang rusak dan bergelombang. 

Hasil gambar untuk kebun buah mangunan dwijayanti

(gambar: https://dwijayantiw.wordpress.com/)

Jika kalian lupa sarapan pada pagi hari karena untuk mengejar sunrise, kalian tak perlu membawa bekal. Di tempat wisata ini sudah tersedia beberapa penjual makanan. Mie rebus dan nasi goreng pada pagi hari tentunya akan menjadi menu wajib bagi kalian yang ingin bersantap sarapan. Suasana dingin pegunungan khas Mangunan sangat cocok apabila dipadukan dengan mie rebus dan teh atau kopi hangat. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.