Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Pesona Pulau Bair Yang Tak Kalah Indahnya Dengan Raja Ampat
Tags : #pantai #bair #pulau

Kepulauan Kei di Maluku Tenggara ini memang selalu menyuguhkan para wisatawan dengan panorama lautan biru yang cantik. Kalian yang sedang berwisata di Kei, jangan lupa untuk sempatkan pergi ke Pulau Bair. Lokasi Pulau Bair ini tidak jauh dari Kei. Mengunjungi Pulau Bair membuat kalian seolah-olah sedang berlibur di Raja Ampat. Karena keindahannya itu lah, Pulau Bair ini juga mendapatkan julukan Raja Ampatnya Maluku. 

Hasil gambar untuk pulau bair youtube

(gambar: https://www.youtube.com/watch?v=4l5LD3wvsfs)

Hasil gambar untuk pulau bair beritagar

(gambar: https://beritagar.id/)

Kata bair atau baer dari pulau ini diambil dari bahasa daerah Maluku yang berarti tidak terlihat. Hal ini menunjukkan bahwa pulau ini tidak terlihat karena jaraknya yang lumayan jauh dari pusat kota, tidak berpenghuni, dan hanya memiliki luas 500 meter persegi. Walaupun pulau ini tergolong dalam pulau kecil, kalian akan disuguhkan pemandangan birunya air lautan yang luas dan jernih. Hamparan pasir putih yang halus pun juga melengkapi keindahan alam di Pulau Bair. 

Hasil gambar untuk bandara malukupost

(gambar: https://malukupost.com/)

Secara administrasi, Pulau Bair ini terletak di Kota Tual dan bersebelahan dengan Kabupaten Maluku Tenggara. Untuk bisa sampai ke Pulau Bair, kalian harus melewati perjalanan yang cukup panjang. Apabila kalian dari luar pulau, kalian bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Pattimura yang ada di Ambon. Setelah itu, lanjutkan perjalanan kalian menggunakan pesawat ATR menuju ke bandara di Langgur. Perjalanan udara menuju Langgur ini ditempuh dalam waktu 1.5 jam. 

Hasil gambar untuk pulau bair archipelagos

(gambar: https://www.archipelagos.id/)

Kemudian, perjalanan kalian bisa dilanjutkan menggunakan mobil sewaan atau jasa travel. Dari bandara ini, kalian menuju ke dermaga yang ada di Dullah Darat. Perjalanan dari Dullah Darat menuju ke Pulau Bair akan ditempuh dengan waktu 2 jam. Memang perjalanan ini akan menguras banyak waktu dan tenaga, namun semua lelah kalian akan terbayarkan dengan eksotisnya perairan laut yang ada di Pulau Bair. 

Hasil gambar untuk pulau bair super adventure

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Setibanya di Pulau Bair, kalian tidak boleh diam saja. Sangat sayang sekali apabila kalian hanya duduk-duduk manis di pantai pulau ini karena ada banyak kegiatan yang bisa kita coba. Lautan biru yang luas akan merayu kalian untuk mengeksplor lebih banyak lagi akan keindahan Pulau Bair. Tentunya, pengalaman berlibur di Pulau Bair ini memberikan sensasi yang berbeda dengan tempat wisata yang lainnya.

Hasil gambar untuk pulau bair archipelagos snorkeling

(gambar: https://www.superadventure.co.id/)

Snorkeling merupakan salah satu hal wajib yang harus kalian lakukan. Keindahan bawah laut Pulau Bair seakan-akan membawa kita berada di negeri dongeng bawah laut. Terumbu karang yang masih alami dan ikan-ikan yang bersileweran berenang di laut akan menemani perjalanan snorkeling kalian. Tak perlu khawatir jika kalian tidak membawa peralatan snorkeling karena di sekitar pulau ini atau dekat dermaga Dullah Darat terdapat tempat persewaan peralatan snorkeling. 

Hasil gambar untuk pulau bair kumparan

(gambar: https://kumparan.com/)

Selain bersnorkeling, tempat ini juga cocok untuk aktivitas memancing. Kalian tinggal menyewa alat pancing yang disediakan warga serta kailnya. Lalu, kalian akan dibawa ke tengah lautan untuk mencari spot memancing terbaik di pulau ini. Hasal tangkapan laut kalian tentunya dapat kalian bawa pulang atau pun kalian titipkan ikan tersebut ke warung sekitar pulau untuk diolah.

Hasil gambar untuk pulau bair flickr

(gambar: https://www.flickr.com/)

Kalian juga dapat menjumpai sebuah laguna yang sungguh eksotis. Pemandangan yang ada di laguna ini mirip seperti di Raja Ampat. Dikatakan mirip dengan Raja Ampat karena laguna ini dikelilingi dengan bukit tebing yang tinggi. Letaknya berada di sebelah dermaga kayu. Laguna ini menyerupai sebuah kolam raksasa karena air yang ada di sini sangat tenang. Jadi kalian bisa berenang dengan santai di laguna ini. 

Hasil gambar untuk pulau bair travelingyuk

(gambar: https://travelingyuk.com/)

Sebelum sampai di laguna ini, kalian akan melewati sebuah lorong untuk menuju ke laguna. Banyak warga yang mengatakan lorong ini merupakan lorong mati. Lorong mati ini tentunya hanyalah sebuah nama. Jadi tak perlu takut untuk bermain di lorong mati. Lorong mati adalah sebuah jalan menuju ke laguna yang tersembunyi dimana terdapat 2 tebing tinggi yang mengapi lorong ini. Jadi kalian seperti melewati gang perumahan namun ini di perairan. Tentunya tempat ini menjadi salah satu spot foto menarik di Pulau Bair. 

Hasil gambar untuk pulau bair travel detik

(gambar: https://travel.detik.com/)

Tak hanya lautan yang biru, Pulau Bair juga menyuguhkan pesona hijau dari hutang mangrove yang ada di pulau. Dengan adanya hutang mangrove ini, kesan sejuk dan segar selalu hadir di Pulau Bair. Untuk ke hutan mangrove, kalian bisa menyewa perahu warga. Berfoto dengan latar belakang manngrove dan birunya air laut ditambah lagi berada di atas perahu semakin membuat foto kalian menjadi aestetik. 

Hasil gambar untuk embal travelingyuk

(gambar: https://www.genpi.co/)

Satu yang tidak boleh kalian tinggalkan jika berada di Pulau Bair. Kalian harus mencicipi kuliner khas Pulau Bair yang tak akan bisa kalian temukan di lainnya. Pulau Bair ini terkenal dengan kulinernya embal. Embal adalah sebuah makanan yang terbuat dari singkong. Di sini, embal menjadi pengganti dari nasi. Cara menikmati embal biasanya dengan berbagai macam lauk pauk dan sayur. Selain itu, ada juga lad. Lad adalah olahan makanan rumput laut yang ditumis dengan bumbu khas Bair. Rasanya yang enak dan lezat membuat lad banyak digemari oleh masyarakat Bair. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.