Blog
Temukan Wisata Terbaik Anda
Tujuan:
Kategori:
Lagi di Medan? Jangan Lupa Datang Dan Eksplor Keindahan Alam Danau Toba & Pulau Samosir!
Tags : #ddanau #terbesar #batak

Bukan menjadi rahasia lagi jika Danau Toba saat ini merupakan tempat wisata favorit di Indonesia. Hal ini tak lain dan tak bukan karena Danau Toba menjadi salah satu dari 10 kawasan pariwisata prioritas di Indonesia. Danau Toba  merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara yang terbentuk dari letusan dahsyat Gunung Toba. Memiliki luas 1145 meter persegi, Danau Toba ini seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. 

Hasil gambar untuk kapal ke danau toba borukaro

(gambar: https://www.borukaro.com/)

Terletak di Provinsi Sumatera Utara dan dikelilingi oleh 7 kabupaten yang berbeda, askses ke Danau Toba relatif mudah untuk ditempuh. Dengan adanya Bandara Internasional Kuala Namu, kita bisa berangkat menuju Danau Toba dari bandara ini. Jarak antara Kuala Namu dengan Danau Toba adalah 98,6 kilometer. Ada beberapa model transportasi yang bisa kita coba untuk melanjutkan perjalanan ke Danau Toba seperti naik taksi dan naik bus.

- Taksi
Kalian bisa menemukan beberapa mobil taksi yang tersedia di kedatangan bandara. Meskipun kesan mahal masih melekat pada angkutan umum taksi, tapi tenang saja pembayaran di taksi ini bisa dibagi. Salah satunya yang menerapkan sistempe pmebayaran seperti ini adalah Taksi Nice Trans. Taksi ini menggunakan mobil sejenis Avanza/ Xenia sehingga dapat memuat 4-6 orang. Harga yang dipatok oleh taksi ini sebesar Rp. 80.000 per orang. Taksi ini bisa kalian temukan di sebelah kiri lantai 1 area penjemputan kedatangan. 
- Bus
Cara kedua yaitu menggunakan moda transportasi bus. Sesampainya di Kuala Namu, kalian bisa langsung mencari bus Damri jurusan Terminal Amplas. Namun di sini kalian tak perlu turun hingga terminal, minta lah ke sopir bus untuk menurunkan kalian di Simpang Kayu Besar. Tarif bus damri dari Kuala Namu ke Simpang Kayu Besar hanya Rp. 10.000. Setelah itu, kalian cari bus Sejahtera. Bus ini lah yang akan mengantarkan kalian ke Danau Toba. Tarifnya pun cukup terjangkau yaitu Rp. 50.000. 

Hasil gambar untuk danau toba tribun travel

(gambar: https://travel.tribunnews.com/)

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Danau Toba tapi tidak mampir ke Pulau yang ada di tengah danau yaitu Pulau Samosir. Dari pulau ini, pengunjung dapat mengenali dan mempelajari suku Batak Toba. Pulau Samosir menyimpan berbagai macam keindahan termasuk ketiga danau yang ada di dalamnya yang terdiri dari Danau Aek Natonang, Aek Porohan, dan Sidihoni. Selain itu, terdapat spot foto yang pastinya menjadi incaran para wisatawan untuk mengambil gambar yaitu Bukit Pusuk Buhit. Bukit ini sangat sakral bagi masyarakat Samosir karena masyarakat sekitar percaya bahwa manusia pertama yang ada di bumi turun di Pusuk Buhit. 

Hasil gambar untuk danau toba legendabatugantung

(gambar: https://www.gobatak.com/)

Tak hanya itu, di Pulau Samosir ada juga situs yang bernama batu gantung. Batu gantung ini adalah tebing yang tingginya mencapai 20-30 meter. Di ujung tebing ini, terlihat jelas batu yang menggantung pada tebing. 

Hasil gambar untuk danau toba desa siallaganpulausamosir

(gambar: https://travel.tempo.co/)

Pulau Samosir terdiri dari banyak desa yang memiliki berbagai macam keunikan. Salah satu desanya yaitu bernama Desa Siallagan. Desa ini terbilang unik karena sejarah kanibalisme pernah terjadi di sini. Tentu saja sejarah itu langsung membuat kita merinding ketakutan, bukan? Tapi tenang, praktek kanibalisme seperti dahulu kala sudah tak pernah terjadi lagi sejak misionaris asal Jerman bernama Ludwig Ingwer Nommensen mengenalkan agama Kristen ke penduduk sekitar. Peninggalan-peninggalan sejarah di desa seperti artefak dan furnitur dari batu masih terjaga keasliannya. 

*Harga yang tertera pada artikel dapat berubah setiap saat.